A Prophet / Un Prophete (2010)

A Prophet

Sinopsis: A young Arab man is sent to a French prison where he becomes a mafia kingpin.

  • Release Date:February 12th, 2010
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Genre:Crime, Drama
  • Bukan hanya Hollywood saja yang pandai meracik film bertemakan kehidupan penjara menjadi menarik untuk ditonton, ternyata industri film Perancis tidak mau kalah dengan merilis film yang kalau saya bilang lebih epik dari kisah Shawshank Redemption, Green Mile maupun serial terkenal Prison Break. Film tersebut berjudul A Prophet (Un Prophete). Film yang menceritakan tentang jatuh bangunnya seorang pemuda polos yang hidup di penjara hingga menjadi orang paling berpengaruh di tempat dia ditahan ini dijamin akan memberikan tontonan yang akan membuat Anda betah di depan layar kaca selama dua jam setengah lamanya.

    Malik (Rahim) adalah seorang pemuda berusia 19 tahun yang baru merasakan hidup di penjara. Tanpa keluarga dan tanpa teman, Malik harus menjalani 6 tahun hidup di sel karena tindakan kekerasan yang dia lakukan terhadap pihak berwajib. Seperti film-film bertema penjara lainnya, pasti ada seseorang yang berpengaruh di dalam penjara tersebut. Jika bukan sipir penjara, sudah pasti seorang napi, dan dalam kasus Malik, sel tempat dia ditahan dikuasai oleh seorang napi kawakan bernama Luciani (Arestrup) dan kawan-kawannya. Luciani ibaratnya seorang bos mafia yang memegang kendali penjara tersebut, bahkan para petugas dan sipirnya pun ada dalam kendali Luciani.

    Hingga tanpa disengaja Malik harus berhadapan dengan Luciani. Betul, Malik diminta Luciani untuk menghabisi seorang tawanan yang tidak lain adalah musuh dari Luciani. Malik pun mendapat ancaman, jika tidak melaksanakan tugas dari Luciani, maka dirinyalah yang akan menjadi korban Luciani, tapi jika sebaliknya, Malik akan mendapat perlindungan penuh dari Luciani selama ia menempuh masa tahanannya. Mau tidak mau malik melakukan tugas “kotor” pertamanya di penjara yaitu membunuh. Setelah tugas pertama selesai malik yang awalnya tidak punya teman berubah menjadi pelayan Luciani dan dekat dengan orang-orang Luciani, disitulah Malik mulai belajar menjadi bagian dari suatu kelompok yang kuat sambil menyusun strategi untuk membuat kelompok yang lebih kuat dan berpengaruh dari Luciani sambil terus dibayang-bayangi oleh rasa berdosanya setelah melakukan tindakan pembunuhan pertama kalinya di penjara.

    From zero to hero, mungkin itu adalah jargon yang sangat tepat untuk disematkan ke dalam karakter Malik yang diperankan dengan sangat sempurna oleh Tahar Rahim. Bagaimana tidak, jatuh bangun seorang Malik yang dari awal tidak punya apa-apa, tiba-tiba bisa berubah menjadi penguasa hanya dalam waktu 6 tahun, semua itu berkat kecerdasannya memanfaatkan momen-momen penting dan menjalin relasi sana-sini tanpa diketahui atasannya Luciani. Bagaikan perjalanan seorang mahasiswa, Malik adalah alumnus terbaik di penjara tesebut, selain berhasil menjadi orang kepercayaan Luciani, di akhir cerita anda akan tahu apa yang dilakukannya terhadap Luciani.

    Kisah epik yang berdurasi selama kurang lebih 150 menit ini akan membawa anda ke tempat yang paling suram dan depresif bagi orang-orang jahat, yaitu penjara. Uniknya dalam film ini, bukan hanya masalah siapa yang kuat dia yang berkuasa saja yang disinggung, melainkan hubungan personal para karakter yang berbeda ras dan agama pun ikut disinggung dengan gamblangya. Diperlihatkan dengan jelas bagaimana bencinya Luciani yang notabene kaum Corsicans terhadap orang arab, padahal Malik sendiri adalah pemuda keturunan arab yang memang notabene berbeda dari yang lainnya. Disitulah letak menariknya, dimana Malik pandai membangun relasi dengan siapapun tidak terkecuali musuh Luciani.

    Overall, film arahan Jacques Audiard ini dijamin bisa memberikan tontonan berkualitas untuk anda yang suka dengan film-film bertema penjara. Jajaran cast yang tampil sangat meyakinkan, terutama dua karakter sentral yang diperankan dengan gemilang oleh Tahar Rahim dan Niels Arestrup serta plot cerita yang kelam dan tensinya yang terus terjaga hingga klimaks film. well, mau dikata apalagi, A Prophet adalah film yang wajib tonton, apalagi anda yang bosan dengan cerita inspiratif “menyenangkan” ala Shawshank Redemption, anda bisa mencoba kisah “inspiratif” ala Malik El-Djebena ini atau biasa disebut A Prophet, Enjoy Guys!

    RATING: 4/5

    6 thoughts on “A Prophet / Un Prophete (2010)

    1. film ini great…
      Alurnya intens dan mendebarkan
      Transformasi Malik El Djebena memukau…
      Main keblogQ juga ya
      A Prophet 10 besar favoriTq tahun 2010 lalu

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s