After.Life

Is Death The Real Cure?

SINOPSIS: After a horrific car accident, Anna (Christina Ricci) wakes up to find the local funeral director Eliot Deacon (Liam Neeson) preparing her body for her funeral. Confused, terrified and feeling still very much alive, Anna doesn’t believe she’s dead, despite the funeral director’s reassurances that she is merely in transition to the afterlife. Eliot convinces her he has the ability to communicate with the dead and is the only one who can help her. Trapped inside the funeral home, with nobody to turn to except Eliot, Anna is forced to face her deepest fears and accept her own death. But Anna’s grief-stricken boyfriend Paul (Justin Long) still can’t shake the nagging suspicion that Eliot isn’t what he appears to be. As the funeral nears, Paul gets closer to unlocking the disturbing truth, but it could be too late; Anna may have already begun to cross over the other side.

banyak sekali film yang bisa diinterpretasikan berbeda beda oleh penontonnya, tapi kadang kadang, interpertasi tersebut bisa didapatkan dengan melihat petunjuk petunjuk yang ada di film tersebut, layaknya film shutter island, dimana teori bahwa daniels gila atau waras pasti akan menjadi perdebatan di akhir film, tapi tetap pada akhirnya kita bisa menyimpulkannya dari petunjuk petunjuk yang sudah ada. nah bicara interpretasi, ada satu film yang tidak begitu booming di tahun ini tapi menimbulkan banyak interpertasi yang bertubi tubi, after life yang dibintangi oleh liam neeson, justin long dan christina ricci ini merupakan film yang paling susah ditarik kesimpulannya, karena petunjuk petunjuknya sendiri setengah tidak terjelaskan, tapi sebelum kesitu mungkin anda ingin tahu film seperti apakah kira kira after life ini?

didukung dengan premis yang cukup membuat penasaran, alkisah seorang wanita anna (ricci) tertimpa musibah, ya dia kecelakaan mobil dengan naas, tidak berapa lama kemudian dia terbangun di suatu ruangan mirip kamar mayat, ternyata itu adalah ruangan bawah tanah di rumah pemakaman, dimana mayat sedang disiapkan untuk dimakamkan, anna bingung dia bangun, bisa bicara dengan normal dan sebagainya layaknya manusia yang masih hidup utuh, tiba tiba ada seorang pria bernama eliot (neeson), yang bertugas menjadi penjaga rumah pemakaman tersebut sekaligus orang yang bertanggung jawab terhadap mayat mayat yang berada disana, anna kaget karena eliot bisa bicara dengannya, dan lebih kagetnya lagi ketika eliot memberi tahu bahwa anna sudah meninggal karena kecelakaan dan yang sedang dialaminya sekarang adalah masa transisi menuju kematian, dan eliot adalah orang yang mempunyai keistimewaan untuk berbicara pada yang sudah mati! anna makin bingung, karena dia merasa tidak seperti orang mati, dia merasakan yang terjadi di sekelilingnya seperti orang biasa, tapi eliot terus meyakinkan bahwa anna belum siap menghadapi kematiannya. di lain tempat, paul (long) pacar anna berserikeras untuk melihat mayat anna dengan mata kepalanya sendiri, tapi dia tidak diijinkan untuk melihatnya oleh eliot, paul mulai curiga, apa yang sebenarnya terjadi di dalam ruangan bawah tanah rumah duka tersebut, dan apakah anna benar benar sudah mati dan eliot benar benar bisa berbicara dengan yang sudah mati? atau itu semua hanya tipuan belaka eliot?

hahaha, anda pasti bingung kan? saya sendiri penasaran ingin menonton film ini waktu itu, tapi mulai pertengahan saya mulai bingung dengan apa yang terjadi pada diri anna dan eliot disini, suasana kelam, gelap, dan horor terus menyelimuti sepanjang film ini berjalan, tapi apakah itu petunjuk bahwa anna memang benar benar sudah mati disini? karena sepanjang film anna bertingkah layaknya orang normal! itulah yang menjadi perdebatan tentang film ini, nampaknya sang sutradara yang baru saya dengar namanya agnieszka berhasil membuat bingung penontonnya, saya terus penasaran hingga akhir film ini, ingin mengetahui kebenaran akan kondisi anna, mati atau hidup? dan apakah eliot benar atau ngaco? itulah teka teki terbesar ketika menonton after life ini. walaupun begitu, hingga sampai ending film ini, saya tetap diliputi rasa bingung, walaupun saya sudah bisa menyimpulkan dengan gamblang apa yang terjadi sebenarnya, tapi nampaknya sang sutradara tidak bisa memberi pencerahan di akhir film, yap betul, nampaknya itu adalah keinginan sang sutradara, sementara penonton akan bingung tujuh keliling tentang apa yang terjadi sebenarnya, intinya anda harus menonton sendiri biar tidak penasaran, tapi jangan sampai anda emosi berlebihan ketika film ini berakhir karena kesimpulan anda bisa salah atau benar tentang film ini, hehe.

walau pesannya cukup dalam, tapi eksekusinya kurang mumpuni, terlalu banyak adegan adegan ambigu di film ini, halusinasi ataupun kenyataan? entahlah hanya agnieszka yang mengetahuinya, sehingga untuk menarik kesimpulan pun agak susah jika anda tidak menonton dengan teliti, selepas dari jalan cerita yang terbilang aneh, after life berhasil menyuguhkan nuansa kelam dan seram, padahal horor pun bukan, itulah hebatnya! datang dari sutradara yang namanya baru kali ini saya dengar, hanya karena liam neeson yang bermain disini yang membuat saya ingin menontonnya, dan jangan salah, adegan nude dari ricci pun patut diperhitungkan, hehe, dan selamat mengira-ngira, apakah anna sang tokoh utama di film ini sudah mati karena kecelakaan atau masih hidup? hehe, enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s