Videodrome (Cronenberg’s Horror Flick)

Videodrome

Genre: Science Fiction & Fantasy, Horror

Synopsis: A lowly cable TV operator begins to see his life and the future of media spin out of control in a very unusual fashion when he acquires a new kind of programming for his station.

Rated: R

Running Time: 1 hr. 28 min.

In Theaters: Feb 4, 1983 Wide

Directed By: David Cronenberg

Written By: David Cronenberg

Cast: James Woods, Deborah Harry, Les Carlson, Sonja Smits, Peter Dvorsky, Jack Creley.

bagi anda yang familiar dengan karya david cronenberg seperti history of violence maupun eastern promises, anda harus menyaksikan film klasiknya yang rilis hampir 30 tahun yang lalu ini. film yang berjudul videodrome adalah sajian klasik horror aneh yang mencampurkan unsur surreal dan science fiction, kita akan melihat bagaimana sebuah media audio visual yaitu televisi dapat mempengaruhi otak manusia secara ekstrim! yap, kita akan terhipnotis dengan horror ala cronenberg di videodrome!

bercerita tentang seorang pemilik channel 83 yaitu max (woods) yang sering menayangkan tayangan yang berbau kekerasan dan seks! hingga suatu hari lewat teknisinya harlan (dvorsky) max menemukan siaran yang tertangkap sinyalnya oleh harlan, siaran yang penuh dengan adegan kekerasan pada seorang wanita, siaran tersebut bernama videodrome, dan max berusaha untuk menayangkan siaran tersebut di channel 83 miliknya, tapi yang ada malahan max mulai terobsesi dengan siaran siaran videodrome tersebut, dan mulai berhalusinasi, apa yang terjadi sebenarnya? apakah betul videodrome berusaha “menghisap” max kedalam televisi? silakan anda cari tahu sendiri.

film aneh nan unik ini kontan menjadi pilihan film saya malam kemarin untuk ditonton, entah kenapa saya penasaran dengan salah satu scene didalam film ini yang masuk kategori scene paling “menjijikan” di dunia perfilman, scene tersebut bisa anda lihat di atas tulisan ini, hehe. yap, banyak scene scene aneh dan menjijikan, tapi jangan salah, semuanya dibuat dengan mulus tanpa cacat, yap, spesial efek untuk film ini tergolong spektakuler untuk tahun 80an, melihat tangan max yang masuk kedalam perutnya sendiri terasa nyata membuat videodrome menjadi horror surreal paling aneh yang pernah saya tonton.

paranoia manusia akan media nampaknya sudah bisa dibaca oleh cronenberg 30 tahun silam, yap, videodrome bagaikan sebuah peringatan “halus” bahwa kelak manusia akan terhipnotis dan menjadi budak media, walau tidak secara eksplisit dan semengerikan videodrome, toh memang betul bukan? sekarang tanpa kita sadari kehidupan kita tidak lepas dari yang namanya media, khususnya media elektronik. televisi pun menjadi pilihan cronenberg untuk merepresentasikan “monster” pelahap manusia tersebut.

overall, untuk sebuah sajian horror di tahun 80an, videodrome bisa menjadi pilihan, walau terbilang aneh dan mempunyai plot yang sulit dimengerti, yang mana dunia nyata dan yang mana dunia videodrome, tetap, film ini menyajikan kengerian dari teror audio visual secara ekstrim, belum lagi dilatari score musik menyeramkan sepanjang film. yap, aneh atau tidak aneh, film ini cocok bagi anda yang mencari sajian horror yang berbeda dari biasanya, videodrome bisa menjadi pilihan yang tepat, just enjoy the movie! but careful, it’s bites! Smile with tongue out

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s