Crossing the Bridge: The Sound of Istanbul

Love The Music of Istanbul!

masih dalam rangka festival film fatih akin, dan ini adalah film terakhir yang saya tonton di pemutaran film film fatih akin yang diselenggarakan di BBJ kemarin, sayang sekali saya tidak bisa menyaksikan edge of heaven yang disebut sebut sebagai karya hebat fatih akin selain gegen die wand, karena suatu hal saya tidak bisa melanjutkan untuk menonton edge of heaven, mungkin nanti saja menyusul, hehe. sekarang saya akan membahas film dokumenter musik ala fatih akin yang lumayan mantap ternyata, yaitu crossing the bridge: the sound of istanbul, dokumenter musik yang beda dari yang lainnya. di film ini bukan hanya musik saja yang ditonjolkan fatih akin tapi perkembangan budaya yang mempengaruhi musik itu sendiri secara langsung maupun tidak langsung.

di film ini juga kita disuguhi potret potret kehidupan turki khususnya istanbul, sudut sudut kota yang indah bahkan kelam tapi sekarang menjadi ramai seperti biasa karena perkembangan zaman dan budaya yang sudah makin terbuka, hal yang paling menonjol adalah perkembangan musik di istanbul di era modern ini, dimana sekarang musisi muda di istanbul banyak yang peduli dengan musik tradisional mereka sendiri. yang menarik mungkin sekarang banyak musisi di istanbul yang menggunakan bahasa ibu mereka dalam membuat sebuah lagu, hal tersebut baru terjadi ketika awal tahun 90-an, karena sebelumnya penggunaan bahasa turki dilarang dalam musik, aneh saya juga, hehe. selain itu disini juga banyak menampilkan musisi musisi lawas dan legendaris di istanbul, bahkan salah satunya adalah dapat dikatakan mirip sekali dengan rhoma irama di indonesia! haha, saya juga tertawa ketika melihatnya, anda harus menonton sendiri pasti nanti anda akan berpikiran sama dengan saya dijamin! hehe.

fatih akin benar benar menyuguhkan semua lapisan musik yang ada di turki, dengan alexander hacke sebagai pria sekaligus narator di film ini yang melakukan riset terhadap musik musik di turki khususnya di istanbul membuat crossing the edge ini makin hidup, padu padan antara musik rock yang hingar bingar dan hip hop ala turki yang sangat menakjubkan membuat saya makin betah menonton crossing the edge ini, tidak lupa pengenalan alat musik petik tradisional turki yang saya agak agak lupa namanya, alat musik itu disebut sebagai nenek moyang alat musik petik, mirip gitar tapi lebih ramping dan tidak memiliki lubang di tengahnya serta dimainkan banyak musisi legendaris turki yang sebagian live perform di film ini! menakjubkan!

untuk sebuah tontonan dokumenter, crossing the edge benar benar menawarkan sesuatu yang beda dan menarik, alunan musik mellow, suara falseto yang tinggi hingga rock yang hingar bingar benar benar memainkan perasaan saya, apalagi ada performance dari grup musik tradisional turki yang kebetulan dipakai sebagai soundtrack dari film gegen die wandnya fatih akin. semua sudut kota istanbul ditampilkan dengan sangat menarik, dari jalanan istanbul hingga gedung gedung yang mempunyai nilai historis, dari musisi jalanan yang kreatif hingga musisi lawas berumur 80-an yang masih menyanyi sambil meneguk segelas anggur putih!

mungkin anda pernah tahu sebuah dokumenter musik yang sangat indah, datang dari band icelandic sigur ros berjudul heima, film tersebut benar benar membuat hati saya serasa ada di islandia, tapi apakah anda tahu jika film dokumenter musik ala fatih akin ini juga istilahnya benar benar “breathtaking” beruntung saya bisa menontonnya kemarin, well, i love the sound of istanbul! and i wanna go there! dijamin anda akan jatuh cinta pada musik istanbul setelah menonton film dokumenter buah karya sang sutradara jenius eropa fatih akin, enjoy!

One thought on “Crossing the Bridge: The Sound of Istanbul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s