A Blast from the Past (My Favorite Movie All-Time Part-1)

The first appearance of The Punisher in The Am...
Image via Wikipedia (penampilan pertama punisher di komik spiderman! klasik sekali bukan, hehe)

berbicara soal film dengan seenaknya rasanya kurang lengkap jika saya tidak berbicara mengenai film favorit saya sepanjang masa, tentu saja film tipikal saya, peduli dengan pendapat orang lain yang bilang jika ada film lain yang kualitasnya 100X lipat dari film terbaik saya, bah! ini kan blog saya, hahaha (keegoisan dimulai :p), yang ingin saya tanyakan pada anda yang sering mampir ke blog ini dan betah memperhatikan ocehan saya disini yang entah membicarakan film atau apapun itu adalah, apakah anda tahu film favorit saya adalah film seperti apa? pasti sulit menebaknya bukan? karena di tiap paragraf akhir review film film saya, saya selalu menuliskan “enjoy the movie” dan sebagainya, hahaha, anda pasti berpikir semua film yang saya review disini bagus semua tanpa cela bukan? seperti tidak ada pendirian bukan? bukan seperti itu sebenarnya maksud saya. saya ini adalah tipe orang tidak tegaan, jadi saya tidak berani bilang jika ada satu film jelek saya bilang blak blakan jelek juga, tidak seperti itu, hanya saja saya perhalus, seperti “adegannya klise”, “chemistry-nya tidak ada” (padahal saya juga tidak paham apa itu chemistry), “adegan actionnya kurang”, “drama yang membosankan”, “karakter yang datar datar saja” dan sebagainya. yap, sebenarnya dari ungkapan ungkapan tersebut saya harap anda bisa mencernanya tanpa melukai perasaan orang yang benar benar cinta film tersebut, lalu kan orang selalu bilang “ya terserahlah, kan namanya juga review dan pendapat kita sendiri! bahkan situs www.rottentomatoes.com saja sering memberikan nilai dibawah 50% kepada film film yang orang anggap bagus!” well, saya mungkin beranggapan, biarlah, kalau orang ingin mencari review yang tajam dan akurat akan suatu film silakan main main ke situs tersebut, sementara saya disini berusaha bersikap netral dan banyak berpikir “what if”. yap, bagaimana kalau saya yang jadi sutradaranya dan susah susah buat film tersebut lalu tidak ada apresiasi sama sekali dari penonton maupun kritikus film, hanya ada dua jawaban, yang pertama adalah orang tersebut akan bangkit dan terus belajar dari kesalahan, yang kedua orang tersebut akan cuek saja dan tidak peduli apa kata orang sehingga tidak lama dia menuju kehancuran (loh kok saya jadi banyak berfilsafat gini, haha) pada intinya adalah, jika anda datang ke blog saya, saya jamin saya akan memberikan sedikit pencerahan baik buruknya suatu film, even di film terburuk pun ada sesuatu yang baiknya bukan? hehe, ya intinya, kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda (iklan mode: on).

back to topic, lalu apakah maksud dari judul tulisan saya yang ini, a blast from the past bla bla bla, yap, ini hanyalah ajang show-off diri saya sendiri akan film yang saya kagumi, show off ke siapa? siapapun yang peduli, entahlah, mungkin dari sekitar 4000 views lebih di blog saya ini, saya jamin tidak sampai 1% yang mampir ke blog saya paham akan apa yang saya bicarakan, hahaha, yap biarlah, kan kata saya juga “blog AING kumaha AING” (blog saya, gimana saya dong) even komentar spam lebih banyak 10X lipat dari komentar normal hingga tahun 2012 atau kiamat pun saya akan tetap menulis review saya yang kebanyakan mengenai film di blog ini (selama saya mampu), whatever!

cukup basa basinya (semoga ini basa basi yang terakhir, hehe) lalu apakah film film favorit saya hingga detik ini, mungkin saya akan bahas dari film Vigilante terbaik versi saya, tahu kan Vigilante? itu bahasa inggris (ya iyalah!) maksud saya, Vigilante adalah orang yang menumpas kejahatan dengan cara yang tidak sesuai dengan aturan juga, banyak dibilang sih mirip mirip antihero, apalagi tuh antihero? anda tahu dragon ball? songoku dan kawan kawan, pasti tahu juga kan bezita? nah bezita itu antihero, sementara songoku hero-nya, semoga dengan analogi itu anda akan paham apa itu antihero (padahal susah mendefinisikannya dengan kata kata sendiri ini juga, haha) nah Vigilante ini hampi mirip mirip lah, pembela kebenaran dengan cara yang (kadang kadang) salah atau keterlaluan, “ohhh, berarti Jigsaw di film Saw Vigilante dong? dia kan membunuh korban korbannya yang sudah jadi sampah masyarakat?” errr, itu juga bukan, it’s called pure Psycho! intinya Vigilante lebih logis dari Psycho dan lebih keren dari Psycho, hehe, analogi bodoh bukan? peduli amat.

mari kita mulai sekarang (serius ini mau dibahas asli) saya punya 5 film Vigilante yang menurut saya lumayan mantap dan tidak bosan untuk ditonton berulang ulang, apakah film film tersebut, dimulai dari yang paling bontot, yaitu film Punisher, bukan film Punisher-nya Dolph Lundgren, tapi film Punisher-nya Thomas Jane dan Ray Stevenson, haha, yap, banyak orang bilang filmnya konyol dan sangat B-Movie banget, but whatever! itulah mengapa saya suka film Punisher, yang pertama maupun yang Punisher: War Zone, kekerasan dan unsur balas dendam tentunya! haha, storyline sangat standar bukan? tapi entah kenapa, bagaikan guilty pleasure, ditonton berulang ulang pun saya tidak akan bosan sama sekali, sangat mengasyikan menghabiskan waktu dengan menonton film Punisher ini, well, mungkin ini gambarannya bagi anda yang ingin tahu Punisher yang manakah yang saya bicarakan?

film punisher yang paling asyik, walaupun thomas jane tidak sesangar ray stevenson

Runtime: 2 hr. 4 min.

