Run (Faster) Lola, Run!

Just Run!

Synopsis: Set against the gritty urban scenescape of Berlin and a pounding techno soundtrack, RUN LOLA RUN is a frenetic, inventive existential thriller that explores the life-altering impact of seemingly… Set against the gritty urban scenescape of Berlin and a pounding techno soundtrack, RUN LOLA RUN is a frenetic, inventive existential thriller that explores the life-altering impact of seemingly inconsequential actions. Beautiful, hip, and young, poor Lola has but 20 minutes to locate a missing bag containing 100,000 Deutsche marks or come up with the money some other way–if she can’t, gangsters are going to kill her boyfriend. A pulse-raising race against time, the film employs a startling array of innovative techniques to present three separate scenarios, all departing from a single split-second decision Lola makes. Franka Potente, who also sings on the soundtrack, is mesmerizing as Lola. Winner of the Audience Award at the Sundance Film Festival; Best Film, Best Supporting Actress, Best Supporting Actor, Best Director at the German Film Awards; 1998 Bambi Award; and the Golden Space Needle Award for Best Film at the Seattle International Film Festival. [More]

Starring: Franka Potente, Moritz Bleibtreu, Herbert Knaup, Nina Petri

Starring: Franka Potente, Moritz Bleibtreu, Herbert Knaup, Nina Petri, Armin Rohde, Joachim Krol, Ludger Pistor, Suzanne Von Borsody, Sebastian Schipper

Director: Tom Tykwer

Director: Tom Tykwer
Screenwriter: Tom Tykwer
Producer: Stephan Arndt
Studio: Sony Pictures Classics

salah satu film klasik dari jerman di tahun 1999, dan betul, film ini dibintangi oleh si pemeran daniel di im juli yang kemarinan sudah saya bahas, hehe, berbeda dengan im juli, karakter yang diperankan moritz disini lebih garang dan terlihat bad boy sekali, tapi bukan moritz yang menjadi pusat perhatian di film ini, melainkan lawan mainnya franka potente yang memerankan lola, yang sekaligus menjadi judul film ini yaitu run lola run. sebenarnya film apakah ini? simpel saja, ini adalah film berdurasi 1 jam lebih yang menceritakan kisah 20 menit tentang usaha lola (potente) untuk membantu kekasihnya manni (bleibtreu) yang kesulitan karena melakukan kesalahan besar.

disini lola harus berlari untuk mendapatkan uang sebesar 100.000 mark agar bisa menyelamatkan nyawa manni yang terancam karena manni telah melakukan kesalahan fatal, yaitu meninggalkan uang transaksi “ilegal” di dalam kereta subway, konyolnya uang tersebut dipungut oleh gelandangan, dan manni harus mencari dan menyerahkan uang tersebut kepada bosnya dalam waktu 20 menit! lalu apakah lola bisa menemukan pengganti uang tersebut dalam 20 menit agar manni kekasihnya selamat dari “kemarahan” bosnya? sebelum saya mengatakan “silakan tonton sendiri untuk tahu jawabannya” perlu saya ingatkan film ini bukan sesederhana sinopsis didalamnya, terlihat simpel kan, 20 menit harus mencari uang tersebut kalo tidak? maka manni di “DOR” dan lola pun kehilangan pacar tercintanya.

konsep film ini sendiri mungkin dapat dikatakan “out of the box” karena saya menduga seperti itu ketika melihat 20 menit pertama, kejadian begitu cepat dan usaha lola pun gagal untuk menyelamatkan manni, lalu saya berpikir, sudah? apa seperti itu saja? ternyata tidak, setelah itu masih ada “skenario” lain untuk menyelamatkan manni ternyata! dan pasti caranya tersebut tidak akan dapat diduga oleh anda yang belum menontonnya, saya tidak bisa menjelaskan dengan sederhana, intinya silakan amati baik baik prolog film ini, karena itu adalah pesan yang ingin disampaikan dalam film ini, apakah 20 menit cukup untuk menyelamatkan nyawa seseorang? apakah lola mempunyai strategi yang baik dalam mendapatkan uang sebesar itu dalam waktu 20 menit? dan apakah strateginya berhasil atau tidak? mungkin itu yang akan disampaikan oleh film ini, beberapa adegan yang akan membuat anda “berpikir” sekaligus “pusing” mungkin, tapi tidak apa apa toh, karena memang itu tujuannya.

sedikit petunjuk mungkin, pengalaman selalu menjadi guru terbaik! yap itulah pesan moral yang ingin disampaikan di run lola run, tapi disampaikan dengan cara yang tidak wajar dan aneh, hehe, intinya ini adalah film yang bisa ditonton tapi jangan menggunakan logika anda, dijamin anda akan pusing tujuh keliling! film yang disajikan dengan alunan musik musik yang gloomy dan kelam ini makin memperlengkap usaha lola yang susah payah mengumpulkan uang dalam waktu 20 menit dengan cara berlari yang tidak henti hentinya! dengan penampilan meyakinkan franka potente, run lola run membuat saya sendiri terus bertanya tanya tentang langkah apa yang akan diambil lola selanjutnya dalam usaha menyelamatkan manni kekasihnya, dan anda pasti sudah bisa menebak usaha terkahirnya adalah usaha paling “manis” dalam film ini, hehe, film jerman memang banyak menyimpan misteri dan kejutan, so, enjoy this movie folks!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s