Im Juli.

Road Trip Love!

Synopsis: Ever since RUN LOLA RUN raced across the Atlantic and rang in a new era in German filmmaking, Teutonic comedy has ceased to be an oxymoron. A classic romance, IN JULY takes us from Hamburg,… [More]

Starring: Moritz BleibtreuChristiane PaulMehmet KurtulusIdil UnerJochen NickelBranka Katic,Birol UnelSandra Borgmann

Director: Fatih Akin
Screenwriter: Fatih Akin
Producer: Stefan SchubertRalph Schwingel
Composer: Ulrich Kodjo Wendt
Studio: Films Philos

sore kemarin saya berkesempatan untuk menonton film film karya fatih akin di bentara budaya jakarta, toh ternyata di depan kantor, maka saya tidak melewatkannya, hehe, mumpung gratis. fatih akin adalah salah satu sutradara kenamaan di eropa sana, sutradara jerman keturunan turki yang telah melahirkan banyak banyak film yang berkualitas, saya hanya pernah tahu film fatih akin berjudul gegen die wand (yang ternyata diputar juga di BBJ) oleh karena itu saya mencoba menonton karya fatih akin yang lain, sayang saya melewatkan 1 film di sesi pertama yaitu film pertama fatih akin yang berjudul kurz und schmerzlos atau dalam bahasa inggrisnya yaitu short sharp shock, sayang memang, karena saya baru keluar kantor bertepatan dengan sesi dua yaitu im juli. hehe, mau bagaimana lagi, maybe next time saya mencari DVD nya atau download di internet seperti biasa. oke untuk film yang dibahas sekarang adalah im juli. film yang saya sendiri belum tahu menceritakan apa, karena saya tahu karya fatih akin yang gegen die wand termasuk “brutal” jadi saya pikir im juli bakal seperti itu, ternyata bertolak belakang dan berbeda sekaligus sangat menghibur!

film im juli adalah sebuah film pencarian cinta sejati yang sederhana dan menghibur dibalut dengan unsur road trip didalamnya, atau malah mungkin euro trip mengingat film ini mengambil setting di beberapa negara di eropa dimulai dari jerman sampai turki, film yang menceritakan seorang pria berprofesi guru bernama daniel (bleibtreu), pria yang kaku dan lebih memilih diam di rumahnya ketika libur musim panas tiba pada bulan juli. tak disangka daniel ditaksir oleh seorang wanita penjual pernak pernik di jalan tak jauh dari rumahnya, hingga suatu waktu sang wanita yang bernama juli (paul) tersebut menyapa daniel dalam perjalanan pulangnya dari sekolah ke rumahnya, dengan dalih menjual cincin berlambang matahari dan mencekoki daniel bahwa dia akan bertemu wanita pujaanya ketika melihat simbol matahari tersebut. termakan ucapan juli yang sebenarnya ingin menggaet daniel dengan caranya, daniel malah menganggap serius perkataan juli, maka pada malam hari daniel menyempatkan keluar berjalan jalan di kota hamburg yang indah sambil mencari tanda tanda “matahari” tersebut, tanpa disengaja daniel melihat seorang wanita yang bertanya soal penginapan yang murah padanya, dan wanita tersebut memakai baju dengan logo matahari di tengahnya, wanita tersebut bernama melek (uener) dan tinggal di turki, maka daniel pun berpikir ini adalah takdirnya, dan melek adalah jawaban akan pujaan hatinya, maka daniel pun mengantarkan melek ke penginapan, konyolnya juli melihat daniel pergi dengan melek padahal juli pun berpakaian dengan aksesori “matahari” di bajunya, dia pun kecewa maka juli memutuskan untuk pergi berlibur keesokan harinya.

kebetulan pun terus terjadi, keesokan harinya juli yang ingin berlibur dengan cara menumpang mobil siapapun yang lewat malah menyetop mobil yang dikendarai daniel, karena kepalang sudah menyetop mobil daniel, juli pun ikut pergi kemanapun daniel membawanya, dan ternyata daniel ingin menyusul melek ke turki, wanita yang ditemuinya semalam ternyata langsung pulang ke turki pagi harinya, maka daniel pun akan mengejar melek kemanapun berpegang teguh pada doktrin “buatan” juli di hari sebelumnya bahwa wanita dengan tanda “matahari” itu adalah jodohnya. mendengar hal tersebut juli sebenarnya cemburu, tapi juli beranggapan siapa tahu di perjalanan ke turki nanti daniel akan sadar bahwa sebenarnya juli mencintainya. dan kalau film ini adalah cerita yang penuh kebetulan, di akhir film pun pasti anda bisa menebak siapa melek dan kaitannya dengan awal film ini, hehe.

film yang kebagian di kloter kedua di pemutaran film fatih akin BBJ kemarin benar benar sayang untuk dilewatkan, dan untungnya saya pun tidak melewatkannya, hehe, dengan cerita yang sederhana tapi dibumbui banyak unsur komedi bahkan unsur absurd, fatih akin memang pintar meramu sebuah film sehingga menjadi tontonan yang layak ditonton semua kalangan, plus keragaman bahasa yang disajikan di film ini makin menguatkan keterikatan kultur turki yang kuat dengan sang sutradara. film ini pun layak konsumsi untuk keluarga, hehe, tidak seperti gegen die wand yang lumayan “frontal” dalam penyajian ceritanya, lebih tepatnya khusus untuk dewasa!

akting moritz yang memerankan daniel pun terlihat sangat lucu, dengan tampang nerd nya ada satu adegan kocak dimana daniel ingin menyebrangi sungai yang dikiranya adalah sungai donau sungai yang menjadi perbatasan bulgaria, dan dia ingin menyebrangi sungai dengan cara menggeber mobilnya dengan kecepatan yang sudah dia hitung memakai rumus fisika, hehe, pesan moralnya mungkin adalah: kadang teori tidak sama dengan prakteknya! hehe. christine paul sebagai love interestnya daniel pun sangat pas di film ini, chemistry mereka menurut saya sangat pas dan pas! hehe, untuk sebuah perjalanan cinta yang penuh makna dan tawa, mungkin im juli ini bisa menjadi pilihan anda, karya yang menghibur dari fatih akin, enjoy guys! im herz, im bauch, im juli!

NB: mungkin jika jeli anda akan melihat penampilan fatih akin sebagai cameo, hehe, perhatikan dengan seksama ketika daniel dan juli menikah dadakan, kalau masih tidak ketemu juga, silakan lihat snapshot gambar diatas, hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s