Unthinkable…

How Far Would You Go?

terorisme memang isu yang sensitif di amerika, apalagi setelah tragedi WTC, sudah tidak terhitung lagi berapa film berbau teroris yang telah diproduksi oleh hollywood, dan boleh dibilang beberapa diantaranya sangat menonjolkan sekali “kehebatan” amerika dalam menumpas terorisme. tidak aneh memang, toh memang amerika punya segalanya dalam melawan terorisme, arab menjadi icon “penjahat” baru dalam setiap film yang menyinggung terorisme di amerika sana, setelah sebelumnya vietnam, rusia, ataupun cina yang selalu dijadikan “musuh” utama dalam setiap film perang maupun teroris di amerika sana, lambat laun paradigma tersebut perlahan lahan berubah, beberapa sutradara papan atas amerika mulai melihat sisi lain dari aksi teror yang terjadi di negaranya dan penanggulangannya, tanpa diberitahu, mereka sadar bahwa pemerintah amerika banyak melakukan “kesalahan” dalam menangani terorisme, apalagi dengan terus dikirimnya para tentara ke medan perang di timur tengah, yang terjadi adalah pengorbanan para tentara yang sia sia di medan perang untuk mencari sesuatu yang diduga hanyalah rekayasa belaka. tak lama bermunculan beberapa film anti teroris yang bersifat “netral”, tidak memihak siapapun, dan kebanyakan film film tersebut menyorot dampak negatif dari perang di dua belah pihak, sebagian memperlihatkan bahwa perang hanya membawa kesengsaraan pada dua belah pihak, dan sebagian lagi menunjukan bahwa musuh sebenarnya adalah “pemerintah” amerika sendiri, pemerintah yang paranoid akan kehadiran teroris di negara mereka. beberapa film yang sukses menerapkan beberapa formula “anti perang” diantaranya adalah traitor, the kingdom, black hawk down, body of lies, dan tentu saja jawara oscar tahun ini yaitu the hurt locker. beberapa diantara film tersebut memperlihatkan ketakutan berlebihan pemerintah amerika dalam menangani teroris sehingga berakibat pada tindakan “seenaknya” dalam menangani terorisme, sebagian lagi menggambarkan bahwa tentara amerika tidak setangguh seperti yang selalu kita duga jika dihadapkan dalam situasi “terorisme”.

film unthinkable tidak jauh dari tema diatas, tema terorisme, tapi terorisme seperti apakah yang disajikan dalam film yang kurang terdengar gaungnya ini? dibuka dengan rekaman video seorang pria bernama younger (sheen) yang mengaku telah menyimpan 3 buah bom nuklir di 3 kota besar di amerika dan akan meledak jika tuntutannya tidak dipenuhi. siapakah younger? orang yang mempunyai nama muslim yusuf ini? tidak lama FBI turun tangan, dipimpin oleh seorang agen bernama brody (moss) mereka mulai mencari sosok younger ini, tapi tanpa diduga younger telah ditangkap oleh pihak militer amerika, FBI kaget mendengar hal tersebut, mengapa seorang younger dengan mudahnya membiarkan dirinya tertangkap? padahal dia telah menyimpan 3 buah bom nuklir yang belum diketahui siapapun, dan bom tersebut akan meledak dalam waktu 2 hari. hal tersebut memicu pihak militer amerika untuk menginterogasi younger dengan meminta bantuan FBI, tapi yang terjadi younger tidak berbicara sepatah katapun, dia seperti “tahu” apa yang dihadapinya, maka pihak berwenang pun memanggil seorang interogator yang mempunyai cara “ekstrim” dalam menginterogasi seorang tersangka terorisme, dialah H (jackson) yang melakukan cara cara “keji” dalam menginterogasi younger, H akan melakukan apapun agar younger memberitahu dimana lokasi tempat dia menyimpan bom nuklir tersebut, brody sebagai seorang agen FBI sangat shock melihat metode interogasi “keji” yang dilakukan oleh H, apalagi hal tersebut bisa membuat younger tewas sebelum bisa memberitahu lokasi bomnya, tapi younger nampak tidak bergeming, apa sebenarnya yang membuat younger kuat menghadapi siksaan keji dari H? dan apa yang akan dilakukan H dan para agen FBI jika younger tetap tidak mau bicara? apakah mereka akan melakukan “apapun” terhadap tersangka terorisme yang berwarga negara amerika asli yang mengaku menyimpan bom dan belum diketahui keberadaannya bahkan kebenarannya bahwa bom itu benar benar ada dan bukan hanya sekedar tipuan belaka? it’s your job to find out.

