Soul Kitchen

Soul Kitchen

SINOPSIS: Young German-Greek restaurant owner Zinos is down on his luck. His girlfriend Nadine has moved to Shanghai, his Soul Kitchen customers are boycotting the new gourmet chef, and he‘s having back trouble! Things start looking up when the hip crowd embraces his revamped culinary concept, but that doesn‘t mend Zinos’ broken heart. He decides to fly to China for Nadine, leaving the restaurant in the hands of his unreliable ex-con brother Illias. Both decisions turn out disastrous: Illias gambles away the restaurant to a shady real estate agent and Nadine has found a new lover! But brothers Zinos and Illias might still have one last chance to get Soul Kitchen back if they can stop arguing and work together as a team.

  • Release Date:August 20th, 2010
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Director:Fatih Akin
  • Writer:Fatih Akin, Adam Bousdoukos
  • Studio:IFC Films
  • Genre:Comedy
  • sudah lama saya tidak menonton karya dari fatih akin, dan akhirnya kesampaian untuk menonton karya tergresnya yang bergenre tidak biasa, yaitu drama komedi yang kocak, well, fatih akin sebagai sutradara kenamaan jerman dan turunan turki memang piawai dalam membuat film berkualitas, tema sosial yang biasa diangkatnya bisa menjadi sangat menarik jika sudah disajikan dalam bentuk audio visual. biasa dengan tema yang kelam dan brutal, fatih akin menawarkan sesuatu yang fresh, murni drama komedi yang agak agak nyeleneh.

    film berjudul soul kitchen ini tidak lain tidak bukan adalah suatu nama yang diambil dari restoran yang dimiliki zinos (bousdoukos), zinos mengelola restoran alakadarnya ini dengan sangat brutal, dengan tema musik dan makanan alakadarnya toh restorannya tetap ada yang mengunjungi, tapi problema datang ketika nadine (roggan) pacarnya akan pindah ke shanghai cina, zinos bingung apakah dia akan meninggalkan restorannya atau tidak. belum selesai masalah nadine, datang saudara kandungnya illias (bleibtreu) yang berprofesi sebagai seorang napi yang bisa keluar penjara asal ada kerjaan, bisa ditebak, illias memohon pekerjaan pada zinos, belum cukup illias, zinos didera penyakit hernia yang berawal dari kenekatannya mencoba memindahkan mesin pencuci piring seorang diri. yap, akhir kehancuran restoran soul kitchen sudah didepan mata, sahabat zinos thomas neumann (moehring) yang juga agen real estate terus memaksa zinos untuk menjual restorannya. disaat itulah zinos mulai memutar otak, mendatangkan chef nyentrik yang bercitarasa tinggi bernama shayn (uenel) zinos dan saudaranya illias mulai menyelamatkan restoran soul kitchen yang sudah menjadi hidupnya selama ini.

    premis cerita yang terbilang simpel dan gampang dicerna, tapi hebatnya, film berdurasi satu setengah jam ini diselingi dengan banyak ketololan ketololan yang terjadi di restoran soul kitchen dan zinos tentunya, tidak lupa dialog dialog pintar dan konyol yang menghiasi film ini. well, fatih akin memang pakarnya membuat drama kehidupan seorang manusia yang complicated menjadi enak ditonton. penuh dengan aktor langganan fatih akin, soul kitchen tetap menyuguhkan sesuatu yang beda, sebut saja birol uenel yang berperan garang di film fatih akin yang melegenda yaitu gegen die wand, di soul kitchen dia berubah menjadi seorang chef keras kepala yang nyentrik sekaligus memperhatikan cita rasa tinggi, walau penampilannya tidak dominan di film ini, tapi tetap memorable dan enjoy untuk disaksikan.

    tentu saja center of attention ada pada adam bousdoukos dan moritz bleibtreu yang memerankan kazantsakis bersaudara yang sableng, walau dua duanya punya kehidupan hancur hancuran istilahnya, pada akhirnya mereka tetap bahu membahu menyelamatkan restoran dengan cara apapun, termasuk cara cara konyol dan gila sekaligus menyedihkan dilakukan mereka. yap, soul kitchen bukan hanya bercerita tentang lika liku restoran yang dibangun zinos, soul kitchen juga bercerita tentang kehidupan, cinta dan persahabatan yang tidak ternilai harganya. well, for this time, you did it again fatih akin, well done! enjoy the music in the soul kitchen! Open-mouthed smile

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s