The “Kung-Fu” Kid?

The Reign of Will Smith, Jaden!

SINOPSIS: In Columbia Pictures’ The Karate Kid, 12-year-old Dre Parker (Jaden Smith) could’ve been the most popular kid in Detroit, but his mother’s (Taraji P. Henson) latest career move has landed him in China. Dre immediately falls for his classmate Mei Ying – and the feeling is mutual – but cultural differences make such a friendship impossible. Even worse, Dre’s feelings make an enemy of the class bully, Cheng. In the land of kung fu, Dre knows only a little karate, and Cheng puts the karate kid on the floor with ease. With no friends in a strange land, Dre has nowhere to turn but maintenance man Mr. Han (Jackie Chan), who is secretly a master of kung fu. As Han teaches Dre that kung fu is not about punches and parries, but maturity and calm, Dre realizes that facing down the bullies will be the fight of his life

betul sekali, the kungfu kid, bukan the karate kid, nampaknya sekarang saya mengerti keluhan teman teman saya yang sudah menonton film ini duluan, kenapa judulnya harus karate kid? hehe, yap itulah remake, bisa mirip, bisa beda jauh, tergantung selera, tapi the karate kid ini terbaru ini nampaknya mengambil jalur ekstrim, dengan memberikan latar belakang beladiri yang terkenal di daratan cina, yaitu kungfu! tentu jackie chan menjadi pilihan utama untuk menjadi sang mentor dari jaden smith, selain umur yang memang sudah terbilang tua, jackie chan memang sudah cocok menjadi seorang guru bela diri daripada menjadi seorang petarung terus, hehe.

film yang diremake dari versi jadulnya dengan judul yang sama ini memberikan nuansa modern yang berbeda, apalagi dengan jaden smith sebagai pemeran si bocah ajaib, ajaib karena dengan umur yang masih belasan tahun dia sudah diproyeksikan sebagai pengganti ayahnya sendiri yaitu will smith, berperan menjadi siapapun dilahapnya! bahkan di akhir film ini lagunya yang dinyanyikan bersama justin bieber pun nongol! never say never! akting dan menyanyi? yap, nampaknya buah memang tidak pernah jatuh jauh dari pohonnya, well back to the topic, jadi film the karate kid mengisahkan petualangan seorang bocah bernama dre (smith) bersama ibunya sherry (henson) yang pindah ke cina dari detroit amerika, latar belakang kepindahan mereka tidak begitu dijelaskan, so langsung maju jauh kedepan, setibanya di cina dre langsung mendapatkan kawan dan musuh secara bersamaan, tertarik pada seorang gadis seumurannya bernama meiying (han), dre diganggu cheng (wang), seorang bocah yang jago bertarung! otomatis dre babak belur. selepas kejadian itu dre selalu diliputi rasa takut, karena ternyata dia satu sekolah dengan cheng, tapi tentunya dengan meiying juga! berita baik dan buruk selalu datang bersamaan nampaknya, hehe, lalu hari hari dilaluinya dengan selalu menghindar dari cheng karena ketakutan, hingga tiba saatnya dre harus menghadapi cheng dan gerombolannya.

pasti anda sekarang bisa menebak, disinilah kedatangan sang guru beladiri yang sangat hebat, betul, ketika dre hampir babak belur untuk kedua kalinya, datanglah mr.han (chan) yang tidak lain adalah tukang servis di apartemen yang ditinggali dre dan ibunya, well, ternyata selain tukang servis, mr.han jago beladiri, dan bisa ditebak, walaupun tidak mengeluarkan kekuatan penuh, cheng dan gerombolannya tak berkutik, selepas menolong dre, dre tidak puas karena pasti besok besok cheng akan mengganggunya lagi, maka dre minta bantuan mr.han untuk mendatangi cheng, ternyata eh ternyata, cheng sedang berlatih beladiri di suatu perguruan beladiri, perguruan yang dipimpin oleh guru cheng yaitu master li (yu)! dan bisa ditebak lagi, daripada terjadi pertarungan sengit antara mr.han yang sudah tua dengan master li yang selalu mengajarkan tidak ada ampun untuk musuhnya kepada semua muridnya, maka mereka membuat perjanjian, bahwa cheng tidak boleh mengganggu dre, dan mereka boleh bertarung satu lawan satu di turnamen beladiri untuk anak anak yang akan berlangsung dalam waktu dekat untuk membuktikan siapa yang paling hebat sekaligus menjadi misi diam diam mr.han untuk menunjukan kepada orang banyak bahwa kungfu sebenarnya bukanlah kungfu yang diajarkan oleh master li kepada murid muridnya. maka latihan yang berat pun dijalani dre tentu saja dibimbing oleh satu satunya guru kungfunya yaitu mr.han.

sisa cerita anda pasti bisa menebaknya, yap, the karate kid terbaru ini mempunyai semua unsur film keluarga, drama, romantisme, komedi, dan tentunya action! pertarungan kungfu disini sangat khas dengan jackie chan, walaupun jackie chan tidak bertarung (bertarung dalam arti sesungguhnya), tapi jaden smith memberikan gantinya yang sepadan, yap, kecil kecil cabe rawit, ternyata doi pun bisa melakukan kungfu dengan apik, benar benar titisan artis! anak dari will smith ini melakukan perannya sebagai dre yang jago kungfu dengan sangat baik, walau saya pada awalnya kurang yakin dengan penampilannya ketika tahu film ini dibintangi oleh jaden smith, tapi ternyata, not bad! okelah untuk sebuah remake, bagaimana dengan jackie chan? jangan ditanya lagi, ketika yang satu kecil kecil cabe rawit, jackie chan tua tua makin menjadi jadi, dengan umur yang terbilang sudah bisa dikatakan “tua” doi tidak kehilangan kharismanya sebagai aktor spesialis film beladiri, dan tidak lupa beberapa sentuhan humor selalu menyelingi film ini sepanjang 2 jam! well, untuk sebuah hiburan dan tontonan keluarga, the karate kid mungkin bisa menjadi pilihan tepat anda, karena jujur, film ini lumayan menghibur saya walaupun ceritanya dari adegan ke adegan pasti sudah tertebak alias sangat klise, tapi hey, itulah hiburan, mau tidak mau, itu pilihan anda, senang syukur, tidak senang ya jangan ditonton, hehe, oke, enjoy the kungfu kid then, ups, the karate kid i mean🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s