American Psycho

I killed Paul Allen. And I liked it.

sebuah film klasik dari sang icon action baru christian bale, film film bale memang layak untuk diikuti dikarenakan kapasitasnya sebagai aktor dalam memerankan sebuah peran tidak usah dipertanyakan lagi, setelah melejit dengan serial batman gubahan nolan, christian bale seakan akan menjadi icon baru dalam dunia perfilman hollywood, padahal karir bale sudah dirintis jauh jauh sebelum kemunculan batman yang makin melambungkan nama bale di dunia perfilman, coba saja lihat aksi bale di film berjudul the machinist, film gila yang membuat bale harus menguruskan badannya sampai terlihat seperti tengkorak hidup, tapi satu tahun dari situ bale harus menggemukan kembali badannya hingga bisa berperan di batman begins, bukan main totalitas yang diberikannya tiap bermain dalam sebuah film.

salah satu filmnya lagi sebelum the machinist yang masih sama sama bertema “kegilaan” yaitu american psycho, dimana bale disini berperan sebagai pria bernama patrick bateman yang wealthy, tampan, sehat, dikagumi banyak wanita dan selalu mementingkan gaya yang berkelas dalam berpenampilan, bekerja dalam perusahaan banking di wall street, membuat bateman menjalani hidup yang istilahnya “living the american dream”. kesempurnaan hidupnya tidak usah diragukan lagi, bateman memakai pakaian designer ternama, mandi dengan “bahan bahan” berkualitas tinggi, mempunyai kartu nama yang didesain elegan mendekati sempurna, mencintai musik musik pilihannya yang disimpan dengan rapi, makan di restoran kelas tinggi dan masih banyak lagi hal hal yang sangat diperhatikan bateman dalam kesempurnaan hidupnya, selain itu bateman selalu berkumpul dengan teman teman “sekelasnya” bercinta dengan wanita wanita cantik bahkan pasangan teman temannya sendiri!

tapi dibalik semua itu bateman adalah orang yang terobsesi akan kesempurnaannya sendiri, tidak senang melihat orang lain lebih perfect dari dirinya apalagi teman teman kerjanya, dan didalam lubuk hati bateman dia adalah seorang pembunuh gila, membunuh kebanyakan para wanita, diajak bercinta kemudian dibunuh secara sadistik dan gila gilaan! dibalik kehidupannya yang sempurna bateman tidak hanya “living the american dream” tapi sekaligus juga menjadi “american psycho”. well, cukup sampai disitu saya menceritakan intisari sebagian film ini, seperti cerita psycho biasa bukan? tapi anda harus menontonnya sampai habis karena ada kejutan di akhir filmnya, dan jujur setelah anda tahu apa kejutan itu, film ini menyimpan banyak makna didalamnya, apakah yang membuat seorang pria sukses dan mapan menjadi seorang pembunuh gila, apakah dia sakit? apakah itu semua adalah kenyataan yang mengerikan?

silakan tonton sendiri sampai habis, dijamin anda akan berasumsi macam macam setelah selesai menonton sampai habis american psycho ini, tapi mungkin pesan sederhana yang ingin saya sampaikan setelah menonton film ini (atau mungkin clue ke bagian “mengejutkan” nanti) adalah “society made him a psycho”. silakan anda interpretasikan sendiri maksudnya. tapi apapun itu film ini akan terus membuat anda tertegun hingga akhir, performa gila dari bale tidak usah dipertanyakan lagi, selain itu ada jared letto yang menjadi “korban” bateman disini dan willem dafoe yang menyelidiki kasus orang orang yang hilang karena “ulah” bateman.

overall, sebagai sebuah tontonan, american psycho menawarkan sesuatu yang unik di masanya, mungkin sekarang anda menontonnya tidak akan kaget karena jalinan cerita atau temanya hampir sama sama dengan film yang belakangan ini booming, hehe tebak sendiri film apakah itu, tapi tetap di masanya american psycho menjadi sebuah masterpiece di genrenya sendiri, an instant classic from the director mary harron, enjoy till the last drop!

NB: lucu juga nama karakter yang diperankan bale disini, patrick bateman, apakah itu pertanda awal kesuksesan christian bale, (bateman=batman) hehe, just a though.

2 thoughts on “American Psycho

  1. Salah satu fav saya! Ini puns etelah membeli DVD nya karena ternayat tidak akan eprnah di putar di Indonesia😦

    1. sebenarnya pernah diputar di tipi kita bung, tapi sensor habis habisan, hehe, sip deh kalau suka, karena ini salah satu film “jenius” tapi “brutal” dari christian bale, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s