The Fourth Kind (of Lie?) (Spoiler Alert!)

I Still Believe UFO!

PERHATIAN! tulisan ini mengandung SPOILER jadi tanggung sendiri jika belum menonton tapi sudah membacanya sampai akhir. film tentang alien memang paling seru untuk diikuti, entah dari action hingga drama thriller ala x-files, tapi belakangan ini muncul sebuah film yang mengatasnamakan “true story” tentang wawancara para korban yang pernah diculik alien! wow, mengerikan bukan?! the fourth kind judulnya, dibintangi oleh si cantik milla jovovich yang berperan sebagai abbey tyler, uniknya film ini memakai rekaman asli dan rekaman film disandingkan di adegan adegan tertentu, makin terlihat kesan nyatanya, yup footage footage asli dari rekaman tentang orang orang yang pernah diculik alien di kota kecil alaska bernama nome! jadi ibaratnya seperti menonton dokumenter tapi disampingnya ditampilkan pula adegan dramatisasi filmnya.

film ini mungkin agak agak berbau paranormal activity yang sempat booming gila gilaan tahun kemarin, karena memperlihatkan rekaman asli sepanjang film (walaupun itu hoax alias hanya rekaan untuk film saja) the fourth kind ini layaknya film biasa tapi menampilkan rekaman asli yang terjadi pada tahun 2000 lalu. cerita berawal dari para penduduk kota nome yang mulai merasakan sindrom aneh yaitu susah tidur dan mengalami pengalaman aneh di tengah malam ketika mereka terbangun dari tidurnya, beberapa orang yang mengalami sindrom tersebut menemui seorang psikolog bernama abbey tyler, maka abbey yang selalu menerapkan metode hypnosis pada pasiennya untuk mengetahui sebenarnya apa sih yang dialami para pasiennya ketika mereka terbangun tengah malam tersebut? tapi ternyata para pasien rata rata mulai bereaksi sama seperti melihat burung hantu dan setelahnya seperti lupa ingatan lalu berteriak dengan sangat keras (sekaligus menyeramkan). hingga suatu hari salah satu pasien abbey melakukan bunuh diri setelah sebelumnya membunuh semua anggota keluarganya tepat setelah berobat dari abbey, abbey merasa berdosa dan polisi pun menuduh abbey telah melakukan metode hypnosis yang kelewatan, tapi ternyata yang dialami para pasien abbey pun datang menghampirinya! apakah betul para alien itu datang ke tempat abbey dan menculiknya kemudian memulangkannya kembali?

jawaban tersebut mungkin akan anda temukan ketika melihat rekaman aslinya yang ditampilkan disini, rekaman yang mengerikan, lebih lebih mengerikan dari orang yang kerasukan! well, seperti quotes yang dibicarakan di awal film “in the end, what you believe is yours to decide”. dengan gaya gaya paranormal activity yang menggunakan rekaman video sebagai media (istilahnya mockumentary) untuk melihat apa yang dialami para pasien abbey tersebut film ini justru lebih menegangkan bagi saya daripada paranormal activity yang tidak jauh dengan acara acara “uji nyali” di televisi lokal kita, the fourth kind menampilkan dokumenter yang unik dengan membahas tema alien! perlu diketahui kenapa diberi judul fourth kind karena menurut abbey, the first kind adalah ketika kita menyaksikan penampakan UFO atau alien, the second kind adalah ketika kita melihat bukti bukti adanya UFO seperti cropcircle dan semacamnya, the third kind adalah ketika kita melakukan kontak dengan alien (seperti mulder & scully mungkin, hehe) dan the fourth kind ketika kita diculik si alien tersebut!

mungkin sekarang anda akan membaca bagian yang mengecewakan, yaitu film ini adalah “BOHONGAN” alias hoax! yap betul, tidak jauh beda seperti paranormal activity, film ini ternyata hanya buatan belaka saja, tapi terlihat seperti meyakinkan dengan embel embel true story dan kesaksian para tokoh aslinya, ternyata itu hanya akal akalan saja dari pihak universal pictures, well sangat mengecewakan bukan? apalagi karakter abbey tyler yang asli disini ternyata pemain film juga yang tidak begitu kedengaran namanya di jagad perfilman, haha, selamat kecewa, tapi jujur jika belum menonton film ini dan tidak tahu bahwa film ini adalah bohongan dijamin akan terkaget kaget setengah mati dan langsung percaya bahwa UFO dan alien itu eksis! apalagi banyak kalimat kalimat mengerikan yang diteriakan para pasien abbey ketika mereka kerasukan (lucunya suara suara aneh tersebut lebih mirip suara megatron dalam transformer, suara robot!) haha, sangat meyakinkan bukan? maka memang seperti taglinenya tersebut, itu pilihan anda untuk percaya atau tidak, tapi disamping hoax atau aslinya film ini, saya tetap percaya akan keberadaan alien dan UFOnya, we’re not alone in this universe guys, hehe, like mulder & scully says, the truth is out there! enjoy your experience with the fourth kind!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s