Genre: Action & Adventure, Drama

Synopsis: After his wife and family are killed, G-Man Frank Castle takes it upon himself to distribute punishment to those responsible for the vendetta. After his wife and family are killed, G-Man Frank Castle takes it upon himself to distribute punishment to those responsible for the vendetta.

Starring: Thomas Jane, John Travolta, Will Patton, Roy Scheider

Director: Jonathan Hensleigh
Screenwriter: Jonathan Hensleigh
Producer: Avi Arad , Gale Anne Hurd
Studio: Lions Gate Films

yap, film Punisher pertama ini mungkin bisa dibilang film action yang cuman numpang lewat saja, hehe, tapi film yang diadaptasi dari komik Marvel ini benar benar meninggalkan sesuatu yang berbekas di hati saya, hehe lebay! adegan keluarga dari Frank Castle (Thomas Jane) yang dibantai membabi buta oleh anak buah sang bos penjahat besar yaitu Howard Saint (John Travolta) begitu keji! lalu dilabraklah Howard Saint oleh Frank Castle di akhir film, dengan bersenjatakan senjata senjata siap tempur, seluruh pasukan Howard Saint dibantai kembali oleh Frank Castle yang berseragamkan kaos bergambar kepala tengkorak tersebut!

film keduanya yang lebih sadis, saking sadisnya, bisa dibilang hampir seisi film ini mengeksploitasi darah dan potongan tubuh manusia

Runtime: 1 hr. 47 min.

Genre: Action & Adventure, Mystery & Suspense, Drama

Synopsis: Waging his one-man war on the world of organized crime, ruthless vigilante-hero Frank Castle sets his sights on overeager mob boss Billy Russoti. After Russoti is left horribly disfigured by Castle, he sets out for vengeance under his new alias: Jigsaw. With the “Punisher Task Force” hot on his trail and the FBI unable to take Jigsaw in, Frank must stand up to the formidable army that Jigsaw has recruited before more of his evil deeds go unpunished.

Starring: Ray Stevenson, Dominic West, Julie Benz, Doug Hutchison

Director: Lexi Alexander
Screenwriter: Matthew Holloway , Art Marcum , Nick Santora , Kurt Sutter , Lexi Alexander
Producer: Gale Anne Hurd , Ari Arad , Kevin Feige , Ogden Gavanski , Oliver Hengst
Studio: Lionsgate

merasa Punisher yang pertama kurang asyik, maka dirilislah Punisher: War Zone ini, lucunya justru film ini tidak begitu booming karena faktor kesadisan di filmnya yang terlampau tinggi, plus diisi penjahat super sinting seperti Jigsaw (Dominic West) dan saudaranya Loony Bin Jim (Doug Hutchison), maka Frank Castle yang diperankan dengan sangat garang oleh Ray Stevenson harus menghadapi dua makhluk biadab ini. sepanjang film, apalagi 10 menit pertama kita langsung disajikan potongan kepala yang digorok oleh pisau perang-nya Frank Castle, dijamin hingga akhir film ini menyuguhkan aksi “Vigilante” sesungguhnya, tanpa unsur diperhalus, disajikan apa adanya, apalagi ditambah dengan alunan musik musik latar yang bervariasi dari techno hingga metal, menambah film kedua ini makin gila! B-Movie? betul, tapi ini B-Movie yang berkualitas menurut saya, hahaha.

yap, itulah film film Punisher yang saya sukai, sekaligus menempati posisi kelima di daftar film Vigilante terbaik saya, tentunya minus film Punisher-nya om Dolph Lundgren yang belakangan ini baru bermain bersama aktor laga kawakan lainnya di film mega bintangnya Sylvester Stallone yaitu The Expendables (hiks, saya belum menontonnya, diusahakan secepat mungkin deh). padahal banyak yang bilang film Punisher-nya Dolph Lundgren jauh lebih baik dari dua film baru diatas tadi, hahaha, saking kurang memuaskannya kali ya dua film Punisher diatas, tapi tak apalah, yang jelas dua film Punisher tersebut lumayan untuk dijadikan koleksi anda kalau anda suka dengan film film one man show dan penuh darah plus tema klasik balas dendam.

nah ini dia para pemeran punisher dari masa ke masa, dimulai dari yang paling kiri hingga kanan: dolph lundgren, thomas jane dan ray stevenson, siapakah yang paling berotot?!
itulah sekelumit cerita dari urutan kelima film Vigilante terbaik saya, jika saya mood dan mau meneruskan tulisan ini, insya allah bakal dibahas urutan keempat hingga urutan pertama yaitu juaranya, apakah film Vigilante terbaik tersebut? hanya saya yang tahu (ya iyalah!) dan yang maha esa tentunya, hehe, well, sampai jumpa di lain waktu dan selamat berpuasa bagi anda yang menjalankannya, jangan lupa pantengin terus blog sederhana saya ini untuk review film film alakadarnya, hehe, enjoy your bloody monday!

One thought on “A Blast from the Past (My Favorite Movie All-Time Part-1)

Leave a Reply

