Megamind (2010)

Megamind

Sinopsis: When super villain Megamind defeats his archrival Metro Man, the world should be his oyster. But instead, Megamind falls into total despair. It turns out that life without a rival is life without a point for him. So he creates a new superhero rival. Unfortunately, the new hero wants to be a super villain too. Who can we turn to? Who has what it takes to stand up to this menace? Who will defend the innocent? Megamind! That’s who.

  • Release Date:November 5th, 2010
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Director:Tom McGrath
  • Genre:Animation, Comedy, Family, 3D
  • Diiringi dengan lantunan lagu yang dibawakan oleh Trent Reznor di masa kebangkitannya tahun 80-an, saya mencoba menulis review tentang film yang baru saya tonton barusan sekali. Film tersebut berjudul Megamind, sebuah film animasi keluaran studio DreamWorks Animation tahun 2010 kemarin. Studio yang sering bersaing dengan Pixar dalam hal membuat film animasi ini mengeluarkan amunisi terakhirnya di tahun 2010 kemarin dengan film animasi berplot klise. Lalu apa daya tariknya? tentu saja para pengisi suaranya yang termasuk jajaran aktor papan atas Hollywood membuat film yang mengisahkan penjahat super berkepala botak ini menjadi lebih hidup.

    Alkisah hidup seorang penjahat super bernama Megamind (Ferrell) yang sudah lama menyimpan keinginan untuk menyingkirkan rival terbesarnya yaitu sang pelindung Metro City Metro Man (Pitt). Maka dengan bantuan sidekick Megamind yaitu Minion (Cross), Megamind akhirnya bisa melenyapkan Metro Man. Hari berlalu dengan cepat, Metro City rindu dengan pelindung sejatinya Metro Man tak terkecuali sang reporter, Roxanne (Fey) dan kameramennya, Hal (Hill). Disaat itu pula Megamind berniat menciptakan seorang superhero baru agar dia mendapat lawan tanding yang seimbang, maka tanpa kesengajaan (plus kebodohan) Megamind, Hal, sang kameramen menjadi seorang superhero baru yang jauh dari bayangan semua orang. Hal menjadi Tighten, superhero yang hidup dengan seenaknya tanpa tanggung jawab, malahan, Hal mengajak Megamind untuk menjadi partner barunya.

    Akhirnya kita semua tahu, Megamind harus menjadi superhero demi mengalahkan Tighten yang ternyata bertolak belakang dengan sifat superhero. Resep tersebut hampir sama dengan film animasi yang muncul lebih awal sebelum Megamind tahun kemarin yaitu Despicable Me yang mendapuk Steve Carrell sebagai pengisi suara utamanya. Walaupun begitu, dengan adanya Will Ferrell sebagai tokoh utama di Megamind tentu saja level humornya akan berbeda sedikit. Apalagi David Cross sebagai sidekick Ferrell membuat suasana Megamind tidak terlalu hambar.

    Tapi selain hal tersebut tidak ada lagi yang bisa ditawarkan dalam film ini. Seperti kita sudah tahu jalinan ceritanya akan berakhir seperti apa, walau ada kejutan-kejutan yang kurang penting di tengah filmnya tapi lumayan cukup konyol untuk menghibur saya hingga tidak jadi tidur atau mem-pause film ini untuk dilanjutkan lain waktu.

    Kehadiran para pengisi suara ternama pun terbilang lumayan menjadi daya tarik, apalagi Ben Stiller yang hanya memperdengarkan suaranya secuil saja. Kemudian Brad Pitt dengan karismanya (sekaligus kekonyolannya), Tina Fey yang saya pikir standar saja, Jonah Hill yang memang apa adanya hingga J.K. Simmons yang hampir dilupakan Flirt male. Betul, jika bukan mereka yang muncul sebagai pengisi suara di film ini, dijamin saya akan berpikir ulang untuk menonton film ini di malam minggu sendirian pula Eye rolling smile.

    Soal kualitas animasi? entahlah, mau Pixar, mau DreamWorks, mau Universal Pictures, menurut saya semuanya bagus dan mempunyai keunggulannya masing-masing yang sulit dibedakan dengan mata telanjang. Intinya, Megamind hadir sebagai film yang lumayan menghibur bagi saya malam ini karena bantuan para aktor-aktor ternama yang sudah menyumbangkan suaranya. Jika tidak ada mereka, entahlah, jadi seperti apa film ini? he-he. Just enjoy the movie then, don’t think too much.

    RATING: 2.5/5

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s