Fransoa, New Star From Youtube?

Aksi Panggung Fransoa yang Nyentrik
Aksi Panggung Fransoa yang Nyentrik

ADA-ADA saja memang caranya buat terkenal, apalagi di indonesia, surga bagi popularitas yang tak ada hentinya. mungkin anda masih ingat dengan kehebohan duet shinta jojo di situs youtube dan sampai menjadi trending topic di twitter, yap, shinta jojo yang hanya iseng belaka saja dalam menyanyikan ulang lagu keong racun dengan lip-sync bisa jadi artis di indonesia. kemunculan video itu memberi banyak pro dan kontra, apalagi banyak yang bilang mereka tidak kreatif, lah, orang mereka niatnya cuman iseng bukan jadi artis, yap, lupakan kisah mereka dulu sejenak

Lalu sekarang, apa itu fenomena fransoa? ah dia bukan fenomena, tapi saya tuliskan judul tersebut bahwa dia fenomena di mata saya, seorang bule yang berkewarganegaraan perancis yang membuat lagu dalam bahasa indonesia dan sudah merilis videoklipnya di situs youtube, sama halnya dengan shinta jojo yang hanya iseng, fransoa, sama sekali tidak iseng, yap, bisa dibilang single perdananya yang berjudul “kalau saya kaya” ini lumayan banyak dibahas di komunitas forum terbesar di indonesia. mungkin anda ingat, dari forum tersebut jugalah shinta dan jojo menjadi booming, dan apakah hal ini akan terjadi pada fransoa?

Duo Shinta Jojo yang Heboh Kemarinan Ini
Duo Shinta Jojo yang Heboh Kemarinan Ini

Yap, jujur semalam kemarin ketika saya sedang suntuk, tiba tiba saya disuguhkan dengan sebuah ulasan yang isinya mengajak untuk menonton video bule nyanyi indonesia, ketika saya buka, dari menit awal, saya tertawa sendiri tidak jelas, “loh ini siapa?” dalam hati saya, liriknya sangat sederhana tapi catchy untuk didengar, apalagi dengan nuansa musik jadul disco tahun 60-70-an, yap namanya fransoa, dan dia menyanyikan lagu full berbahasa indonesia dengan susah payah walau tidak begitu fasih tapi berhasil membuat saya terhibur di malam yang suntuk tersebut.

Ini bukanlah suatu promosi apalagi gembar gembor biar si fransoa terkenal, toh saya tidak dibayar apa apa, bahkan dari beberapa teman saya yang sudah saya sarankan menonton videonya mereka bilang lucu, hanya satu orang yang merasa aneh dengan aksen bahasa yang kocaknya, hehe. nah saya disini hanya membagikan suatu hiburan bagi anda yang benar benar mencari sesuatu yang lebih “kreatif” dari sekedar lip-sync, nah fransoa bisa menjadi jawabannya. video ini di youtube belum ditonton sampai 5 juta pengunjung layaknya shinta jojo, tapi menurut saya fransoa patut mendapat apresiasi yang layak karena telah membuktikan kecintaanya pada budaya indonesia hingga dia ingin membuat lagu berbahasa indonesia sekalipun dia adalah warga negara perancis.

Jangan salah juga, lagu “kalau saya kaya” ini bukan satu satunya lagu yang dimiliki fransoa, masih ada beberapa lagu yang akan dia keluarkan sedikit demi sedikit nantinya dalam bahasa indonesia juga, hal tersebut dimuat di SITUS-nya sendiri. lalu siapakah sebenarnya fransoa? ini biografi singkat tentang dirinya yang saya kutip dari situs pribadinya.

Fransoa, berkewarganegaraan Perancis, tinggal di antara Indonesia (Bali dan Jakarta) sebagian besar waktunya dalam setahun dan Perancis (Paris).

Menikah, ayah dari 2 anak dengan Carolina istrinya, Fransoa mencintai Indonesia dan penduduknya, mereka inilah yang membukakannya kesempatan untuk menemukan motivasi dan inspirasi dalam merealisasikan talenta musikalnya.

