The Social Network

the-social-network-movie-photo

SINOPSIS: The Social Network explores the moment at which Facebook, the most revolutionary social phenomena of the new century, was invented — through the warring perspectives of the super-smart young men who each claimed to be there at its inception. The result is a drama rife with both creation and destruction; one that audaciously avoids a singular POV, but instead, by tracking dueling narratives, mirrors the clashing truths and constantly morphing social relationships that define our time. Drawn from multiple sources, the film captures the visceral thrill of the heady early days of a culture-changing phenomenon in the making — and the way it both pulled a group of young revolutionaries together and then split them apart.

  • Release Date:October 1st, 2010
  • Starring:

    20 more cast & crew »

  • Director:David Fincher
  • Writer:Aaron Sorkin, Ben Mezrich
  • Studio:Columbia Pictures (Sony)
  • Genre:Drama
  • dengan tagline “you don’t get to 500 millions friends without making a few enemies” benar benar sangat mencerminkan keseluruhan isi film ini, bagaimana tidak, situs yang setiap hari kita buka minimal satu kali sehari ini ternyata didirikan oleh seorang remaja yang dulunya hidup berdasarkan naluri yang labil dan tidak terkendali. mark zuckerberg yang sekarang menjadi jutawan paling muda di amerika sana berhasil merengkuh kesuksesannya dengan cara yang bisa dibilang sangat menyedihkan. film biografi singkat yang disutradarai oleh david fincher ini menjelaskan semuanya dengan sederhana, bagaimana facebook lahir? tapi pertanyaan sebenarnya, kenapa facebook lahir?

    kehidupan kuliah bisa dibilang kehidupan yang menarik, karena tentunya disinilah kita merasakan hal hal yang berbeda dari jaman sekolah dasar hingga SMA, well, mark zuckerberg (eisenberg) adalah mahasiswa harvard tingkat dua yang bermasalah dengan pacarnya erica albright (mara) yang kuliah di boston university, inti permasalahan mereka putus sangat simple, mark lebih jenius dari erica karena kuliah di harvard. hancur dan patah hati karena diputuskan pacarnya, mark kembali ke kamar di asramanya, mulai mabuk dan mulai menulis di blog pribadinya dimana semua kekesalan atas pacarnya yang sudah menjadi mantan dituangkan semua disitu, tak cukup dengan blog, mark mulai membuat situs iseng iseng dengan jaringan internet harvard, dimana dia menyusup ke semua direktori klub klub asrama keren di harvard dan mengambil semua data data mahasiswa disana dan harus perempuan! maka lahirlah situs facemash.com dalam waktu semalam suntuk.

    dibantu sahabat mark eduardo saverin (garfield) dan teman sekamarnya dustin moskovitz (mazzello) mereka menyaksikan 22.000 pengunjung situs facemash yang senang membandingkan siapa cewek yang paling cantik di kampus mereka. jaringan internet harvard langsung mati seketika karena tidak dapat menahan beban gila tersebut. mark pun dihukum oleh pihak kampus. dilain pihak, ada dua bersaudara winklevoss (hammer) dan divya narendra (minghella) yang melihat kejeniusan mark dan mencoba untuk mengajak kerjasama dengan situs buatan winklevoss dan narendra yaitu harvardconnect.com atau connectu.com, mark pun mengiyakan ajakan mereka, tapi dari situlah mark mulai bertindak gila, nonstop selama sebulan mark mengerjakan program barunya berdasarkan ide winklevoss, tanpa mengindahkan panggilan dari winklevoss soal kerjasamanya, dan awal tahun 2004 mark pun merampungkan situs thefacebook yang dananya disokong oleh saverin sahabatnya, dari situlah facebook lahir. tidak cukup sampai disitu, mark bertemu sean parker (timberlake) pendiri napster yang berada di ambang kebangkrutan dan memberi wejangan agar mark mulai ekspansi, tapi dilain pihak saverin tidak suka dengan parker karena dia tidak menyumbang apa apa kecuali saran untuk membuang kata “the” di thefacebook, maka dari situ juga pecah belah mulai terjadi, dimana mark lebih mengikuti naluri sean parker yang urakan ketimbang sahabatnya sendiri yang dari awal telah membantu menyokong mark untuk berdirinya facebook.

