The (Lonely) American

The American-2010

SINOPSIS: Academy Award winner George Clooney stars in the title role of this suspense thriller. As an assassin, Jack (played by Mr. Clooney) is constantly on the move and always alone. After a job in Sweden ends more harshly than expected for this American abroad, Jack retreats to the Italian countryside. He relishes being away from death for a spell as he holes up in a small medieval town. While there, Jack takes an assignment to construct a weapon for a mysterious contact, Mathilde (Thekla Reuten). Savoring the peaceful quietude he finds in the mountains of Abruzzo, Jack accepts the friendship of local priest Father Benedetto (Paolo Bonacelli) and pursues a torrid liaison with a beautiful woman, Clara (Violante Placido). Jack and Clara’s time together evolves into a romance, one seemingly free of danger. But by stepping out of the shadows, Jack may be tempting fate.

  • Release Date:September 1st, 2010
  • Starring:

    16 more cast & crew »

  • Director:Anton Corbijn
  • Writer:Martin Booth, Rowan Joffe
  • Studio:Focus Features
  • Genre:Drama, Thriller
  • george clooney hadir kembali dalam film drama thriller terbarunya yaitu the american, film drama yang mengisahkan kisah hidup yang sangat menyedihkan dari seorang pembunuh bayaran atau hitman ini berhasil membuat mata saya betah mengikuti alur kesunyian yang dijalani sang tokoh utama yang diperankan oleh george clooney. kenapa saya sebut kesunyian? yap, film ini yang notabene harusnya penuh dengan adegan baku tembak apalagi ada unsur pembunuh bayaran didalamnya disajikan dengan sangat beda. george clooney yang memerankan seorang hitman bernama jack atau edward berhasil membuat hati saya terpaku akan kesendiriannya, yap, didalam semua hati manusia, bahkan manusia yang paling kejam pun, mereka pasti percaya akan adanya cinta, ceilehhh, bahasanya, hehe, ya intinya film ini lumayan asyik untuk diikuti loh.

    cerita berawal dari perginya jack (clooney) ke italia karena pekerjaan terakhirnya di swedia terlalu terekspos dan mengakibatkan matinya seorang wanita yang telah menemani jack yaitu ingrid (bjorklund). setibanya di italia, jack disuruh untuk bersantai dahulu sambil mengerjakan satu tugas lagi oleh bosnya pavel (leysen), tugas terakhirnya tidak harus membunuh, cukup memberikan suplai senjata pada hitman lain yang bernama mathilda (reuten). tapi takdir berkata lain, jack bertemu dengan seorang PSK bernama clara (placido) dan berteman dengan seorang pastur yaitu benedetto (bonacelli), jack mulai merasakan perubahan dalam hidupnya dan memutuskan tugasnya untuk menyuplai senjata pada mathilda adalah tugasnya yang terakhir dan ingin segera pergi dan memulai hidup baru bersama clara. tapi seperti yang sudah sudah, tidak ada jalan keluar yang mudah bukan apalagi untuk seorang pembunuh bayaran.

    tema yang disajikan dalam film the american ini hampir mirip dengan film in bruges yang dibintangi collin farrell jika anda sudah pernah menontonnya, seorang pembunuh bayaran yang berusaha untuk mencari pencerahan atas perbuatan perbuatannya, atau dengan kata lain, seseorang yang berusaha tobat dan memulai hidup baru, itu juga yang dilakukan jack selama di italia, apalagi setelah jatuh cinta dengan clara dan mendapat banyak pencerahan dari temannya yang seorang pastur, jack berusaha lari dari kehidupan lamanya yang penuh kesunyian. alur lambat dan sunyi menghiasi film ini selama 90 menit lebih, tak hanya itu, kita juga disuguhi dengan pemandangan dan lanskap kota italia yang indah. yap, teknik sinematografinya bisa dibilang jempolan, tidak mengekspos kebrutalan seorang pembunuh, tapi memperlihatkan bahwa masih banyak yang lebih indah daripada itu layaknya kota yang ditinggali jack selama film ini berjalan.

    mungkin anda akan merasa bosan karena alurnya lambat dan penuh dengan kesunyian yang match dengan kepribadian jack yang selalu sendiri. tapi jujur, saya betah melihat situasi tersebut, apalagi situasi dimana jack merasa khawatir dan waspada walaupun dirinya selalu sendiri. endingnya pun gampang ditebak, apalagi jika anda sudah pernah menonton in bruges, hehe, tapi tetap, buah karya sang sutradara anton corbijn ini layak mendapat apresiasi, walau chemistry antara jack dan clara terlihat seperti biasa saja, tidak terlalu gereget, tapi hal tersebut tertutupi dengan bagiamana sang sutradara menyajikan film ini dengan penuh keindahan diantara desingan desingan peluru yang keluar dari senapan jack, mathilda maupun pavel.

    tobat bukan sesuatu yang mudah, kadang cobaan akan terus datang menghampiri, mungkin hanya kesungguhan dan niat yang akan membantu kita untuk bertobat, yap, jack hanya ingin berhenti dari dunianya yang selalu sunyi dan penuh kesendirian sementara korban banyak berjatuhan gara gara tindakannya. yap, mungkin film ini tidak cocok bagi anda yang mengharapkan film seorang hitman dan baku tembaknya, tapi jelas film ini cocok untuk saya, hehe, well, enough said, just enjoy the beautiful view from italy. Open-mouthed smile

    2 thoughts on “The (Lonely) American

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s