The (Bible) Book of Eli (Spoiler Alert!)

Just Follow Your "Faith"

Synopsis: In the not-too-distant future, some 30 years after the final war, a solitary man walks across the wasteland that was once America. Empty cities, broken highways, seared earth–all around him, the… [More]

Starring: Gary OldmanDenzel Washington

Director: Albert HughesAllen Hughes

[See More Credits]

film di awal tahun 2010 yang baru kesampaian saya tonton sekarang, sudah lama saya menanti film ini karena premis ceritanya yang menarik, yaitu perjalanan seorang pria di dunia pasca kiamat, yap betul! sama halnya dengan film the road yang pernah saya bahas sebelumnya, dan diantara film ini dan the road saya akui masing masing mempunyai keunggulannya sendiri, intinya kedua film tersebut sama sama bagus, apalagi diperankan oleh aktor aktor yang tidak usah dipertanyakan lagi kemampuan dalam berakting di dunia pasca kiamat atau biasa disebut post-apocalypse! dunia diramalkan hancur di masa depan, hanya segelintir orang yang bertahan dan meneruskan kehidupan di dunia yang bisa dibilang antah berantah, jika dalam film the road asal muasal kiamat tidak diketahui secara pasti, hanya diberikan petunjuk suara suara yang mengerikan seperti bencana alam yang tidak terbayangkan. sedangkan dalam the book of eli diceritakan oleh sang tokoh utama eli (washington) bahwa dunia menjadi seperti ini dikarenakan perang dan sinar matahari yang “membakar” seisi bumi, walau tidak jelas tapi itu memang bukan suatu titik permasalahan dalam film ini.

eli telah berjalan selama 30 tahun pasca kehancuran dunia, dia berjalan menuju barat mengikuti “petunjuk” tuhan yang diberikan padanya, dengan membawa sebuah buku, buku yang dia lindungi dengan sepenuh hatinya, yap betul, buku itu adalah bible, kitab suci umat kristiani, dimana eli memegang satu satunya bible yang tersisa di bumi dan akan mengantarkannya ke tempat yang aman sesuai petunjuk-Nya. permasalahan timbul karena ternyata bible yang dipegang eli juga sedang diincar oleh seorang intelek yang berhati licik yaitu carnegie (oldman) carnegie menguasai kota kecil tempat perlindungan bagi orang orang yang kehilangan semuanya pasca kiamat, masyarakat takut akan tingkah carnegie, carnegie menguasai segalanya, termasuk sumber air bersih. tanpa sengaja eli melewati kota kecil milik carnegie dan berjibaku dengan para pengawal carnegie guna melindungi “buku” berharga itu. dibantu oleh solara (kunis) eli melarikan diri dari kejaran carnegie, tapi carnegie tidak tinggal diam karena dia akan melakukan apapun demi mendapatkan bible yang dipegang eli tersebut.

dengan unsur religius yang kuat didalamnya, the book of eli justru menjadi tontonan yang sangat menarik untuk diikuti terus, pasca kiamat masih digambarkan dengan normal disini tidak frontal layaknya film the road, dimana dalam dunia the book of eli, air masih ada, makanan masih ada, senjata masih ada, iPod masih menyala, dan bahan bakar masih tersisa, minus para kanibal yang brutal seperti dalam film the road, justru dalam the book of eli musuh terbesar bukanlah para kaum kanibal melainkan carnegie yang ambisius! diperankan dengan sangat apik oleh gary oldman, sukses membuat tokoh carnegie menjadi sangat menyeramkan layaknya tokoh tokoh villain yang diperankan gary oldman pada film film terdahulunya. sementara denzel seperti biasa selalu menampilkan performa terbaiknya, usia bukan masalah untuk memerankan karakter eli yang misterius dan jago menebas leher musuh musuhnya dengan dagger (pisau besar) yang dimilikinya.

mila kunis sebagai pemanis pun layak diperhitungkan, penampilannya membuat karakter eli yang keras menjadi luluh dan mampu membuka hatinya, petualangan eli demi mencapai tujuannya memang tidak mudah, tapi selama perjalanan eli selalu melewati rintangan itu dengan selamat, seperti ada “kekuatan” yang melindunginya, siapakah eli, dan apakah misinya di dunia yang sudah luluh lantah tersebut? film ini dijamin akan memanjakan anda dengan sinematografi luar biasa layaknya pada film the road, pemandangan kota kota yang hancur dan jalanan di tengah padang gurun yang kering serta sengatan matahari yang terik membuat aura pasca kiamat makin lengkap, jangan lupa score musik dari atticus ross yang makin membuat merinding di dunia yang ditinggali eli ini.

akhir kata, apa lagi yang bisa diharapkan dari denzel dan oldman? sudah sempurna, anda tinggal menyaksikan film ini dengan duduk di sofa yang nyaman dan bersiap siap untuk kejutan di akhir film ini, yap, ending twist yang sangat tidak diduga membuat film ini makin asik untuk diikuti. lalu pertanyaan terakhir? apakah hanya bible yang selamat dari “kiamat” kecil tersebut? apakah semua kitab suci agama lain musnah dan hilang? anda bisa tahu jawabannya masih di ending film ini juga, perhatikan dengan seksama buku yang bersanding dengan manis di samping bible, hehe, enjoy this post-apocalypse movie guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s