Following (Nolan Movie Debut)

Who's Following You?

Synopsis: Following is a wickedly clever story of how a young man’s obsession with following people leads him into a dark underworld. Bill, the unlikely hero,… Following is a wickedly clever story of how a young man’s obsession with following people leads him into a dark underworld. Bill, the unlikely hero, is a marginalized but intriguing Everyman who follows strangers at random on the street. When Cobb, a man Bill has been following, catches him in the act, Bill is drawn into Cobb’s world of breaking into flats and prying into the personal lives of their victims. In Cobb, Bill finds a strange companion, part mentor, part confessor and part evil twin. With an ingenious structure that involves flashforwards and doubling back, the film tests our knowledge and understanding just as the protagonist is being duped into an elaborate triple-cross. This first feature heralds in Christopher Nolan a promising new talent to the indie film scene.

Rated: R

Running Time: 1 hr. 11 min.

In Theaters: Apr 3, 1999 Wide

Studio:IFC

Directed By: Christopher Nolan

Written By: Christopher Nolan

Cast

following, percaya atau tidak, ini adalah film debut pertama nolan, yap, christopher nolan, yang beberapa bulan kebelakang telah menggemparkan alam mimpi kita dengan karyanya yang fenomenal yaitu inception. lalu seperti apakah karya debut nolan ini dimata saya? saya akan jawab dengan tanpa basa basi, lebih fenomenal dari inception! yap, setelah akhirnya berkesempatan menonton film ini, saya benar benar salut dengan nolan, film debut tapi sudah dibalut dengan sedemikian rumit dan benar benar film yang tak bisa ditonton dengan leha leha, yap, anda harus fokus dan konsentrasi tinggi untuk menonton following ini, layaknya film film nolan yang lain, tidak ada kata mudah dalam mengikuti rangkaian rangkaian cerita dari karya sang pembangkit manusia kelelawar ini.

following disajikan dengan nuansa black & white, jalanan kota london, dua karakter utama, dan budget kurang lebih 6000 dollar dari yang saya baca (imdb.com), tapi yang perlu anda ketahui, dengan konsep minimalis seperti itu, nolan menyuguhkan film dengan cerita yang kalau kata orang “mind-blowing!” lebih dari inception bahkan kalau boleh saya berpendapat. following dimulai dengan tindak tanduk seorang pria yang berprofesi sebagai penulis amatir, dia bernama bill (theobald), kegiatan dia adalah mengikuti seseorang secara acak, atau kasarnya membuntuti, yap, bill hanya mengikuti seseorang, setelah itu dia pulang dan keesokannya mengikuti orang lain yang berbeda. hingga suatu hari dia mengikuti seorang pria yang selalu menenteng tas dan berpakaian rapih, pria tersebut bernama cobb (haw) dan ternyata cobb sadar bahwa dirinya sedang diikuti, maka dia langsung mengkonfrontir bill yang mengikutinya, dari situ justru cobb malah menunjukan profesi “asli”nya pada bill, yap, cobb adalah orang yang suka masuk ke rumah atau apartemen orang orang secara paksa, istilah bulenya breaking & entering. tentu saja rumah maupun apartemen yang dimasuki cobb selalu kosong karena sedang ditinggal penghuninya, selain itu cobb pun kadang mengambil barang barang pribadi di rumah yang dia masuki, atau hanya sekedar mengacaukannya saja tanpa mengambil apapun.

bill lama lama mengikuti kegiatan cobb secara langsung, cobb mengajarkan bill bagaimana caranya masuk secara paksa ke rumah orang tanpa meninggalkan jejak sekalipun, yap, lama lama bill menjadi seperti cobb, mengintai suatu tempat, kemudian jika penghuninya pergi maka dia langsung masuk ke tempat tersebut. hingga suatu saat cobb dan bill mempunyai sasaran baru, rumah seorang wanita cantik, mereka masuk seperti biasa kemudian mengeksplorasi seisi rumah, bahkan cobb menyarankan bill untuk mengambil celana dalam wanita tersebut, dan setelah kejadian tersebut, diam diam bill malah terobsesi dengan wanita yang rumahnya dirampok oleh mereka berdua, maka dengan nekad bill mendekati wanita tersebut karena yakin bahwa wanita tersebut tidak akan mungkin tahu bahwa dirinya pernah merampok rumahnya. tampak baik baik saja, tapi ternyata ada sesuatu yang disembunyikan oleh wanita tersebut, sesuatu yang tidak bill ketahui sama sekali.

berawal dari mengikuti orang tapi berakhir dengan bencana, mungkin itulah yang ingin disampaikan oleh nolan di film ini, following walau hanya berdurasi satu jam lebih 10 menit, tapi memberikan kesan thriller yang benar benar luar biasa, misteri tentang pekerjaan cobb yang lumayan nyentrik pun benar benar belum seberapa, sinopsis yang saya berikan diatas terlihat seperti keseluruhan cerita film ini bukan? tapi jangan salah, itu belum apa apa, dibalik itu semua masih ada misteri yang dijamin akan membuat anda melongo di akhir film sama seperti yang terjadi pada saya sendiri ketika habis menyaksikan film ini hingga detik terakhir, otak tiba tiba “hang” mulut terbuka lebar sambil mengucapkan sumpah serapah gila gilaan, memang terdengar lebay, tapi jika anda penggemar film berplot rumit, dijamin anda tidak akan menebak dengan mudah jalan cerita film ini, apalagi endingnya, oleh karena itu saya melongo habis habisan di akhir film ini.

dengan tipikal nolan, plot maju mundur dan twist berlapis lapis di penghujung film, ini benar benar film debut yang luar biasa, ide yang orisinil dan cerita yang solid dan tidak lupa teknik editing yang mengingatkan pada memento dan tentu saja nama karakternya yang sangat familiar, yap, cobb, seperti cobb dalam inception, jika anda kenal dengan karakter cobb di inception, dijamin anda akan bisa menebak apa sebenarnya yang cobb lakukan di following ini (secara garis besarnya) saya tidak bisa bercerita lebih banyak lagi, karena otak saya masih terkesima dengan jalan ceritanya, sangat sangat twist! bagi anda penggemar berat nolan, film debutnya ini harus wajib anda tonton! enjoy the heist and the mystery!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s