The Ghost Writer

The Phillip Morris is a Ghost Writer!

SINOPSIS: The Ghost Writer tells the story of a former British Prime Minister, Adam Lang (Pierce Brosnan), who is holed up on an island off the Eastern seaboard of the U.S. in midwinter, writing his memoirs. When his long-standing aide drowns, a professional ghostwriter (Ewan McGregor) is sent out to help him finish the book. The anonymous ghost writer is quickly drawn into a political and sexual intrigue involving Lang’s wife, Ruth (Olivia Williams) and his aide (Kim Cattrall). Hanging over Lang is the threat of a war crimes trial and a mysterious secret from his past that threatens to jeopardize international relations. The film is based on the Robert Harris novel The Ghost.

the ghost writer, sebuah film thriller terbaru dari roman polanski sang sutradara, tenang, ini bukan film hantu tentang penulis, sesuai judulnya, the ghost writer adalah ungkapan bagi penulis yang menulis buku untuk orang ternama maupun terkenal ataupun pejabat dan orang orang penting, dan mereka biasanya tidak mau terlihat memakai jasa penulis dalam membuat bukunya, maka disewalah ghost writer ini, penulis profesional yang tidak eksist sehingga bisa membuat buku dari orang tersebut enak dibaca, biasanya berupa biografi kebanyakan. lalu cerita the ghost writer ini berkisah seputar seorang ghost writer (mcgregor) yang dimintai tolong oleh perusahaan penerbit untuk menulis memoar dari seorang mantan PM inggris yaitu adam lang (brosnan), tentu saja dengan imbalan yang tidak sedikit, yaitu 250 ribu poundsterling! maka ghost writer baru ini pun mengiyakan tawaran tersebut.

hanya saja ada yang tidak diketahui oleh ghost writer baru ini, bahwa ghost writer sebelumnya mick mcara ditemukan tewas diduga tenggelam di lautan ketika sedang mengerjakan buku adam lang tersebut. hal tersebut tidak begitu mempengaruhi keadaan si ghost writer baru ini, tapi lama lama dia menyadari ada yang aneh dengan perilaku adam lang sang mantan PM, apalagi situasi sekarang sedang memanas karena adam lang dituduh telah melakukan pelanggaran HAM berat ketika terjadinya perang irak. lambat laun ghost writer mulai menguak kehidupan adam lang dengan bantuan manuscript hasil ghost writer sebelumnya yaitu mcara yang tewas beberapa minggu lalu sebelum dia datang menggantikan posisinya. dan tanpa disadari si ghost writer baru ini menemukan beberapa dokumen mcara yang masih tertinggal di rumah kediaman adam lang di amerika. makin curiga ketika menemukan foto foto adam lang di masa lalu, maka dia pun menelusuri kembali jejak jejak yang ditinggalkan mcara sebelum tewas ketika mengolah memoar adam lang ini, hingga akhirnya si ghost writer baru ini menemukan kenyataan pahit dibalik semua cerita tentang adam lang selama masa kepemimpinannya.

film berdurasi dua jam lebih sedikit ini lumayan menegangkan dan menarik untuk terus diikuti hingga akhir, walaupun alurnya sangat lambat, tapi film ini benar benar mengundang rasa penasaran saya terus menerus, apa yang sebenarnya ingin dikuak oleh mcara sang ghost writer sebelumnya hingga dia tewas mengenaskan, dan ewan mcgregor sebagai ghost writer baru yakin bahwa tewasnya mcara bukanlah kecelakaan maupun bunuh diri, melainkan dibunuh oleh pihak pihak yang terlibat dalam pembuatan memoar ini! ewan mcgregor yang sebelumnya berakting gay bersama jim carrey di i love you phillip morris kali ini tampil serius, walaupun potongan rambutnya hampir 11-12 dengan phillip morris, hehe, tapi jujur, penampilannya tergolong memukau, sebagai penulis yang linglung dan bingung dengan situasi yang dihadapinya, sang ghost writer yang tidak diberi nama di film ini mulai nekad menyelidiki kehidupan adam lang. sementara pierce brosnan yang kita kenal sebagai salah satu james bond tampil tidak kalah menariknya, penampilan sebagai mantan PM yang sudah tidak terlihat muda dan pemarah disuguhkan dengan apik oleh brosnan.

pembuatan filmnya sendiri bukan di amerika menurut sumber teman saya, hehe, yap, apalagi pulau sylt, semua dibuat seperti di amerika, padahal itu di-syut di jerman! well, roman polanski sang sutradara berhasil menyuguhkan drama thriller yang menarik tanpa adegan baku hantam dan sebagainya. akhir kata, the ghost writer ini benar benar cocok untuk ditonton bagi anda pecinta drama misteri dan thriller, apalagi ceritanya sendiri katanya “menyindir” PM tony blair yang selalu mendukung kebijakan AS, apakah seperti itu? lebih baik anda tonton sendiri, dijamin tidak akan menyesal, enjoy the movie!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s