Down Periscope (Classic Comedy)

Down Periscope

film komedi jadul ini ternyata boleh juga mengocok perut saya ketika menontonnya beberapa hari kemarin. rilis tahun 1996 dan sudah ada rob schneider didalamnya, dan saya pikir rob schneider yang jadi tokoh dominan di film ini, ternyata bukan sama sekali, orang tersebut adalah kelsey grammer yang berhasil menyajikan lawakan intelektual sekaligus menggelitik soal angkatan laut amerika serikat disana. dibuka dengan tindak tanduk letnan tom dodge (grammer) yang diangkat untuk memimpin kapal selam angkatan laut amerika, yap, keinginan tom terkabul untuk bisa memimpin kapal selamnya sendiri setelah selama ini selalu berada dibalik bayang bayang atasannya komandan carl knox (macy) tapi ternyata keinginannya agak agak diterjemahkan lain oleh kantor pusat, tom diberi kepemimpinan penuh untuk memimpin kapal selam tempur tua bermesin diesel bernama the stingray, padahal yang dia harapkan sebelumnya adalah kapal selam nuklir canggih dan mutakhir untuk perang modern, belum cukup dengan kapal selam tua, tom dianugrahi para kru kapal yang diambil dari latar belakang yang bermacam macam dan setengahnya terbilang konyol, didampingi asistennya marty (schneider) dan “navigator” wanitanya emily lake (holly) tom mulai memimpin kapal selam alakadarnya ini.

konflik yang konyol terjadi ketika atasan di navy seal menginginkan latihan tempur antara kapal selam tua tom dan kapal selam milik carl knox bekas atasannya terdahulu, maka terjadilah duel bohongan yang konyol dan kocak untuk diikuti, dimana taktik konvensional carl knox tidak begitu mempan menghadapi taktik gerilya dan konyol ala tom di dalam laut, belum lagi tom dibantu dengan beberapa kru yang terbilang jenius tapi berkelakuan aneh, salah satunya adalah krunya bernama sonar (williams) yang mempunyai telinga sensitif dan bisa mendengar jarak jauh meskipun dirinya berada di kedalaman laut yang terdalam, selain itu masih ada “pengemudi” kapal selam tua ini yang mantan bintang basket jackson (martin) dan juga ahli listrik yang hobi menyetrum dirinya sendiri yaitu spots (penner)  serta ahli mekanik yang berbuat seenaknya agar bisa dikeluarkan dari kru kapal selam tua milik tom yaitu stepanak (tatum).

petualangan mereka dalam mengalahkan carl knox pun berhasil membuat saya tersenyum senyum sampai tertawa sendiri, karena metode tempur yang dianut tom terbilang metode diluar kewajaran dan jauh dari metode tempur konvensional yang sudah biasa dianut oleh angkatan laut amerika. kelebihan itulah yang menjadi sebuah humor segar dan cerdas dalam film ini, dengan durasinya yang hanya 90 menit kurang lebih, dijamin akan membuat anda serasa berada di dalam kapal selam dan sedang berlatih simulasi, tapi dengan cara yang tidak wajar dan konyol. lalu apa maksud dari down periscope yang menjadi judul film ini? yap, down periscope adalah istilah dimana ketika sang kapten ingin meneropong bagian permukaan laut dari dalam kapal selamnya, maka dia pun akan mengatakan down periscope! dan setelah selesai, up periscope! yep, sedikit pengetahuan tentang cara kerja kapal selam juga dapat anda saksikan di film ini, jadi selain humor, ilmu pun bisa didapat, well, enjoy the battle in the sea depth! Smile with tongue out

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s