Timecrimes (Los Cronocrimenes)

timecrimes

SINOPSIS: Lauded short film director Vigalondo makes his feature debut with this tense, unstoppable vision of science and natural law gone awry. A man who accidentally travels back into the past and meets himself. A naked girl in the middle of the forest. A mysterious stranger with his face wrapped in a pink bandage. A disquieting mansion on the top of a hill. All of them pieces of an unpredictable jigsaw puzzle where terror, drama and suspense will lead to an unthinkable crime. Who’s the murderer? Who’s the victim? Timecrimes takes a bold, difficult premise and brings the rarely-tread time travel framework to pulse-pounding but intelligent new heights.

  • Release Date:December 12th, 2008
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Director:Nacho Vigalondo
  • Writer:Nacho Vigalondo
  • Studio:Magnolia Pictures
  • Genre:Sci-Fi
  • waktu memang gejala alam yang misterius, tidak bisa diungkapkan dengan kata kata (bahasa sok bijak) oleh karena itu sesuatu yang berhubungan dengan waktu selalu menjadi sesuatu yang menarik, seperti halnya perjalanan ruang dan waktu, atau sudahlah biar lebih cepat, time travel istilahnya. yap, ada film spanyol tahun 2007 yang mengulas konsep time travel dipadupadankan dengan kejahatan, konsep yang sudah terbilang pasaran bukan? tidak terhitung sudah berapa banyak film bertema time travel yang lahir sejak boomingnya film legendaris back to the future trilogy. lalu apakah yang membuat film berjudul loscronocrimenes atau timecrimes ini menarik hati saya? serumit apakah time travel yang digambarkan di film ini?

    berawal dari tindak tanduk hector (elejalde) yang hobi meneropong keadaan di sekitar rumahnya, apalagi rumahnya terletak di perbukitan dan dikelilingi hutan hutan, yap hector yang tinggal berdua dengan istrinya clara (fernandez) sedang berbenah di rumahnya, tampaknya mereka baru saja merenovasi rumahnya. ketika hector sedang bersantai di halaman belakang rumahnya sambil meneropong ke hutan yang ada tidak jauh dari halaman belakang rumahnya hector melihat keganjilan, ada wanita yang sedang berdiri dan membuka bajunya hingga wanita tersebut tidak berbusana sama sekali. penasaran dengan hal tersebut hector langsung menuju tempat kejadian, yap dia melihat wanita itu sedang terbaring dan bugil! tapi tiba tiba seseorang menusuk hector dengan gunting tepat di tangannya, hector ketakutan dan lari menuju sebuah bangunan terpencil di atas bukit, hector melihat pelakunya, tapi tidak melihat wajahnya karena wajah pelaku ditutupi dengan perban berwarna merah muda seperti mummy. maka keganjilan pun muncul, hector bertemu seseorang di bangunan yang misterius tersebut, orang tersebut menyuruhnya masuk kedalam suatu mesin untuk bersembunyi dari orang aneh yang mengejarnya, dan sesaat ketika hector keluar dari mesin itu, tiba tiba hector kembali ke satu hari sebelumnya, yap, sebelum kejadian diatas tadi terjadi.

    sederhana, itu yang bisa saya katakan soal film ini, konsep time travelnya pasaran dan mudah sekali ditebak jika anda sudah terbiasa menonton film film bertema time travel, apalagi sejam pertama ketika film ini dimulai saya agak agak malas menontonnya. tapi ternyata dugaan saya salah, setelah konflik yang dihadirkan di sejam pertama film ini dimulai, hector yang kembali ke hari sebelumnya mengalami masalah, mesin waktu buatan seorang pria yang bernama el joven (vigalondo) ternyata malah menimbulkan masalah baru. yap, film ini sepertinya makin menegaskan bahwa teori time travel itu mustahil terjadi dan jikapun terjadi hanya akan menimbulkan masalah baru. lalu apa arti dari “crimes” di judul timecrimes ini? yap, crime (kejahatan) di film ini adalah masalah yang timbul gara gara mesin waktu buatan el joven, dan hector disini berusaha memperbaiki keadaan gara gara ulahnya, tapi pada akhirnya waktu adalah sesuatu yang tidak bisa diubah oleh manusia sekuat apapun kita mencobanya.

    memang hal yang paling susah untuk menggambarkan time travel bukanlah perjalanan waktu ke sepuluh tahun lalu atau sepuluh tahun ke masa depan, coba saja perjalanan waktu ke sehari sebelumnya, walau terlihat gampang, toh waktu sehari pun bisa menimbulkan banyak masalah. timecrimes disini makin menegaskan hal tersebut, boleh dibilang boring sejam pertama, tapi setelahnya dijamin akan membuat anda penasaran sampai ending film ini. tidak lupa saya pun bertanya tanya kejahatan apa yang dilakukan hector? yap, jawabannya ada di akhir film ini, sedikit twist dan tidak saya kira sebelumnya, yap, lebih cocok film ini diberi judul a perfect crime daripada timecrimes, hehe. kejahatan sempurna dengan bantuan mesin waktu, well done nacho vigalondo as director, enjoy the time “crimes” travel. Smile with tongue out

    One thought on “Timecrimes (Los Cronocrimenes)

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s