I’m Here (2010)

I'm Here

Sinopsis: A boy-meets-girl love story, set in LA and experienced by robots, I’M HERE premiered at the 2010 Sundance Film Festival to great critical acclaim. Filled with gorgeous photography, behind-the-scenes ephemera, and funny, insightful interviews, There Are Many of Us (McSweeney’s) celebrates the uniquely spontaneous making of the film I’m Here, The book includes an original CD soundtrack as well as a DVD of the movie, with special bonus content.

Running Time: 29 min.

In Theaters: Sep 23, 2010 Limited

Distributor:D&E Entertainment

Directed By: Spike Jonze

Genre: Drama, Special Interest

Selain gemar memerankan nenek tua gendut bersama Irving “Knoxville” Zisman dalam semua film Jackass, Spike Jonze adalah salah satu sutradara yang mempunyai karya-karya film unik nan aneh yang banyak mendapat pujian sana sini. Dari Adaptation, Being John Malkovich hingga Where The Wild Things Are, bisa diambil kesimpulan bahwa film-film karyanya memang berkonsep “out of the box”. September 2010 kemarin, Spike Jonze kembali mempersembahkan film teranyarnya yang berjudul I’m Here, tapi dengan format yang beda. Ya, film yang mengisahkan tentang hubungan romantis antar robot itu adalah sebuah film pendek yang hanya berdurasi 30 menit.

I’m Here adalah sebuah film yang mengisahkan percintaan sepasang robot manusia yang mengambil setting entah masa depan entah alternate version of earth di Los Angeles Amerika. Sheldon (Garfield) adalah robot yang bekerja sebagai asisten di suatu perpustakaan, hidupnya berjalan tenang, sunyi dan sendiri. Sheldon hidup sendiri walau sebenarnya dia selalu ingin tahu dan selalu ingin berkomunikasi dengan robot maupun manusia lain.

Hingga suatu waktu Sheldon bertemu seorang robot wanita bernama Francesca (Guillory). Maka sudah bisa ditebak, Sheldon dan Francesca pun makin akrab makin dekat dan akhirnya saling mencintai. Sampai pada akhirnya Sheldon tahu bahwa cinta sejati itu adalah pengorbanan tanpa rasa pamrih demi orang yang dicintainya apapun itu bentuknya. Ya, seperti premis film romansa kebanyakan yang mengisahkan hubungan asmara unik sepasang robot. Robot pun punya perasaan seperti manusia pada umumnya.

Dengan setting sederhana, sinematografi indah dan warna-warna hangat nuansa sore yang ditangkap oleh Spike Jonze serta score musik indie pop yang terus menghiasi film ini dari awal hingga akhir, I’m Here hadir dengan kisah cinta yang terbilang klise tapi lumayan menghibur. Walau saya sudah bisa menebak dengan mudahnya bagaimana cerita film ini akan berakhir tapi tetap saya tidak bosan dengan cerita romansa klise ini.

Uniknya mungkin, adalah dengan karakter robot yang sengaja dipilih, hal tersebut bisa jadi adalah sebuah representasi dari suatu bentuk perkataan “hingga maut memisahkan kita” dalam artian literal yang tidak bisa dialami oleh manusia dalam kehidupan nyata tapi bisa dilakukan oleh robot yang tidak bernyawa tapi memiliki hati dan bisa merasakan cinta layaknya manusia.

Bicara romantisme memang tidak ada habisnya dan bicara absurdsitas Spike Jonze adalah juaranya. Selalu membuat film yang diluar nalar orang-orang pada umumnya tapi entah mengapa hal tersebut menjadikan film-film karyanya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya termasuk saya. Walau bukan yang terbaik di mata saya, film ini tetap bisa memberikan sajian bermakna yang dapat mengajari kita bagaimana seharusnya kita mencintai seseorang yang benar-benar kita cintai. Kadang perkataan tidak cukup dalam cinta, tindakan lebih berkata banyak dan percayalah istilah “cinta mati” itu benar adanya. So, just enjoy the short ro-bo-mantic tale from Spike Jonze!

RATING: 3/5

One thought on “I’m Here (2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s