O Brother Where Art Thou!

O-Brother-Where-Art-Thou

SINOPSIS: Ulysses Everett McGill (George Clooney) is a garrulous, silver-tongued, petty criminal, having some difficulty adjusting to the regimentation of life as a man sentenced to a term of hard labor in Mississippi. Reluctant to spend any more time crushing rocks, he scams his way off the chain gang with a clumsy duo of lame losers: sweet and simple Delmar (Tim Blake Nelson), and the maladjusted Pete (John Turturro). The trio embarks on the adventure of a lifetime as they set out to pursue their freedom and the promise of sharing in the division of a fortune in buried treasure.

  • Release Date:January 12th, 2001
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Director:Joel Coen, Ethan Coen
  • Writer:Homer, Ethan Coen, Joel Coen
  • Studio:Touchstone Pictures
  • Genre:Adventure, Comedy, Crime
  • film klasik datang dari coen bersaudara, rilis tahun 2000, seperti biasa, bermain dalam genrenya yang unik, sedikit komedi, sedikit petualangan dan sedikit pencerahan, kenapa saya sebut pencerahan? karena film yang bisa dibilang semi musikal ini mengisahkan tentang tiga napi yang kabur dari penjara dan selama masa pelariannya mereka mendapatkan banyak sekali pencerahan, walau tidak sedikit “pencerahan” yang konyol yang terjadi dimana mana. film ini dibintangi oleh george clooney, john turturro serta tim blake nelson sebagai karakter utama yang menjadi napi yang kabur tersebut.

    alkisah everett (clooney) pete (turturro) dan delmar (nelson) melarikan diri dari penjara tempat mereka ditahan, everett mempunyai harta karun terpendam sehingga tidak usah menunggu waktu lagi agar pete dan delmar ikut serta dalam pelariannya tersebut, maka petualangan pun terjadi, di perjalanan mereka bertemu seorang gitaris handal bernama tommy (king) yang sedang mencari peruntungan di radio lokal, maka everett, pete dan delmar pun membantu tommy untuk tampil di radio lokal yang dimaksud sehingga mereka pun dapat bayaran. tidak cukup sampai disitu, everett dkk bertemu dengan seorang perampok bermuka bayi yaitu george nelson (badalucco) yang gemar merampok tapi tiba tiba bertobat dan memberikan hasil rampokannya pada everett dkk. yap, everett dkk banyak menemui hal hal baru sekaligus konyol selama masa pelarian mereka, belum lagi mereka tengah diburu kepolisian setempat. selain kisah everett dkk, di lain pihak ada dua orang yang sedang berseteru dalam pemilihan gubernur yaitu pappy o’daniel (durning) dan homer stokes (duvall) lalu apa hubungannya dengan everett dkk, jika anda terbiasa dengan film film coen bersaudara, pasti anda tahu nanti apa yang terjadi dengan mereka semua.

    komedi, agak menyindir, dan lelucon klasik, tapi kali ini penuh dengan latar musik jadul, karena setting film ini juga terbilang jadul. coen bersaudara mencoba menghadirkan kisah tiga napi yang masing masing berkelakuan konyol, dimana everett sangat terobsesi dengan rambutnya yang rapih, delmar yang polos dan pete yang paranoid, yap, ketiga karakter ini campur aduk menjadi sebuah tontonan tolol, belum lagi karakter karakter lain yang ditemui mereka selama pelariannya demi mencari harta karun yang disembunyikan everett, tapi tunggu kejutan akhirnya nanti ketika mendekati ending film ini, seperti biasa, apakah everett dkk berhasil mendapatkan harta karun yang dimaksud? haha, kacau!

    kadang kala coen bersaudara membuat film yang benar benar bisa dicerna semua orang atau tidak bisa dicerna sama sekali, seperti contohnya the big lebowski, dijamin sebagian orang akan sependapat dengan saya bahwa film itu kocak sekocak kocaknya, tapi bagaimana dengan a serious man? film dark comedy tentang yahudi? entahlah, saya sama sekali tidak bisa menikmati film itu. nah, o brother where art thou ini terbilang seimbang, unsur dicerna dan tidak dicernanya ada, tapi untung saya masih bisa menikmati film ini hingga habis, karena leluconnya masih terbilang pintar dan dibuat terkesan klasik sekali, apalagi lagu lagu yang melatari film ini membuat saya tidak bosan menontonnya.

    terkenal dengan dark comedy-nya, coen bersaudara selalu menghadirkan film dengan tema tema yang terbilang absurd, kecuali no country for old men yang benar benar kelam dan depresif! o brother ini memakai resep yang sama, apalagi penampilan tiga tokoh utamanya benar benar maksimal dan total, dari clooney hingga turturro semuanya berhasil membuat saya tersenyum senyum kecil hingga tertawa terbahak bahak, chemistry diantara mereka bertiga terbilang pas sehingga alur film ini terus mengalir enak untuk ditonton. apalagi para karakter yang ada didalamnya ikut bernyanyi makanya saya sebut film ini semi musikal semi komedi dan semi pencerahan, hehe.

    banyak orang orang yang menganggap film ini adalah yang terbaik dari coen bersaudara, tapi bagi saya film ini cukup, tidak terlalu keren juga, tapi bukan berarti film ini jelek, tetap menghibur! jika diperbolehkan memilih, mungkin burn after reading yang tokoh utamanya sama sama diperankan oleh george clooney masih lebih nyambung dengan saya, yap, itu dia, masalah nyambung dan tidak nyambung, tapi siapa tahu bagi anda film ini bisa sukses berat menghibur! tidak ada salahnya menonton salah satu karya terbaik dari coen bersaudara ini, hehe, enjoy the escapist guys! Open-mouthed smile

    2 thoughts on “O Brother Where Art Thou!

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s