Napoleon (Not Bonaparte) Dynamite

 

The Awkward Life

 

SINOPSIS: From Preston, Idaho comes Napoleon Dynamite (Heder), a new kind of hero complete with a tight red ‘fro, some sweet moon boots, and skills that can’t be topped. Napoleon lives with his Grandma (Martin) and his 30-year-old, unemployed brother Kip (Ruell), who spends his days looking for love in internet chat rooms. When Grandma hits the road on her quad runner, Napoleon and Kip’s meddling Uncle Rico (Gries) comes to town to stay with them and ruin their lives. Napoleon is left to his own devices to impress the chicks at school and help his new best friend Pedro (Ramirez) win the election for Student Body President against the stuck-up Summer Wheatley (Duff); all the while making sure to feed Grandma’s pet llama Tina, and avoiding association with Uncle Rico and the herbal breast enhancers he sells door to door. Napoleon and Pedro put their skills and knowledge of piñatas, cows and drawing to good use, but it is a surprise talent that leads the two to triumph in the end.

napoleon dynamite, nama yang konyol bukan, dan filmnya pun memang terlihat konyol. film berjudul napoleon dynamite ini adalah salah satu film remaja “garing” yang berhasil mengocok perut saya sepanjang film ini berjalan, jujur ini adalah kedua kalinya saya menonton film ini, pertama sudah lama sekali, dan kedua kalinya baru kemarin saja, sengaja saya menontonnya lagi karena kangen akan aksi napoleon yang benar benar tidak penting tapi begitu menarik untuk disimak. film ini juga yang melambungkan nama jon heder di kancah dunia perfilman layar lebar, apalagi bagian komedi remaja, yap, jon heder berakting sangat meyakinkan dalam memerankan karakternya yang “super ignorant-loser-and-half-retarted-in-a way” ini. rambut keriting, berkacamata tebal, mata seperti tidak pernah melek jika berbicara, gosh! what a retard! hehe.

napoleon (heder) adalah remaja yang terbilang aneh dan mempunyai pola pikirnya sendiri, tinggal bersama neneknya (martin) dan saudaranya kip (ruell) yang sudah berumur 32 tahun tapi masih belum bekerja dan menikah, masih belum cukup juga? masih ada pamannya juga yang sok jagoan dan masih hidup di “masa lalu” yaitu uncle rico (gries), belum cukup penderitaannya di rumah, napoleon harus menghadapi para teman temannya yang jail di sekolah, tapi tak berapa lama datang murid baru dari meksiko bernama pedro (ramirez) yang bisa dibilang 11-12 dengan napoleon dynamite, dan bisa ditebak, mereka menjadi kawan seperjuangan yang tidak ada matinya, sementara yang menjadi love interest dari napoleon sendiri adalah gadis remaja teman sekolahnya deb (majorino) dan yang menjadi non-love interestnya pedro adalah gadis paling populer di sekolah yaitu summer (duff). bisa dilihat bukan, dari karakter karakter yang ada di film ini yang super minimalis tapi mampu menyuguhkan 90 menit film yang lumayan mengasyikan.

sepak terjang napoleon yang paling besar di film ini adalah membantu pedro menang kampanye sebagai pemilihan presiden di sekolahnya (kalau di kita ketua OSIS) yap, perjuangan yang terbilang gak penting penting amat menjadi sajian konyol dan krusial di mata napoleon dan pedro, apalagi musuh pedro dalam pemilu tersebut adalah summer, gadis terpopuler di sekolahnya yang cantik jelita, tentu saja kampanye “vote for pedro” adalah klimaks dari cerita di film ini, selain itu masalah masalah diseputar kehidupan napoleon juga disajikan dengan ringan dan menggelitik, dari rencana bisnis uncle rico sebagai sales mangkok dan obat pembesar payudara yang gagal hingga kedatangan pacar kip yang ternyata hasil dari chat online selama berjam jam, yep, kisah napoleon dynamite dan keluarganya memang terlihat standar, tapi anda harus menontonnya, karena entah bagaimana film ini benar benar menyajikan komedi yang sangat tidak biasa, istilahnya bisa membuat saya tertawa bukan lewat lawakan dan lain lainnya, tapi entah kenapa melihat tindak tanduk napoleon dan pedro, dunia serasa tertawa bersama mereka.

rilis tahun 2004 dan sebagian besar syuting di tempat yang terbilang eksotis di idaho amerika, napoleon dynamite menjadi komedi remaja cult yang terbilang cukup sukses, jangan lupakan ending film ini yang ditutup dengan tarian napoleon dynamite yang melegenda sambil diiringi lagu canned heat dari jamiroquai, well, semua itu memang momen momen yang tidak akan terlupakan dari film ini, apalagi rumornya film ini akan dibuat versi animasinya, untuk melanjutkan petualangan napoleon dynamite dan teman temannya, dengan kata lain film ini memang mempunyai banyak penggemar, dan banyak yang kangen dengan kehadiran napoleon di layar kaca sehingga ingin dibuatkan versi animasinya, dan karena kangen itu juga saya menontonnya lagi kemarin, well, napoleon dan jon heder memang sosok yang tak bisa dipisahkan nampaknya. akhir kata, mau bicara apa lagi, tonton sajalah filmnya jika anda belum pernah menontonnya apalagi mendengar namanya, dan setelah menonton film ini jangan lupa ya, vote for pedro! hehe, enjoy guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s