    persahabatan bagai kepompong bukan? tapi beda halnya dengan mark, dimana ketika seorang programmer patah hati dan anti sosial kelewat jenius, persahabatan hanya sebatas hubungan verbal saja, jerih payah mark memang luar biasa, tapi tanpa bantuan dana 19000 dollar dari saverin, facebook tidak ada apa apanya, apalagi setelah pemotongan saham yang keterlaluan pada jatah saverin dan menilai andil sean parker tidak sebanding dengan saverin, disitulah persahabatan mulai terkoyak, belum lagi tuntutan dari winklevoss dimana mark telah mencuri ide mereka. lengkap sudah collateral damage yang mark lakukan, mark menganggap ide itu adalah sesuatu yang sederhana, coba bayangkan dia menganalogikannya dengan bagaimana jika ada pembuat kursi mengajaknya bekerja sama tapi dia lebih memilih membuat kursi yang lebih bagus, gila bukan, padahal ide tersebut seperti: bagaimana kalau bahan untuk membuat kursi adalah ini dan itu, dan mark tahu hal tersebut lalu memolesnya dengan lebih baik, hahaha, ironi inilah yang disajikan oleh david fincher di the social network.

    walau bukan yang terbaik, film biografi pendiri facebook dari david fincher ini lumayan untuk ditonton, tapi jangan salah, film ini full drama dan perbincangan sana sini dengan alur maju mundur, jadi bagi anda yang lemot, anda harus fokus total, karena terjadi pada teman saya yang lumayan bingung di pertengahan film, hehe, yap, akting eisenberg memang sangat bagus disini, bagaikan kutu buku yang benar benar tidak peduli dan seenaknya apalagi ditambah dengan omongannya yang melulu soal bahasa pemrograman yang dijamin akan bikin anda puyeng karena eisenberg bicara layaknya eminem yang sedang nge-rap. andrew garfield pun tampil meyakinkan sebagai sidekick mark yang nantinya menjadi villain di akhir cerita, hehe, bagaimana tidak, kebijakan kebijakan mark yang hanya didasarkan pada insting sean parker bisa membuat saverin darah tinggi dan itu ditunjukan dengan sangat meyakinkan oleh garfield, sementara teman sekamar mark sendiri dustin moskovitz tidak terlalu dibahas di film ini. saya juga agak bingung dengan keterlibatan sean parker yang nampaknya krusial sekali di film ini, jujur saya tidak pernah baca soal masalah sean parker dan mark zuckerberg ini, tapi kalau memang benar adanya seperti itu, yap keterlaluan juga, ibaratnya teman makan teman, walau anda kenal teman baru yang lebih berpengaruh, apa anda akan melupakan teman lama anda yang dari dulu selalu bersama anda? ibaratnya seperti itulah.

    well, bicara panjang lebar tidak akan membantu anda untuk mengerti keseluruhan film ini, langsung saja tonton film ini dan ingat, fokus dan serius karena film ini penuh dengan hujan dialog dari awal hingga akhir, banyak yang berpikir film ini akan masuk oscar tahun depan, well bisa jadi, tapi dari pandangan saya sendiri, untuk menang oscar? nampaknya sulit, walaupun begitu, kapan lagi kita bisa nonton asal mula facebook yang begitu booming sekarang, walau bukan yang terbaik dari david fincher, the social network tetap bisa menjadi pilihan anda yang suka akan film film “pintar” ketimbang film film aksi semata, dan tidak lupa, dengan alunan score musik dari trent reznor dan atticus ross jugalah yang membuat saya betah menonton film ini, jika tidak jujur saya akan menganggap film ini biasa biasa saja, hehe, ingat, greed is not good at all, and friendship is above everything Smile enjoy the social network guys! Open-mouthed smile

    2 thoughts on “The Social Network

      1. hahaha, teu ngefek dal spoilerna oge, da ieu film ngan nyaritakeun awal mula sampai konflik yg terjadi di facebook, jadi kalem weh, masih tetep bisa dinikmati kok, hehe😀

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s