A Thousand Suns (New Sound from Linkin Park)

"New" Metal from Mike Cs

yap, “new” metal, dulu linkin park adalah rajanya nu metal setelah limp bizkit dan lain lainnya, padu padan rap dan scream dari duo vokalisnya sukses menggebrak dunia, aliran musik yang sangat digemari pada masanya waktu itu, seiring waktu berjalan, linkin park tiada hentinya menelurkan lagu lagu berkualitas tapi dengan penuh inovasi tentunya. dari hybrid theory hingga meteora, chester dkk menampilkan performa musik nu metal yang dibilang gahar, distorsi dimana mana, lengkingan teriakan chester yang menggema hampir di seluruh track lagu album albumnya. sekian lama vakum dan lebih suka bekolaborasi dengan jay-z dan proyekan iseng mike shinoda dengan fort minor-nya, linkin park kembali lagi dengan album minutes to midnight, album yang bisa dibilang mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dari dua album sebelumnya, gampangnya saya katakan album minutes to midnight adalah album alternative rocknya linkin park, banyak bermain harmoni walaupun nuansa nu metal masih kental di beberapa lagu layaknya bleed it out, tapi overall chester dkk sukses meracik lagu lagu rock easy listening yang menyejukkan telinga.

The Sound that Never Dies

september tahun ini mereka kembali lagi setelah sekian lama hilang, walaupun tidak benar benar hilang, karena linkin park termasuk rajin merilis single, seperti single terakhir mereka untuk korban gempa haiti yang berjudul not alone, lagi lagi mereka menelurkan single single easy listening yang nyaman didengar, walau saya yakin mungkin sebagian fansnya rindu akan teriakan chester yang dihujani lirik lirik rap mike shinoda, yap, itu dulu, sekarang semua berbeda, album baru mereka yang berjudul a thousand suns lagi lagi membuat saya berdecak kagum, dari 15 track yang disajikan, mungkin hanya 9 track lagu yang benar benar lagu seutuhnya, dan itupun tidak semua berbau nu metal seperti yang saya ulas sebelumnya, bahkan single pertama yang mereka keluarkan yaitu the catalyst pun sangat kental sekali irama techno dan permainan turn table mr. hahn yang mendominasi sepanjang lagu.

So What's New Here?

apa hanya the catalyst yang bernada seperti itu, setelah saya dengarkan hampir keseluruhan isi albumnya, linkin park kali ini benar benar mencoba sesuatu yang baru, tidak ada lagi distorsi distorsi gitar brad yang bising, ketukan drum rob yang kencang dan menggebu gebu, semua lagu disajikan dengan harmonik, bahkan kalau boleh saya katakan, kesan saya pertama setelah mendengar a thousand suns ini seperti mendengarkan proyeknya mike yaitu fort minor tapi dibantu oleh para personil linkin park. yap, rap, techno, melodik, no more nu metal, bahkan track terakhir dari album ini dinyanyikan chester dengan gitar akustiknya, sangat sangat luar biasa.

The New Era has Begun!

itulah linkin park, selalu berubah, selalu bertransformasi, selalu berinovasi, dan untungnya selalu bagus apa apa yang mereka buat, irama dari lagu berjudul waiting for the end di album a thousand suns masih nempel di otak saya, catchy dan enak untuk didengarkan berkali kali, well, apapun itu, itulah hebatnya musisi luar negeri, sebagai contoh linkin park, selalu mengeksplorasi semua unsur musik, tidak ada yang namanya mengikuti trend dan sebagainya, salut buat chester, mike, hahn, brad, rob dan phoenix! keep it real guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s