Into The Wild (Spoiler Alert!)

Great Inspiration From Great Person

film yang sudah lama memang, tapi entah kenapa saya ingin menontonnya lagi, sudah berulang ulang, dan selalu sukses membuat saya hampir mencucurkan air mata, kisah hidup sang supertramp chris mccandles digambarkan dengan sangat indah oleh sean penn di film ini, indah, inspiratif, sekaligus mengharukan. chris mccandles seorang pria lulusan universitas top yaitu emory university dengan nilai yang sangat bagus tiba tiba memutuskan untuk menyumbangkan seluruh tabungannya untuk amal dan pergi tanpa memberitahu keluarganya, membuang semua kartu tanda pengenalnya dan tidak membawa uang sama sekali, pilihan yang diambil oleh chris karena dia muak dengan kemapanan dan kesempurnaan kehidupan keluarganya serta kenyataan pahit yang tersimpan dalam keluarganya. chris lalu mengganti nama menjadi alexander supertramp dan mulai berpetualang dengan cara jalan, menumpang, atau apapun itu untuk bisa sampai ke alaska, yap, karena alaska adalah tujuan chris untuk menikmati yang dia sebut “the ultimate freedom”.

mungkin kisah hidup chris oleh sebagian orang disebut kisah yang sia sia, dimana chris dengan sok idealisnya pergi begitu saja bertualang dan akhirnya mati dengan menyedihkan di tujuan akhirnya yaitu alaska. tapi bagi beberapa orang lagi (termasuk saya) petualangan hidup chris telah membuka mata kita, dimana seorang chris mccandles, seorang yang boleh dibilang perfect di masanya, pintar, makmur tapi lebih memilih untuk hidup nomaden sampai akhirnya sampai ke tujuan alaska, sebuah sindiran yang sangat membuat hati saya malu, apalagi sekarang saya berumur hampir sama ketika chris melakukan petualangannya, tapi saya masih selalu tergantung pada yang namanya kesejahteraan, uang, kesenangan dll, tapi chris melihat hal tersebut dalam sudut pandang yang berbeda seperti yang dia katakan “You don’t need human relationships to be happy, God has placed it all around us.” walaupun terdengar seperti egoisme seorang pemuda yang berlebihan, tapi mungkin maksud dari chris adalah, kenapa tidak mensukuri atas apa yang diberikan tuhan di sekeliling kita, kenapa kita selalu tidak puas, karena mungkin dengan bersukur kita akan selalu merasa senang, dan hal tersebut memang adalah suatu hal yang terdengar sederhana tapi sangat penting. chris memberikan pelajaran agar kita menjadi orang yang kuat akan menjalani hidup ini, jangan pernah menyerah, raih apapun yang kamu mau karena pasti kita bisa melakukannya, walaupun pada akhirnya chris menyadari bahwa kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan yang bisa kita bagi dengan orang yang kita sayangi.

akhir kata, untuk sebuah film yang diadaptasi dari buku yang diambil dari kisah nyata keluarga mccandles, saya salut untuk sean penn yang berhasil memvisualisasikan buku tersebut kedalam film yang indah ini, dan saya salut kepada chris mccandles karena di ambang kematiannya chris tidak pernah menyesali apa yang selama ini telah dilakukanya, he had a wonderful life, and important lesson to teach us all about life. silakan nikmati saja filmnya, karena saya jamin tidak akan rugi. foto diatas adalah foto terakhir chris mccandles yang asli sebelum dia meninggal, dan jujur, saya selalu hampir menangis melihat ending film ini yang disertai foto tersebut, terlihat jelas di wajahnya tidak ada rasa takut dan kesedihan sama sekali, menggambarkan bahwa chris benar benar mengisi hidupnya dengan berarti.

berikut quotes dari chris mccandles yang sangat inspiratif :

I read somewhere… how important it is in life not necessarily to be strong… but to feel strong.

The core of mans’ spirit comes from new experiences.

Mr. Franz I think careers are a 20th century invention and I don’t want one.

Society, man! You know, society! Cause, you know what I don’t understand? I don’t understand why people, why every fucking person is so bad to each other so fucking often. It doesn’t make sense to me. Judgment. Control. All that, the whole spectrum. Well, it just…

[written into book] Happiness only real when shared.

2 thoughts on “Into The Wild (Spoiler Alert!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s