Death at a Funeral (American Version!)

The Remake of British Version

SINOPSIS: Directed by Neil LaBute, Death at a Funeral is a hilarious day in the life of an American family come together to put a beloved husband and father to rest. As mourners gather at the family home, shocking revelations, festering resentments, ugly threats, blackmail and a misdirected corpse unleash lethal and riotous mayhem.

satu lagi film hasil remake, padahal baru saja kemarin saya membahas betapa banyaknya film film hollywood yang me-remake film negara lain, dan sekarang giliran film inggris yang rilis tahun 2007 yaitu death at a funeral, lucunya, remakenya yang ini juga berjudul sama tidak seperti film let me in remake dari let the right one in yang akan rilis nanti. apa yang berbeda dari remake hollywood ini? jelas para pemainnya yang berbeda total, semua castnya diganti oleh para aktor kulit hitam kawakan, diantaranya adalah para komedian ternama, dari chris rock, martin lawrence, tracy morgan, zoe saldana, james marsden, danny glover, luke wilson hingga keith david plus pemeran cebol yang memerankan karakter yang sama di film originalnya yaitu peter dinklage. death at a funeral versi amrik ini benar benar berganti wajah, walaupun begitu ceritanya 99% sama dengan yang versi british, well, oleh karena itu saya menonton film ini hanya berharap menunggu improvisasi dari para aktor yang tidak begitu banyak, selebihnya adalah humor yang sama dengan versi aslinya.

film yang menceritakan pemakaman ayah dari aaron (rock) dan ryan (lawrence) ini bertambah runyam ketika beberapa kerabat yang hadir di pemakaman tersebut mulai berulah, dari oscar (marsden) yang sedang “high” (mabuk karena obat halusinasi) hingga kemunculan selingkuhan ayah aaron dan ryan yang ternyata adalah seorang pria cebol bernama frank (dinklage) yap! selingkuhan almarhum ayah aaron dan ryan adalah pria dan mereka ternyata gay! maka situasi konyol pun terus terjadi sepanjang pemakaman yang seharusnya berjalan dengan khusyuk tersebut. jujur saya pikir death at a funeral versi amerika ini akan menyuguhkan sesuatu yang baru, tapi ternyata ini adalah remake yang sangat identik, istilahnya adegan per adegan sangat sama dengan versi originalnya, seperti film funny games-nya michael haneke. mungkin yang membuat berbeda adalah humor humor para komedian disini yang memang slapstick dan kasar, apalagi karakter uncle russell (glover) yang jujur bolehlah membuat saya tertawa karena memang glover cocok memerankan peran ini (jika dalam versi aslinya karakter ini bernama uncle alvie) lelucon para black comedian di film ini tidak begitu menambah nilai film ini bagi saya karena saya seperti menyaksikan film yang sama hanya dengan penambahan sedikit improvisasi mereka.

The Origin of Death at a Funeral! (Recommended!)

tapi mungkin bagi anda yang belum pernah menonton film death at a funeral versi aslinya, film ini bisa jadi membuat anda tertawa terbahak bahak, karena memang konsepnya sendiri sudah gila dari awalnya, tapi saya tetap lebih menyukai versi britishnya dengan leluconnya yang lebih natural, tidak berlebihan dan tidak terlalu slapstick tapi berhasil membuat saya tertawa hingga menangis waktu itu, hehe. satu satunya benang merah antara film baru ini dengan film lamanya adalah kehadiran peter dinklage sebagai frank (jika di versi british bernama peter!) dan aktingnya sama sekali sama! hehe. well, bagi anda yang belum pernah menyaksikan film aslinya, death at a funeral versi amrik ini bisa jadi pilihan anda, tapi sekali lagi saya sarankan menonton versi aslinya, karena menurut saya versi negara ratu elizabeth lebih lucu loh (karena dulu saya tak pernah menduga ini adalah film komedi), hehe, your choice then! enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s