Event Horizon

Hell Exist?
  • Release Date:August 15th, 1997
  • Director:Paul W.S. Anderson
  • Writer:Philip Eisner
  • Starring:Laurence Fishburne, Sam Neill, Kathleen Quinlan, Joely Richardson, Richard T. Jones, Jack Noseworthy, Jason Isaacs, Sean Pertwee, Peter Marinker, Holley Chant
  • Studio:Paramount Pictures
  • Genre:Horror, Sci-Fi, Thriller
  • sebenarnya apa sih yang paling menakutkan di luar angkasa? saya tahu, pasti jawaban tertinggi adalah alien, karena kebanyakan film bertema luar angkasa selalu menghadirkan alien serta kekejamannya walaupun ada yang menunjukan alien itu bersahabat atau mungkin lemah tak berdaya (seperti district 9). tapi sebenarnya apa sih yang ditakutkan di luar angkasa? mungkin kesendirian, atau tersesat! atau kegilaan yang anda alami disana karena tidak tahu bagaimana caranya untuk pulang, hehe, film pandorum belakangan telah mengangkat tema tersebut (walau disisipkan unsur “alien” juga) tapi ketegangannya benar benar terasa, tapi ternyata ada lagi hal yang bisa membuat bulu kuduk kita merinding di luar angkasa, dan film event horizon adalah jawabannya!

    film yang mungkin didaulat sebagai pionirnya sci-fi horor thriller ini sukses membuat detak jantung saya berirama sangat cepat ketika menontonnya, hehe, maklum, event horizon ternyata lebih mengerikan dan lebih misterius dari pandorum. film yang dibuat tahun 1997 dengan menghadirkan 2 tokoh utama yaitu laurence fishburne alias orpheus yang kita kenal di matrix trilogy beserta sam neill, mereka berperan menjadi tokoh kunci di film yang super menegangkan ini. berawal dari eksperimen sebuah kapal luar angkasa canggih yang diluncurkan tahun 2040 bernama event horizon, kapal tersebut mempunyai teknologi “warp” atau sederhananya “teleport”, karena event horizon bisa pergi dari satu bintang ke bintang lain dengan cara yang sangat cepat melalui “artificial blackhole” yang dimilikinya, tapi setelah peluncuran tahun 2040 tersebut kapal itu hilang entah kemana dan tidak pernah terdeteksi lagi semenjak “teleport”nya itu.

    berselang tujuh tahun kemudian, sebuah signal ditangkap oleh kapal luar angkasa penyelamat bernama lewis & clark, kapal yang dinakhodai oleh miller (fishburne) beserta para awaknya bertugas menjemput signal kapal tersebut, bersama dr.weir (neill) yang ternyata menceritakan bahwa signal yang ditangkap kapal miller berasal dari kapal event horizon yang menghilang tujuh tahun lalu, mereka pun sempat tidak percaya akan rumor tersebut, walaupun begitu miller dan kru nya beserta dr.weir menuju signal event horizon yang ternyata berada di orbit planet neptunus. setelah tiba disana mereka mulai menemukan kejanggalan, event horizon kosong melompong, dan banyak bagian bagian tubuh yang berserakan beserta mayat mayat kru kapal sebelumnya, mereka bertanya tanya apa yang terjadi dan dr.weir pun menjelaskan bahwa event horizon baru kembali dari “teleport”nya 7 tahun lalu, tapi baru kembali dari manakah kapal tersebut. tiba tiba para kru miller mulai berhalusinasi dan mulai gila di dalam kapal tersebut, sehingga menimbulkan ancaman bagi sesama tak terkecuali dr.weir yang mulai bertingkah aneh dan mengatakan bahwa kapal event horizon menjadi “hidup” dikarenakan baru kembali dari sesuatu yang lebih besar dari alam semesta atau bisa dibilang “dimensi” lain! lalu apa yang terjadi pada miller dan para kru nya ditengah kegilaan yang mereka hadapi di kapal event horizon? anda harus menontonnya untuk tahu jawabannya.

    dimulai dengan teror yang perlahan-lahan membesar porsinya hingga akhir film, event horizon sukses membuat saya sport jantung, tidak hanya dikarenakan kemisteriusan asal usul dari manakah sebenarnya kapal event horizon pergi? tapi karena teknik horornya dibuat hampir sama seperti film film horor asia sekarang yang suka “kaget-kagetan” jadi anda harus siapkan jantung anda sebaik mungkin, hehe. plot yang dibangun pun cukup menarik, kita akan penasaran sampai akhir sebenarnya darimana kapal tersebut pergi dan apa yang terjadi pada para awak event horizon sebelumnya? dengan special effect yang saya akui sangat bagus di masanya (1997) event horizon benar benar bisa disebut pionir dari film film bertema space horor ataupun space thriller apapun itu namanya, karena dijamin bukan setan saja yang bisa bikin kita merinding, tapi luar angkasa yang gelap pun bisa membuat kita ketakutan setengah mati.

    dengan tagline “infinite space infinite terror” event horizon sukses membuat jantung saya berdebar selama 90 menit, rahasia yang sebenarnya disimpan oleh dr.weir sebagai penemu teknologi “artificial blackhole” tersebut? lalu teka teki darimanakah kapal event horizon kembali? mungkin jawabannya bisa anda simpulkan sendiri di akhir film, dengan penampilan cukup memuaskan dari orpheus dan sam neill, film ini layak untuk ditonton bagi anda pecinta horor dan thriller, silakan tonton dengan headset seperti yang saya lakukan, dijamin anda akan loncat loncat sendiri, hehe, enjoy the terror!

    2 thoughts on “Event Horizon

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s