Psycho

The Thriller from Hitchcock!

Synopsis: A young woman steals $40,000 from her employer’s client, and subsequently encounters a young motel proprietor too long under the domination of his… A young woman steals $40,000 from her employer’s client, and subsequently encounters a young motel proprietor too long under the domination of his mother.

Starring: Anthony Perkins, Janet Leigh, Vera Miles, John Gavin, Martin Balsam, John McIntire, Simon Oakland, Frank Albertson, Patricia Hitchcock, Vaughan Taylor, Lurene Tuttle, John Anderson, Mort Mills, Francis De Sales, George Eldredge, Sam Flint, Virginia Gregg, Frank Killmond, Ted Knight, Jeanette Nolan, Marli Renfro, Helen Wallace, Anne Dore, Marion Crane

Director: Alfred Hitchcock

Director: Alfred Hitchcock
Screenwriter: Joseph Stefano
Producer: Alfred Hitchcock
Studio: Paramount Pictures

film yang mendapat rating 99% di rotten tomatoes ini memang benar adanya, satu karya terbaik dari alfred hitchcock, sang sutradara fenomenal pada masanya, mungkin film inilah yang menjadi pelopor film film misteri dan pembunuhan keji oleh seorang psikopat sekarang ini, dan hitchcock sudah membuatnya berpuluh puluh tahun lalu. mengapa judulnya psycho? tentu anda sudah bisa menebak dari beberapa kata yang saya sebutkan diatas, pembunuhan dan misteri, betul! cerita yang berawal dari tindakan seorang wanita bernama marion crane (leigh) yang nekad mencuri uang dari klien bosnya sendiri sebesar 40.000 US dollar! yap, marion mencuri uang tersebut karena nafsu belaka dan kekhilafannya, tidak tenang dari awal mengambil uang, marion sudah dibuntuti polisi yang mencurigainya, lalu tanpa pikir panjang marion menepi di sebuah motel sepi yang dimiliki oleh seorang pria kikuk bernama norman (perkins) yang tinggal di rumah tepat dibelakang motel tersebut bersama ibunya yang sudah tua. marion berpikir untuk beristirahat sekaligus memikirkan langkah selanjutnya di motel milik norman tersebut, tapi sebelumnya norman yang ternyata sopan menawari marion makanan dan obrolan pun terjadi diantara mereka berdua.

di lain pihak adik dari crane yaitu lila crane (miles) panik dan berusaha mencari keberadaan kakaknya yang hilang, karena bos kakaknya sudah mengetahui tindakan tersebut, lila beranggapan bahwa kakaknya pergi ke tempat kekasihnya yaitu sam loomis (gavin), tapi marion tidak berada disana juga, sekarang sam dan lila pun ikut khawatir, lalu datang juga seorang detektif swasta bernama arbogast (balsam) yang ditugaskan bos marion dimana dia bekerja untuk mencari tahu keberadaan marion. kembali ke motel milik norman, ternyata perbincangan norman dengan marion membuat ibu dari norman risih dan marah, maka ketika marion kembali ke kamarnya sendirian hendak mandi, sosok ibu norman muncul sembari membawa pisau dan membunuh marion dengan membabi buta! setelah tindakan keji tersebut, norman muncul dan menyadari tindakan pembunuhan tersebut, maka norman berusaha melindungi ibunya yang sudah tua dengan cara membersihkan jejak pembunuhan di motelnya tersebut. selang satu minggu arbogast pun menyambangi motel milik norman dan mulai menyelidikinya, dan arbogast pun sudah mulai mencium sesuatu yang tidak beres di motel milik norman, apalagi sosok ibunya yang disembunyikan oleh norman di rumahnya sendiri. apakah arbogast beserta lila dan sam dapat membongkar misteri kematian marion yang dibunuh oleh ibu norman sendiri?

yap yap, tonton saja untuk tahu bagaimana akhirnya, apalagi unsur twist di penghujung film akan menjadi kejutan buat anda para pecinta film misteri, crime, thriller maupun horror! sekali lagi alfred hitchcock menunjukan kepiawaiannya dalam membuat sebuah film yang berkualitas, dan film ini rilis tahun 1960! hebat bukan? adegan shower ketika marion berteriak melihat sosok ibu norman nampak memorable hingga sekarang, selalu dipakai di setiap event film mungkin cuplikan adegan shower tersebut, musik yang mencekam pun selalu menemani tindak tanduk norman yang mencurigakan, jujur film ini membuat saya merinding karena faktor klasik dan jadulnya tersebut, sekaligus musiknya tadi, walaupun spesial efeknya tergolong jelek jika dibandingkan dengan sekarang, tapi saya jamin pada masanya, psycho ini adalah yang terbaik! anda penyuka misteri sekaligus horror? anda harus menyaksikan karya klasik buatan alfred hitchcock ini, wajib! enjoy this movie!

NB: sang sutradara pun nongol sebentar di film ini sebagai cameo, silakan cari di adegan mana doi muncul? hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s