Dia menggeluti dunia musik sejak usia dini tetapi hanya sebagai kegemaran dan bukan profesi. Dia memilih dunia perhiasan dan aksesoris sebagai pekerjaan yang sebenarnya, dia berkolaborasi dengan sangat dekat bersama merk perhiasan KMO JEWEL dan aksesoris SOPHIE PARIS.

Karena gemar Karaoke, pada suatu malam di Jakarta mereka akhirnya memutuskan bersama Carolina dan temannya Bruno (Boss dari SOPHIE PARIS) untuk menulis lagu-lagu bernuansa melodi tahun 60-an, khususnya seperti yang dinyanyikan oleh “Cloclo”Claude Francois, seorang penyanyi populer Perancis yang sangat digemari Fransoa sejak kecil.

Fransoa telah mempunyai 4 lagu dalam repertoarnya yang akan dikeluarkannya sedikit demi sedikit, album solonya akan segera dijual dari situs web-nya http://www.fransoa.asia dengan bonus! Album pertamanya akan segera beredar dan Klip musiknya akan diedarkan bulan September 2011 (Klipnya akan berada di puncak tangga atas kalau berhasil dengan baik….)

Yap, dibalik gonjang ganjing para petinggi negara kita yang malah saling menyalahkan ataupun meremehkan bencana bencana besar di indonesia yang terjadi belakangan ini, ada baiknya anda santai dulu dengan menonton video dari fransoa ini, at least, ada yang lebih mencintai dan menghargai negara kita jauh daripada orang orang “penting” tersebut, dan ironisnya orang tersebut bukan WNI, yap, apapun itu, saya salut dengan fransoa, pusing memikirkan pejabat? mending kita berkhayal dulu “kalau saya kaya” aduhh aduhh, hahaha.

Salah Satu Cuplikan dari Video Perdananya, Dilengkapi Subtitle Inggris Juga Lho! (Walau Ada yang Salah Sedikit, hehe)
Salah Satu Cuplikan dari Video Perdananya, Dilengkapi Subtitle Inggris Juga Lho! (Walau Ada yang Salah Sedikit, hehe)
D
Anda Mungkin Familiar dengan Lokasi Diatas😀

NB: Semua gambar diatas adalah hasil capture saya sendiri kecuali shinta jojo yang saya ambil dari FB mereka. by the way fransoa akan muncul di televisi nasional kita nanti minggu pertama november di acara talk show yang pasti anda tahu, bagi anda yang penasaran dengannya bisa pemanasan dulu dengan video perdananya yang mengambil tempat syuting di bali dan para pribumi yang kocak kocak yang turut serta membantu pembuatan videoklip “kalau saya kaya”, malas ke youtube? nih saya tampilkan disini, enjoy!😀

LIRIKNYA:

Klo saya kayaa…
aduh.. 3x
mau beli mobil
1 mobil baruuu…
pake roda besarrr…
tempat duduk kulitt…
saya antar bapak.. ibu.. nenek sm adikk
aduh.. senang sekali..

aduh… aduhh.. aduh.. aduh…

tapi pake mobil.. aduh.. 3x
harus bayar bensin,..
aduh,.. bayar trus
takut dirusakin..
takut dihilangin.
saya telp bapak,.ibu., nenek sm adik..
aduh.. pusing sekali..

aduh… aduhhh… aduh.. aduh..

klo saya kaya.. aduh.. 3x
mau beli rumah…
satu rumah besar..
lengkap banyak kamar
banyak TV besar
saya undang bapak, ibu,, nenek sm adik..
aduh… bangga sekali

aduh…. aduh… aduh…

tapi pake rumah,.. aduh 3x.
harus bayar listrik
aduh.. bayar truss..
takut orang maling..
takut dikotorin
suruh pulang bapak,ibu, nenek sm adik..
aduhhh.. pusing sekali..

berarti saya tidakk..
mau kaya lagii…
pulang ke rumah bapak,ibu, nenek sm adik.
aduhh.. tidak mau kaya….
aduh.. 3x
tidak mau kaya…
aduh.. 3x
tidak mau kaya..
aduh.. 3x

One thought on “Fransoa, New Star From Youtube?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s