(Ridley Scott’s) Robin Hood

 

Where He Came From Originally?

SINOPSIS: Oscar® winner Russell Crowe stars as the legendary figure known by generations as “Robin Hood,” whose exploits have endured in popular mythology and ignited the imagination of those who share his spirit of adventure and righteousness. In 13th century England, Robin and his band of marauders confront corruption in a local village and lead an uprising against the crown that will forever alter the balance of world power. And whether thief or hero, one man from humble beginnings will become an eternal symbol of freedom for his people.

telat memang telat saya baru menonton film terakhir dari salah satu sutradara favorit saya ini, tapi tak mengapa, yang penting bisa ditonton toh akhirnya, hehe. ridley scott yang sukses dengan gladiatornya kembali lagi kali ini mengangkat kisah pahlawan yang klasik dan melegenda di daratan britania raya sana, yap, robin hood, si pencuri dari kaum kaya dan memberikannya ke kaum miskin menjadi sorotan utama, tapi bukankah, film robin hood sudah banyak? yeah, maka ridley scott pun mulai mengupas asal usul dari sang pahlawan yang menggunakan panah sebagai senjata andalannya ini. layaknya film batman begins yang menceritakan kenapa bruce wayne memutuskan untuk menjadi seorang batman, maka disini pun diceritakan bagaimana si robin yang bukan hood melainkan masih longstride menjadi seorang outlaw.

tentu saja aktor favorit ridley scott yaitu russell crowe bermain di film ini sebagai peran utama yaitu robin longstride a.k.a robin hood. alkisah robin longstride dahulu adalah seorang tentara divisi panahan di kerajaan inggris yang dipimpin oleh rajanya yang tidak takut mati dan lumayan nekad (entah gila) yaitu king richard the lionheart (huston), ketika mereka sedang menginvasi kerajaan perancis robin turut serta bersama sang raja, tapi naas robin dan kawan kawannya yaitu john a.k.a little john (durand), scott grimes (doyle) dan alan doyle (a’dayle) dihukum sang raja karena mempertanyakan kekejian sang raja dalam membantai setiap musuhnya di medan perang tanpa memandang itu adalah warga sipil atau bukan. yap, dari situlah robin benci kepada sang raja dan berjanji tidak akan menjadi pengikutnya yang setia lagi.

lain tempat lain waktu, tapi masih satu darah, saudara sang raja di inggris yaitu prince john (isaac) sama lalimnya, dia ingin saudaranya mati, sementara dia sendiri mempunyai istri orang perancis yang notabene adalah musuhnya sendiri, well, keinginannya terkabul, sang raja pemberani king richard mati tertusuk panah di medan perang, kabar kematian sang raja langsung diantarkan oleh ksatrianya yang terpercaya yaitu sir robert loxley (hodge) tapi naas juga bagi para ksatria raja yang ingin membawa kabar duka ini, mereka disergap diam diam oleh para pasukan perancis yang sama sama ingin membunuh raja, mereka dipimpin oleh pengkhianat dari inggris yaitu godfrey (strong), dan kebetulan kebetulan pun terus terjadi, dimana robin dkk yang sedang berusaha untuk pulang ke inggris menyaksikan penyergapan tersebut dan mulai membantu para ksatria yang rata rata sudah hampir mati semua, maka dari situlah, robin bertemu loxley yang sekarat dan meminta tolong untuk memberikan pedangnya pada ayahnya di nottingham yang menjadi cikal bakal kehidupan baru robin.

maka robin dkk pulang ke inggris dan menuju nottingham untuk memberikan kabar duka pada ayah loxley yaitu sir walter loxley (sydow) dan istrinya marion (blanchett), konyolnya robin jutru diminta menjadi anaknya sir walter, karena dia sadar tanpa anaknya siapa lagi yang akan mewarisi tanahnya dan menemani istri anaknya, maka dari situlah robin menjadi sir robert loxley. tapi jangan lupa, dilain pihak godfrey sang pengkhianat mulai melakukan invasi kepada kerajaan inggris yang notabene sudah rapuh karena dipimpin oleh raja john sepeninggal kematian saudaranya king richard. maka sebelum menjadi seorang pencuri terkenal di hutan belantara, robin mulai dengan membantu rakyatnya untuk memerangi invasi yang dilakukan perancis.

itu kira kira sepenggal (padahal banyak) kisah dari robin hood versi ridley scott, walau banyak yang mempertanyakan tentang legendanya yang katanya melenceng, seperti robin memang benar anak dari sir walter loxley kok dan sebagainya, entah mana yang benar, tapi untuk sebuah sajian asal muasal robin hood, karya ridley scott ini lumayan asik untuk ditonton, penuh dengan perang barbar jaman dahulu walau minus darah dan kekejaman ala gladiator, selain itu kisah robin longstride ini memberikan banyak kesempatan untuk petualangan yang barunya nanti (jika russell crowe masih mau maen itu juga, hehe) selain itu kita bisa melihat asal usul dari kawan kawan robin yang iconic seperti little john dan sang pendeta friar tuck yang diperankan oleh mark addy disini. dari segi pemain memang russell crowe sepertinya sudah terlalu tua untuk memerankan asal muasal robin hood, hehe, tapi mungkin itu keinginan sang sutradara sendiri entahlah, yang jelas dibalik semua kekurangan dan “keaslian” kisah robin hood sebenarnya, film ini cocok untuk ditonton buat anda yang suka peperangan jaman kerajaan.

overall, melihat komentar yang mayoritas positif atas film ini, saya pun memberikan nilai positif tentunya dibalik “tampak tua” russell crowe sebagai robin longstride, hehe, toh karakter lainnya pun tidak kalah menarik, apalagi sang penjahat godfrey yang diperankan mark strong dengan sangat meyakinkan dan aksi little john yang kocak tapi tidak terlalu banyak juga di film ini, dan marion sang istri pun ternyata suka perang loh, hehe. well, aksi dan aksi jaman medieval, yap, film ini bisa anda nikmati kok, jangan terlalu ribet dengan kisah robin hood yang asli saja asal, nikmati saja kisah robin hood ala ridley scott ini, karena meamng ini versi baru dia, hehe, enjoy the adventure from robin longstride cs.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s