film terorisme yang disajikan dengan alur sangat cepat, menegangkan, sekaligus kejam ini benar benar membuat saya terus mengikuti tiap langkah yang dilakukan oleh agen brody maupun H dalam mengorek informasi dari mulut younger. film yang menghabiskan lebih dari 50% adegannnya di ruang interogasi younger tidak membuat saya bosan sama sekali, justru makin membuat saya penasaran apa yang sebenarnya dipikirkan oleh younger untuk menghadapi H dan para agen FBI yang menyiksanya secara fisik maupun mental tersebut? yang terjadi justru adalah pertentangan para pihak FBI dan militer amerika yang mempermasalahkan metode interogasi H yang tidak manusiawi, apalagi brody yang menganggap cara yang dilakukan H tidak efektif jika ingin membuat younger bicara. disinilah batas antara manusiawi dan tidak manusiawi dipertanyakan, seberapa jauh brody, H dan pihak militer amerika akan melakukan interogasi “kejam” tersebut demi menyelamatkan negaranya? dan apa yang sebenarnya direncanakan oleh younger? apakah H maupun brody dapat menebak apa yang sedang dipikirkan oleh younger?

tanpa basa basi, unthinkable benar benar menyuguhkan sajian yang berkualitas, akting michael sheen sebagai younger/yusuf benar benar memukau saya, sebagai teroris yang berdarah amerika asli sheen benar benar bisa menciptakan karakter yang tidak terduga sama sekali, teroris yang bisa “mengacaukan” pikiran para agen FBI dari brody hingga H sekalipun. tidak lupa dengan H, samuel l jackson benar benar berperan sebagai seorang yang benar benar keji tapi penuh dengan pertimbangan sebagai tokoh yang hanya dipanggil H saja di film ini. film yang sangat menegangkan dari awal sampai akhir, dan jangan lupa, dibumbui dengan beberapa adegan sadistik yang kebanyakan dilakukan H dalam menginterogasi younger makin menguatkan pesan yang akan disampaikan oleh film ini, sebenarnya siapa yang kejam? para teroris? atau amerika itu sendiri? who is the real terrorist? enjoy the movie guys!

NB: enjoy the twist at the ending of this movie😉

sepatah dua patah kata yang “menusuk” dari younger yang diperankan oleh michael sheen:

I love my country, you people crap on it! I love my religion and you people spit on it! Just remember something, I’m here because I want to be here! I let myself be caught because I’m not a coward. I chose to meet my oppressors face to face! You call me a barbarian. Then what are you?

What, you expect me to weep over 50 civilians? You people kill that number every day! How does it feel, Brody? This is not about me. This is about you! How does it feel? You have no authority here! None! There is but one authority and it is not you!

You are a blight! You are a cancer!

2 thoughts on “Unthinkable…

  1. terlalu byk kalimat dr yusuf yg sbnrnya merupakan kata2 bijak..1hal yg masi saya pikir adlh film ini masih mengandung memojokkan suatu agama,knp bs film ini beredar disini?dan spertinya saya blm dgr adanya pertentangan mengenai film ini..

    1. sebenarnya sekilas memang terlihat seperti memojokan suatu agama, tapi kalau kita bisa melihat dari sisi “lain” film ini jelas jelas menghina habis habisan birokrasi pemerintahan amerika dalam menghadapi situasi terorisme, terlihat atau mungkin memang kenyataannya seperti itu, toh, film ini justru seperti ingin memberi tahu kita bukan, gini nih amerika dalam memperlakukan tawanan dll, apalagi jika melibatkan suatu “agama”, well, saya tidak tersinggung, karena di akhir film ini yusuf menang bukan🙂 hehe thanks udah mampir, silahkan sharing lagi jika ada pendapat pendapat lain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s