A Clockwork Orange

The Madness is Here!

SINOPSIS: Stanley Kubrick’s dystopian masterpiece is set in the near future where urban thugs run wild and new methods of crime deterrence are being explored. Career gang member Alex (Malcolm McDowell) is nabbed by the police and offered the chance to a commuted sentence if he undergoes a kind of surgical therapy. One where his brain does not allow him to execute his violent urges.

film klasik dari sang sutradara fenomenal pada masanya, yaitu stanley kubrick yang terkenal dengan karyanya diantara lain the shining maupun full metal jacket, kemudian saya kemarin baru saja menonton karyanya yang fenomenal juga yaitu a clockwork orange, ini adalah filmnya yang rilis tahun 1971, film yang mengambil setting di negara sang ratu alias inggris ini berhasil membuat saya terbengong bengong sekaligus tertawa terbahak bahak, film ini bisa dikategorikan film cerdas sekaligus brutal, bagaimana tidak, karena unsur sex dan violence sangat erat dalam a clockwork orange ini, walaupun begitu bukan stanley kubrick namanya jika tidak membuat filmnya menjadi berseni tingkat tinggi.

film ini menceritakan sepak terjang seorang pemuda yang bersikap radikal dan rebel bernama alex, alex memimpin gengnya sendiri yang terdiri dari 3 orang, kegiatan sehari hari mereka adalah memukuli gelandangan, merampok rumah orang kaya yang terpencil, dan tambahannya memperkosa wanita yang ada di rumah yang dirampoknya, kegiatan brutal ini dijalani alex dengan santai, padahal alex masih hidup bersama keluarganya yang terbilang sejahtera, entah apa yang ada di pikiran alex, hingga suatu saat, alex kena getahnya, gagal merampok rumah seorang wanita kaya, alex dikhianati teman teman gengnya sendiri dan polisi pun berhasil membekuk alex, palu diketuk, alex dijebloskan ke penjara untuk 14 tahun! 2 tahun berselang, alex tetap saja “sableng”, perilaku tidak berubah, kegiatan rohani yang diikuti di penjaranya hanyalah kedok semata untuk keluar penjara lebih cepat, otak penuh “sex” dan “violence” nya masih menguasai alex. akhirnya alex menemukan jalan keluar! pihak penjara menemukan metode baru untuk membuat tahanannya bisa keluar penjara dengan cepat dan dijamin tidak akan berbuat kejahatan lagi, tapi mereka membutuhkan kelinci percobaan, dan bisa ditebak, alex orang pertama yang mengajukan diri, dengan bekal tidak tahu apa apa soal “metode” baru ini, alex menjalani perawatan ekstrim untuk membuat dirinya menjadi anti sex & violence, apakah mungkin? alex yang brutal bisa menjadi jinak? apakah mungkin sifat manusia yang terbiasa kasar bisa menjadi lembut?

film ini total menceritakan bagaimana suatu perilaku ganas dan buas jika dipaksa dirubah malah tidak membuat keadaan menjadi lebih baik, dan itulah yang akan dialami alex di film arahan kubrick ini. sebagai contoh keradikalan diri alex nampak ketika dia ditanya beragama apa oleh sipir penjara, dan alex dengan cuek menyebut “C to E sir!” yang berarti church of england! alias beragama kristen, sikap slengean alex memang sudah akut, padahal dia tumbuh di tengah tengah keluarga sejahtera, ramah dan sopan, oleh karena itu alex akan mendapat ganjaran dari metode baru yang terbilang cukup gila juga, hehe. overall, film ini benar benar membuat saya terus mengikuti adegan tiap adegan, dialog “cockney” khas british yang kental sepanjang film, nuansa retro, warna warni ala tahun 70an (padahal katanya cerita ini bersetting “near fututre”) kemudian musik musik pop dan klasik karya ludwig van yang dipuja puja alex selalu mengiringi aksi alex dalam berbuat kriminal membuat film ini menjadi suatu tontonan yang benar benar menarik, ditambah beberapa adegan nudity yang “kasar” membuat film ini makin “wah” saja. entah apa yang ada di pikiran kubrick, tapi yang jelas film ini benar benar patut diacungi jempol.

sementara itu akting gila dari malcolm mcdowell sukses membuat karakter alex delagera makin hidup, kegilaannya terlihat sekali di sorot mata dan senyum licik alex, dan ternyata malcolm mcdowell adalah orang yang memerankan linderman di serial sci-fi heroes beberapa tahun belakangan ini, saya benar benar tidak menduganya! hehe, itu membuktikan bakatnya menjadi seorang aktor dari remaja hingga tua seperti sekarang tidak pernah luntur, makin menjadi jadi! ya apa boleh dikata, saya menyesal baru menonton a clockwork orange ini sekarang, tapi percayalah, jika anda suka film berbau british, kekerasan, retro dan unsur seksualitas yang tinggi, a clockwork orange arahan stanley kubrick bisa menjadi pilihan utamanya, enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s