No One Knows About Persian Cats (Sound of Tehran!)

The Sound From Tehran This Time!

Synopsis: Recently released from prison, two young musicians decide to form a band. Together they search the underworld of contemporary Tehran for other players. Forbidden by the authorities to play in Iran, they plan to escape from their clandestine existence, and dream of performing in Europe. But with no money and no passports, it won’t be easy… –© IFC

Rated: Unrated

Running Time: 1 hr. 46 min.

In Theaters: Apr 16, 2010 Wide

Studio:IFC Films

Directed By: Bahman Ghobadi

Written By: Bahman Ghobadi, Hossein Mortezaeiyan

Cast

no one knows about persian cats? do you know them? mungkin anda juga bingung, ini maksudnya nanyain binatang kucing atau gimana? hehe, bukan saudara saudara sekalian, itu adalah judul dari film yang baru saja saya tonton, dan filmnya menarik sekali, wajib nonton bagi anda pecinta musik, yap, no one knows about persian cats (NOKAPC) menceritakan scene musik indie yang susah berkembang di negara iran, khususnya di tehran, maka sang sutradara bahman ghobadi mencoba mengulas hal tersebut dengan sedemikian rupa dan lumayan unik. film ini sebenarnya bisa dikatakan semi dokumenter, karena semua kejadian lokasi dan karakter yang ada di film ini asli alias benar adanya, hanya satu aktor saja yang memainkan peran di film ini.

NOKAPC bercerita tentang sepasang muda mudi bernama ashkan dan negar, mereka berdua adalah penyanyi dan pencipta lagu, mereka ingin membentuk suatu band agar bisa melakukan konser dan tur sungguhan di luar negeri, london adalah cita cita dari negar, yap, dia ingin melakukan konser disana karena di tehran sendiri susah sekali untuk mendapat ijin dari pemerintah soal konser musik, apalagi mereka beraliran indie rock, entah siapa yang suka, tapi dengan bantuan seorang tukang CD dan DVD yang eksentrik yaitu nader (behdad) mereka bertiga mulai mengeksplorasi tehran guna mencari para musisi musisi jenius yang sebenarnya banyak hanya saja tersembunyi, beberapa band mereka sambangi demi minta bantuan ke personil personilnya untuk membantu band ashkan dan negar, alhasil banyak pengalaman unik dalam pencarian para musisi musisi jenius tehran ini.

pencarian negar dan ashkan disajikan dengan fakta fakta yang terjadi tentang dunia musik underground di tehran, beberapa band disana tidak mempunyai tempat untuk latihan, bahkan ada satu band heavy metal yang berlatih di kandang sapi, karena seringnya berlatih disana drummernya sampai terkena penyakit, kemudian ada satu band rock n roll dimana mereka baru mulai berlatih jika tetangga mereka sudah pergi, karena kejadian kejadian sebelumnya jika tetangga mereka mendengar musik yang dimainkan, maka polisi langsung ditelepon untuk menangkap mereka karena mengganggu kenyamanan sekitar! gila bukan, hehe.

negar dan ashkan menemukan banyak sekali cerita cerita dibalik musisi musisi yang mereka temui, hampir semuanya berpikiran sama, musik mereka tidak akan maju di tehran, karena jarang sekali yang suka dan keterbatasan fasilitas, beda halnya dengan indonesia negara kita yang sangat berlimpah ruah musisi indienya bukan? hehe, oleh karena itu negar dan ashkan berusaha agar musik mereka didengar dan berencana untuk pergi ke luar negeri agar musik mereka lebih didengar. selain itu, beberapa konflik pun banyak terjadi dimana negar dan ashkan menemui rintangan untuk membuat paspor dan visa, bahkan nader yang mengurus masalah tersebut banyak menemui rintangan rintangan tersendiri untuk memperjuangkan musik karya negar dan ashkan. overall, film NOKAPC ini benar benar menyuguhkan sisi lain dari dunia permusikan iran, khususnya tehran, jika pada kesempatan lalu saya sempat mengulas karya fatih akin yang mengeksplorasi musik di istanbul turki, maka sekarang giliran musik dari tehran iran ini harus jadi pilihan tontonan anda para pecinta musik, dijamin tidak akan mengecewakan, beragam genre musik ditampilkan disini, dari rock, metal hingga rap, bahkan musik tradisionalnya pun tidak ketinggalan disorot walaupun hanya selewat, well, i think now everybody will know who persian cats really are, hehe, enjoy the music!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s