Enter The Void (Enjoy The Latest Ride from Gaspar Noe!)

Enter The Void

SINOPSIS: One of the most anticipated cinematic events of the year, Gaspar Noe‘s Enter the Void is a visionary thrill ride that’s riveted audiences at the Cannes, Toronto, Sundance and SXSW film festivals. At Cannes, Manohla Dargis of The New York Times called it an exceptional work… the work of an artist who’s trying to show us something we haven’t seen before.
The long-awaited follow up to his controversial IRREVERSIBLE, Enter the Void is an immersive and mind-bending experience. Nathaniel Brown and Paz de la Huerta star in a visceral journey set against the thumping, neon club scene of Tokyo, which hurls the viewer into an astonishing trip through life, death, and the universally wonderful and horrible moments between.

  • Release Date:September 24th, 2010
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Director:Gaspar Noé
  • Writer:Lucile Hadzihalilovic, Gaspar Noé
  • Studio:IFC Films
  • Genre:Drama, Thriller
  • jika anda tergolong junkies, pengobat, drug dealer atau anda sudah bosan hidup, penasaran akan kehidupan setelah kematian atau anda penganut atheisme maupun nihilism yang tidak percaya ada akhirat dan hari pembalasan atau apapun itu, film terakhir dari sutradara yang dulu pernah membesut film kontroversial asyik irreversible yaitu gaspar noe yang berjudul enter the void ini nampaknya cocok buat anda yang merasa masuk di kategori yang sudah saya sebut diatas. tapi tidak sepenuhnya juga harus begitu, toh orang normal seperti saya menikmati benar karya gaspar noe yang terbilang unik, aneh dan penuh warna warni indah ini. enter the void bagaikan sebuah perjalanan dimana anda yang menonton menjadi penumpangnya yang menyaksikan siklus kehidupan yang terjadi di dunia ini, setidaknya itulah gambaran singkat jika anda ingin tahu tampilan muka enter the void ini.

    anda disini akan menjadi oscar (brown), seorang pemuda yang hidup di tokyo jepang dan berprofesi sebagai drug dealer kecil kecilan, oscar mempunyai saudara perempuan yang sangat disayang yaitu linda (huerta), selain itu oscar mempunyai seorang sahabat bernama alex (roy) dan victor (alexander), bisa ditebak, tidak jauh jauh dari pekerjaannya sebagai drug dealer, mereka semua sering berada dalam pengaruh obat obatan terlarang milik oscar, dari ecstasy sampai DMT (entah obat apa itu). tunggu dulu, apa maksud pernyataan saya kalau “anda akan menjadi oscar”? yap, disini anda akan merasakan teknik pengambilan gambar yang biasa disebut POV (point of view), layaknya bermain game FPS (first person shooting) anda menjadi mata dari oscar, hanya tangan oscar dan suaranya yang bisa dirasakan secara visualisasi, bahkan kedipan mata oscar pun terasa sangat nyata, jenius!

    lalu apa yang ditawarkan gaspar noe di film ini selain kita menjadi mata oscar sepanjang film? gaspar noe menyuguhkan sinematografi memukau pemandangan kota tokyo di malam hari yang dipenuhi dengan terang lampu neon yang dominan berwarna merah, semua keindahan tersebut disajikan dengan serasi berdampingan dengan kisah hidup oscar yang carut marut gara gara urusannya dengan obat terlarang. sebelum oscar menemui ajalnya, oscar sempat membaca buku berjudul “tibetan the book of the dead” pemberian alex sahabatnya, dimana pada intinya manusia yang sudah mati akan pergi meninggalkan tubuhnya dan rohnya melayang layang di udara dan melihat semua kejadian hidupnya dari awal lahir hingga kematian datang hingga akhirnya bereinkarnasi kembali menjadi manusia dalam wujud jabang bayi. yap, apa hubungannya? itulah yang dialami oscar setelah menemui ajalnya karena ditembak polisi karena ketahuan membawa obat obat terlarang. yap, point of view oscar berubah, kita serasa di langit menyaksikan semua kerabat sahabat dan keluarga yang ditinggal oscar karena kematiannya.

    kita hanya membisu, tidak bisa berbuat apa apa, melihat semua kejadian silih berganti, entah itu linda, alex maupun victor, semua yang berkaitan erat setelah kematian oscar dapat kita saksikan dari langit langit tokyo yang dipenuhi dengan warna warna dan suara suara yang menggema di bawahnya. yap, enter the void menawarkan anda sebuah perjalanan pasca kematian ala tibetan the book of the dead, dimana roh kita akan menyaksikan apa yang terjadi ketika kita mati hingga reinkarnasi kembali. lalu akankah oscar bereinkarnasi? itu pasti akan anda jawab dengan mudah ketika menyaksikan film ini tanpa harus menunggu endingnya. jangan salah, kehidupan malam yang tergolong sangat erotis pun menjadi menu lain yang disuguhkan gaspar noe, apalagi hubungan linda dengan seorang pengusaha klub malam jepang mario (tanno) yang tidak disetujui oscar pun terlihat sangat menggairahkan jika dilihat dari atas, yap, lebih dari 50% anda akan menyaksikan hubungan intim yang disajikan apa adanya dengan sangat elegan dan eksotis apalagi nuansa gloomy terus menemani perjalanan kita selama menjadi roh dari oscar.

    warna warni jepang dan hubungan saudara yang erat antara oscar dan linda menjadi sajian yang sangat apik nan indah, durasi dua jam setengah tidak terasa membosankan sama sekali, apalagi sejak detik awal menonton film ini, kita sudah disuguhi credit title yang biasanya muncul di akhir film tapi untuk kali ini disajikan di awal film dengan tempo yang cepat dan penuh dengan warna dan dentuman musik yang keras seakan akan gaspar noe tidak mau membuang waktu kita untuk segera menyaksikan pengalaman menjadi oscar. sesuatu yang sangat brilian dan jenius, entah bagaimana caranya gaspar noe mengambil gambar dengan teknik yang sangat memukau tersebut, yang jelas saya salut! lalu bagaimana dengan para pemerannya sendiri, tidak usah dikata, linda yang diperankan oleh paz de la huerta menjadi tokoh paling sentral nampaknya di film ini selain oscar yang hanya bisa menyaksikan saudara kandungnya menghadapi semua ujian hidup pasca kematian kakaknya. dengan alur maju mundur, dan editing yang sempurna, film ini benar benar membuat saya merasakan pengalaman nonton yang tidak ada duanya, saran saya, jika anda mau menonton film ini, tontonlah di layar besar dengan kualitas blu-ray dan dalam kondisi mati lampu plus volume besar, rasanya benar benar gilaaa! menegangkan dan mengasyikan! musik, warna warni, konflik, drama serta pemandangan indah, dijamin anda akan mendapatkan semuanya ketika nonton enter the void ini, well, what you waiting for?! enjoy the ride with oscar! Smile with tongue out

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s