I Love You Phillip Morris

The Gay Greatest Con-Man Ever

SINOPSIS: Based on a book by Houston Chronicle crime reporter Steve McVicker, the fact-based film casts Carrey as Steven Russell, a married father whose exploits landed him in the Texas criminal justice system. He fell madly in love with his cellmate, who eventually was set free, which led Russell to escape from Texas prisons four times.

mungkin anda masih ingat dengan cerita con man alias tukang tipu terbaik yang pernah ada dalam film catch me if you can, yap! dia adalah frank abagnale jr. diperankan oleh leonardo dicaprio, film arahan spielberg tersebut diangkat dari kisah nyata, bagaimana hebatnya seorang frank abagnale jr yang sukses berpura pura menjadi pilot hingga pengacara! serta bisa memalsukan cek dengan mesin pencetak ceknya sendiri! dahsyat! dan tentunya di akhir takdir menanti frank, sepandai pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga bukan? hehe. kemudian di tahun ini ada sebuah film yang premisnya mirip mirip dengan catch me if you can, seorang con man yang beraksi di texas, dia bernama steven russo, dan dia berhasil kabur dari penjara texas 4 kali! memang tidak sehebat frank, tapi yang membedakannya adalah steven russo adalah seorang GAY! yap, inilah kisah hidup steven russo yang diangkat ke layar lebar, betul, kejadian di film ini benar benar terjadi, diangkat dari kisah nyata dan diperankan sang komedian jim carrey.

cerita gila ini pada awalnya saya sendiri hampir kurang percaya, dikarenakan jalinan kisah gay-nya yang bisa bikin anda muntah jika anda tidak tahan menyaksikan brokeback mountain atau film gay sejenis lainnya, hehe, betul, saya pikir ini adalah kisah komedi biasa ala carrey, tapi ternyata bukan, film yang berjudul i love you phillip morris ini menceritakan bagaimana seorang steven russo akan melakukan apapun demi cinta sejatinya phillip morris. alkisah steven russo (carrey) adalah seorang pria bahagia dengan keluarga bahagia juga, pekerjaannya sebagai polisi awalnya, kemudian steven memutuskan pindah bersama keluarganya, hanya ada satu rahasia tersembunyi, steven ternyata seorang GAY, yap, ternyata keluarga bahagianya itu entah kenapa bukan kehidupan sebenarnya, maka steven pun menjalin cinta dengan pria lain dibanding istrinya debbie (mann) pria lain tersebut bernama jimmy (santoro), demi jimmy, steven rela memberikan segalanya, hingga steven sadar gaya hidupnya untuk jimmy sudah melampaui batas, maka steven pun menjadi seorang penipu untuk memberikan kebahagiaan materi untuk jimmy, menipu toko toko demi mendapatkan barang yang diinginkan, tapi bisa ditebak aksinya berhasil dihentikan pihak berwajib, steven masuk penjara dan jimmy meninggal karena AIDS! dan entah kenapa, di penjara steven bertemu dengan pria lain dan mereka pun jatuh cinta! betul, phillip morris (mcgregor) adalah tambatan baru hati steven, maka demi phillip, steven melakukan apapun, yang pertama adalah agar mereka bisa bebas dari penjara, dengan serangkaian trik dan mengelabui birokrasi, steven keluar dari penjara dan berpura pura menjadi pengacara dan membebaskan phillip kekasihnya sekaligus! dahsyat! tidak punya skill apa apa hanya berdasarkan keberuntungan steven berhasil mengelabui seluruh penjara texas!

steven dan phillip akhirnya hidup bersama dan bahagia, maka demi membahagiakan phillip, steven mencari pekerjaan baru yang legal walaupun cara masuknya adalah dengan trik steven sendiri, betul! dengan serangkaian trik tipu menipu, steven diterima di perusahaan besar di bidang financial, tidak cukup sampai disitu, steven pun melakukan penggelapan uang di perusahaan tempat dia bekerja, hingga steven kaya raya sedangkan phillip tidak tahu menahu, sampai akhirnya pihak berwajib kembali membekuk steven! hehe, maka phillip pun memutuskan hubungan mereka, steven patah hati, tapi dia tidak menyerah dan melakukan segala cara demi keluar dari penjara dan bertemu kembali phillip morris cinta sejatinya, hingga 4 kali steven bolak balik keluar masuk penjara, bahkan di percobaannya yang kesekian kali steven berhasil memalsukan kematiannya sendiri! spektakuler! dan semua itu berkat sistem birokrasi pemerintahan texas yang bobrok, yang pada waktu itu masih dibawah kepemimpinan seorang gubernur bernama george bush! hahaha.

yap, betul, cerita gila ini membawa anda menyaksikan aksi steven yang cerdik setengah kurang waras dalam mendapatkan cintanya kembali yaitu phillip morris! carrey ternyata piawai dalam memerankan karakter super gay, dan tebak ewan mcgregor pun tidak kalah hebat menjadi seorang gay tulen! mungkin anda bisa muntah karena jijik melihat carrey dan mcgregor berciuman dengan sangat sering, huek! tapi itulah mereka, membuktikan kapasitasnya sebagai aktor hebat, memerankan siapapun pasti akan mantap jadinya, hehe, dengan komedi komedi khas carrey sepanjang film ini, kita akan menyaksikan bagaimana steven bisa mengelabui sistem dengan begitu mudahnya, hehe, saya juga tidak habis pikir, kabur dari penjara bukanlah sesuatu yang mudah loh, dan steven disini telah melakukannya berkali kali! selain itu, mungkin film ini menyindir bagaimana bobroknya sistem pemerintahan maupun hukum di texas pada masa george bush, hehe, entah kenapa segalanya terasa cocok dan pas saja melihat kekonyolan steven dalam mengelabui birokrasi penjara texas dan perusahaan tempat dia bekerja.

bagi anda yang menginginkan film hasil paduan antara brokeback mountain dan catch me if you can, mungkin i love you phillip morris ini bisa dijadikan sebagai pilihan, dengan sedikit humor tentunya, hehe, tapi bagi anda yang tidak kuat melihat adegan gay yang ekstrim, ya hindarilah film ini, hehe, bagaimanapun juga film ini cukup menghibur saya karena jalan ceritanya tidak biasa untuk ukuran film yang mengangkat tema gay, sekaligus film ini diangkat dari kisah nyata! lalu bagaimanakah nasib steven pada akhirnya? anda akan mengetahuinya di akhir film ini, mungkin sedikit clue dari saya, hukum karma itu benar adanya, hehe, enjoy this movie!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s