American Beauty

AmericanBeauty

SINOPSIS: Lester Burnham becomes intrigued by a young girl named Angela, and this fascination sparks him to make some major changes in his life. He relishes these changes, much to the exasperation of his wife Carolyn.

  • Release Date:September 15th, 1999
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Director:Sam Mendes
  • Writer:Alan Ball
  • Studio:DreamWorks Pictures
  • Genre:Comedy, Drama
  • film klasik yang tidak terlalu klasik ini akhirnya berhasil saya tonton, film tahun 1999 yang katanya salah satu yang terbaik di jamannya memang benar adanya, film drama yang diberi bumbu komedi yang satire (sedikit menyindir) tentang kehidupan sosial keluarga biasa di amerika ini benar benar sangat berkesan dan berhasil membuat saya tersenyum hingga tertawa terbahak bahak karena dialog dialog sarkas dan pintar yang keluar dari mulut para tokoh di film ini, apalagi kevin spacey yang menjadi tokoh sentral di film ini.

    mengisahkan keluarga yang terlihat normal tapi banyak konflik di dalamnya, yap, keluarga burnham lebih tepatnya, dimana lester (spacey) yang sudah beristrikan carolyn (bening) dan mempunyai seorang anak gadis yang sudah beranjak remaja yaitu jane (birch) malah terobesesi dengan teman satu sekolah jane yang binal yaitu angela (suvari). selain itu, kehadiran tetangga baru keluarga birnham yang tergolong aneh, yaitu keluarga fitts, yang terdiri dari frank (cooper) seorang veteran perang yang disiplin dan tegas serta istrinya barbara (janney) yang terlihat malfungsi dan anaknya ricky (bentley) yang terlihat alim diluar, padahal dia adalah pengedar ganja dan sering merekam kejadian di sekitarnya yang dia anggap indah, termasuk jane anak dari lester.

    konflik timbul tenggelam dalam film ini, dimana ketidakharmonisan keluarga burnham makin menjadi jadi gara gara lester terobsesi dengan angela dan sering menghisap ganja dengan ricky, maka lester menjadi pribadi yang berbeda sama sekali, menjadi lebih lepas dan tidak peduli pada keadaan sekitarnya termasuk istrinya yang tidak menganggapnya dan malah selingkuh dengan teman kerjanya, yap, kelakuan lester yang “menggila” menjadi pemicu bagi kehancuran rumah tangganya yang dia anggap indah, bagaikan kartu domino yang tumbang satu persatu, mulai dari carolyn, jane, angela hingga keluarga fitts semua mengalami perubahan yang sangat drastis. yap, sam mendes sebagai director sangat handal dalam menyampaikan pesan sosial yang terjadi di keluarga sederhana dan biasa saja di amerika sana, yap, kadang yang terlihat indah diluar tidak sama dengan apa yang terjadi didalamnya.

    american beauty memberikan pengalaman yang konyol dan berbeda dari biasanya, dimana kevin spacey sukses memerankan karakter lester yang berusaha berubah dan menjadi orang yang beda dari pernikahannya yang berumur 20 tahun tapi tidak pernah menghasilkan apa apa, tindak tanduknya kadang kadang lucu dan seenaknya, tidak sedikit saya tertawa terbahak bahak melihat sikap lester dalam menghadapi keluarganya yang “malfungsi” apalagi narasi dari kevin spacey membuat film ini makin hidup, makin terasa dilema dan konflik yang dihadapi lester, yep. inilah sebuah sajian drama komedi yang menyindir bagaimana sebuah keindahan itu sangat dipuja puja pada masanya, tapi nyatanya keindahan yang terpampang diluar itu hanyalah borok yang ditutupi dengan sengaja.

    poster mena suvari yang ditaburi bunga dan telanjang pun seakan menjadi ciri khas dari film ini, yap, american beauty, menggambarkan keindahan dengan sangat ironis, wajib ditonton, apalagi anda yang kangen penampilan kevin spacey yang prima, bisa dilihat di film ini sampai puas, jokesnya yang sarkas dan kelakuannya yang konyol setengah gila, aneh dan entah apalagi namanya, hehe, yap, tunggu apalagi, want to know what is the real beauty? just watch this movie, enjoy guys! hehe Open-mouthed smile

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s