Brooklyn’s Finest

The Best Cop From Brooklyn

SINOPSIS: The story revolves around three New York police officers over one week. Eddie is a patrolman played by Richard Gere who only has 7 days left before he can pull the pin and retire. Eddie has seen it all, and he has become so disenchanted with life that he must find some reason each day not to blow his own brains out. Undercover cop Tango played by Don Cheadle has been on the streets too long, causing him to protect Caz (Wesley Snipes) the drug kingpin target he is out to catch. Sal (Ethan Hawke) is a narcotics cop who is under tremendous pressure to provide a healthy home for his pregnant wife and two children. This stress from home and the temptation of all that drug money at his job is causing him to jump back and forth from being a good cop to a bad cop. In the end, all three police officers will eventually come together.

ternyata film drama yang bertema polisi tidak selamanya membosankan, justru makin menarik, apalagi yang membuatnya adalah yang telah menelurkan training day yang menjadi salah satu film terbaik waktu itu, yup! antoine fuqua kembali dengan drama polisi yang dibumbui kejahatan, uniknya film brooklyn’s finest ini dikemas ala film film drama romantis yang mempunyai banyak karakter dan cerita yang tidak berhubungan sama sekali, coba saja love actually atau valentine’s day yang teranyar, hehe, tapi kali ini, kisah kelam polisi new york benar benar disajikan dengan gemilang dan mencekam oleh fuqua, tidak bisa dipungkiri, ternyata film ini lebih bagus dari dugaan saya, karena pada awalnya saya memandang brooklyn’s finest ini adalah film seperti film polisi yang membasmi kejahatan ala miami vice dan sebagainya, tapi ternyata tidak, lebih menarik apalagi dibintangi dengan aktor yang tidak main main, mantap!

tiga polisi berbeda, karakter, pekerjaan, tetapi tetap satu kota yaitu new york, ada eddie (gere) sang polisi senior yang akan pensiun dalam waktu 7 hari kedepan, eddie hanyalah polisi patroli biasa, uniknya adalah dia tidak begitu peduli dengan keadaan sekelilingnya, apalagi kriminalitas yang terjadi, jika itu bukan tugasnya, dia tidak akan menghiraukannya sama sekali. kemudian ada tango (cheadle) seorang polisi detektif yang sedang dalam tugas penyamaran, tango menyamar masuk ke dalam sindikat pengedar narkoba terbesar di new york yang dipimpin oleh caz (snipes) yang baru bebas dari penjara. kemudian yang terakhir ada sal (hawke) seorang polisi narc, yang sering menggerebek para pengedar narkoba, polisi dengan tingkat resiko yang paling tinggi tapi dengan gaji yang kecil, sal frustasi, keluarganya akan semakin besar tapi rumahnya tidak sanggup menampung mereka, apalagi istrinya yang sakit sakit padahal sedang mengandung anak sal, sal frustasi karena setiap ada penggerebekan, uang haram narkoba tersebut tidak pernah lari kemana mana, hanya disimpan di kantor polisi, maka sal pun terpengaruh, demi keluarga dia harus menjadi polisi jahat, atau tetap menjadi polisi jujur tapi melihat keluarganya menderita.

ini adalah dilema ketiga karakter yang sangat dalam menurut saya, karakter polisi, dimana pekerjaan seorang polisi, apapun itu bentuknya walau dia hanya seorang polisi patroli biasa tidaklah mudah, eddie merasa jenuh akan rutinitasnya dan ingin segera pensiun, tapi pada akhirnya dia merasakan bahwa tanggung jawabnya sebagai penegak keadilan tidak berhenti begitu saja ketika dia pensiun, sementara tango sudah terlibat terlalu jauh dalam penyamarannya, sehingga dia pun bisa saja melupakan tugas sebenarnya sebagai polisi dalam menangani kejahatan, dan sal, dia adalah seorang yang benar benar dihadapkan pada pilihan sulit, keluarga atau pekerjaanya? pada akhirnya mereka akan bertemu di titik dimana semua perbuatan mereka ada akibatnya, layaknya film film lain yang mempunyai cerita yang banyak, para karakter di brooklyn’s finest ini pun mempunyai benang merah yang menghubungkan mereka walaupun mereka tidak kenal satu sama lainnya.

untuk sebuah film drama polisi, film ini adalah pilihan terbaik untuk sekarang menurut saya, mengapa tidak? jajaran aktor aktornya benar benar menampilkan performa yang maksimal, apalagi wesley snipes yang sudah lama tidak muncul di layar kaca, bertransformasi menjadi gembong narkoba yang berkharisma dan menakutkan benar benar penampilan yang apik, jangan lupakan pak tua richard gere juga yang sama kerennya dengan snipes, tapi mungkin yang paling menyita perhatian adalah ethan hawke yang menjadi polisi stress, totalitas, dan betul betul menegangkan jika mengikuti cerita polisi brutal ini. akhir kata, mungkin anda harus menyempatkan diri menonton film ini jika anda benar benar suka film bertema seperti ini, dimana ada polisi, ada kejahatan, ada persekongkolan, brooklyn’s finest cocok buat anda, enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s