It Might Get Loud!

Three Virtuoso of Guitar

SINOPSIS: Rarely can a film penetrate the glamorous surface of rock legends. It Might Get Loud tells the personal stories, in their own words, of three generations of electric guitar virtuosos The Edge (U2), Jimmy Page (Led Zeppelin), and Jack White (The White Stripes). It reveals how each developed his unique sound and style of playing favorite instruments, guitars both found and invented. Concentrating on the artists musical rebellion, traveling with him to influential locations, provoking rare discussion as to how and why he writes and plays, this film lets you witness intimate moments and hear new music from each artist. The movie revolves around a day when Jimmy Page, Jack White, and The Edge first met and sat down together to share their stories, teach and play. [D-Man2010]

betul, anda tidak salah lihat, ada jimmy page, ada the edge dan ada jack white, gitaris dari tiga generasi yang berbeda, mereka berembuk untuk saling berbagi ilmu tentang gitar listrik andalan mereka masing masing, dimulai dari jack white sang gitaris sekaligus vokalis dari band “irit personil” yaitu the white stripes dan band rock blues the racounters yang tidak peduli dengan merek gitar, karena gitar yang dia gunakan sendiri bisa ditemukan dimanapun bahkan di supermarket ujarnya, white kurang suka dengan suara suara gitar yang makin kesini makin revolusioner karena pemakaian efek efek gitar yang canggih, entah mengapa white lebih menyukai lengkingan dan distorsi gitar yang bising serta minim pengaruh efek gitar. hal tersebut bertolak belakang dengan the edge sang gitaris dari band legendaris U2 yang memang sudah hobinya dalam “mengulik” sound sound gitar yang dihasilkan dari efek efek tertentu, terbukti lagu lagu U2 belakangan ini banyak dihasilkan dari hasil “ulik-ulikannya” the edge dalam menciptakan suaranya, lucunya the edge bicara bahwa lagu lagu U2 yang dianggap soundnya unik didengar ternyata tidak sesusah memainkannya dalam mode akustik sembari memainkan intro dari lagu elevation.

kemudian ada jimmy page, sang gitaris dari supergrup legendaris led zeppelin ini menuturkan bagaimana pencapaiannya bersama bandnya ketika masa itu, susahnya membuat lagu lagu yang menjadi hits sekaligus memorable sampai saat ini, dengan rambut yang hampir 100% sudah berubah warna menjadi putih, jimmy page banyak menceritakan proses pembuatan lagu lagu led zeppelin dan keluh kesahnya menghadapi kritikan media terhadap karya karya led zeppelin yang tidak bisa disebut gampang dalam meramunya, sebut saja lagu lagu seperti black dog hingga stairway to heaven yang hanya dikomentari sebanyak satu paragraf saja. film yang mengambil setting seperti di dalam sebuah gudang raksasa ini menyajikan banyak cerita tentang pengalaman tiga gitaris tenar tersebut dalam menemukan passion ketika memainkan gitar mereka hingga musik musik yang menjadi influence mereka masing masing, bahkan gitar jack white yang digunakan sampai sekarang adalah gitar yang didapat dari “upah” membantu memindahkan barang barang temannya, gitar yang sudah terlihat usang tersebut masih bisa menciptakan lagu sampai detik ini, dan jack white telah membuktikannya.

Three Decades Rock!

sampai akhirnya mereka nge-jam bareng, dan pasti itu yang ditunggu tunggu bukan? dengan sedikit bercanda dan vokal jack white yang dominan, mereka bertiga menyuguhkan sebuah lagu yang harus anda dengarkan dan saksikan di penghujung film ini. bagi anda pecinta gitar dan pecinta rock n roll, mungkin film dokumenter musik besutan davis guggenheim ini bisa memuaskan rasa haus anda akan suara suara gitar era classic rock, dan tak lupa sentuhan magis the edge yang piawai dalam mengulik efek efek gitar (bahkan dia memainkan gitar listriknya di pinggir danau untuk mendapatkan suara suara yang diinginkannya). dan it might get loud sendiri adalah kata kata yang terlontar dari mulut the edge ketika teknisi gitarnya sedang menyetel sound gitar the edge. yep, be careful, it might get loud! enjoy!

2 thoughts on “It Might Get Loud!

  1. kasian the edge dibantai sama jimmy page dan jack white.. tapi sound effect paling bagus ya punyanya si the edge sih.. he he he..

    1. no doubt, hehe, bolehlah the edge menguasai dunia per-efekan, tapi rajanya rock n roll tetap jimmy page, hahaha, sementara jack white ga bisa diungkapkan kata kata, dia emang jenius gila, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s