Tone of Evil!

 

The Devil Wears "Stratocaster"

“tahun 1973, saat iblis menghabisi para gitaris di dunia permusikan, hingga kini, arwah mereka masih mencari kebenaran, masih mencari kenyataan…”

itulah kalimat pembuka dari film pendek berjudul tone of evil, film pendek yang naskahnya ditulis, diproduseri, dan disutradarai oleh teman saya sendiri yaitu myrdal. tone of evil merupakan sebuah film pendek berdurasi 20 menit yang mengisahkan iblis yang bersemayam di dalam sebuah gitar, iblis tersebut telah “dijinakan” dan disegel erat erat dengan materai Rp 6000 oleh seorang dukun. selang berapa lama kemudian film berlanjut, mengisahkan seorang pria bernama cahyo yang terpaksa menjual gitar kesayangannya untuk membiayai kuliahnya, padahal cahyo adalah gitaris dari sebuah band bernama the retirement of a role (the retro), melihat tindakan cahyo yang menjual gitarnya, teman teman satu bandnya berusaha untuk membantu cahyo untuk mendapatkan pinjaman gitar. kemudian tak lama kemudian tanpa disengaja, ketika cahyo sedang jalan jalan, cahyo melewati sebuah toko gitar, dia pun tertarik dengan sebuah gitar yang ditawarkan si pemilik toko tersebut, tanpa basa basi setelah adu tawar yang berlangsung sengit, sang pemilik toko akhirnya menyerah dan gitar stratocaster tersebut akhirnya dimiliki cahyo.

cahyo membawa pulang gitar baru yang didapat dengan harga murahnya tersebut dan mulai menyetel gitar barunya tersebut, tapi cahyo merasa risih dengan sebuah materai yang menempel di badan gitar tersebut, maka cahyo pun mencabut materai tersebut. satu hal, cahyo tidak pernah tahu bahwa gitar tersebut adalah gitar dimana sang iblis bersemayam, dan cahyo baru melepaskan iblis tersebut. tak berapa lama kemudian ketika the retro sedang berlatih, cahyo muncul dengan penampilan yang sama sekali berbeda dari biasanya dan nada bicara yang angkuh, setelah cahyo menunjukan riff riff gitar mautnya yang berhasil membuat teman teman satu bandnya tidak berkutik, cahyo memutuskan untuk keluar dari the retro, karena menurut dia band tersebut tidak selevel dengannya sama sekali, teman teman satu band cahyo merasa ada yang tidak beres dengan cahyo, maka mereka memutuskan untuk menolong cahyo dari perilaku anehnya, mereka pun meminta bantuan dukun untuk mengobati cahyo dari “kegilaannya” tersebut, karena sekarang mereka menghadapi cahyo yang dikuasai oleh iblis dalam gitar yang dipegangnya.

 

Myrdal Sang Sutradara (Baju Hitam) Sedang Memberikan Pengarahan Pada Aktor-aktornya
Cahyo Pamiludi Sang Pemeran Utama

mungkin anda ingat pick of destiny, film jack black yang mengisahkan pick gitar iblis, nah tone of evil ini hampir mirip mirip, tapi sekarang gitar adalah medium perantaranya, orang yang melepas segel materai di gitar tersebut dapat bermain gitar layaknya orang sedang kerasukan setan. sebuah ide gila yang lumayan untuk takaran film indie, dan ingat hampir semua proses pembuatan film ini dikerjakan oleh teman saya sendiri yaitu myrdal yang muncul sebagai cameo selewat di tone of evil ini, dengan score musik gubahan dari beberapa band/musisi indie yaitu the retro, elemental gaze dan myrdal sendiri sekaligus menampilkan band indie lain sebagai figuran juga yaitu sound at regional states, lengkap sudah semangat indie yang dilakukan myrdal dalam mengusung film ini, walau banyak kekurangan di masalah teknis apalagi ketika dialog para pemeran di film ini ada beberapa yang kurang jelas toh bisa dimaklumi, tapi untuk teknik pengambilan gambar sendiri sudah bisa dibilang bagus untuk kelas film indie menurut saya, myrdal selaku orang yang menggarap film ini mengaku kesulitan dalam masalah pencahayaan dan sound, yap resiko sebagai seniman indie, hehe, tapi toh untuk merealisasikan film ini sendiri sudah dibilang prestasi yang sangat bagus menurut saya karena tidak mudah merealisasikan film yang berasal dari ide sendiri, apalagi itu ide yang gila dan berbeda dari ide orang kebanyakan, dan myrdal telah melakukannya, well done mate! dari segi akting, tentu saja cahyo si pemeran utama telah menampilkan totalitas dalam memerankan dirinya yang berkepribadian ganda, setengah normal dan setengah kerasukan setan dikarenakan iblis dalam gitar yang dimainkannya, dan untuk karakter lain yang muncul di film ini, well not to bad honestly, hehe, yap, sebuah karya anak bangsa lagi dan itu adalah kreasi seorang myrdal. penasaran untuk melihat filmnya, cek saja dulu trailernya, silakan tonton DISINI, dan untuk filmnya? mungkin anda harus sabar menunggu myrdal merilis filmnya untuk khalayak umum (alias gratisan, hehe), well, enjoy this short movie!

UPDATE: LINK FILM “TONE OF EVIL” FULL VERSION BISA DILIHAT DI BAWAH, DI KOLOM KOMENTAR, THANKS!

NB: bagi yang malas menuju TKP, bisa langsung melihat trailernya disini:

3 thoughts on “Tone of Evil!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s