Dark History From East Timor (Balibo), Or From Indonesia?

Some Story Cannot Be Told

nampaknya film yang paling kontroversi untuk diputar di indonesia ini benar benar sangat brutal ketika saya selesai menontonnya. bagaimana tidak, disini kekejaman pasukan indonesia digambarkan dengan sangat brutal terhadap 5 jurnalis australia plus seorang jurnalis yang mencari keberadaan temannya tersebut. walaupun begitu film ini bisa saja bercerita bahwa tidak menutup kemungkinan indonesia dibawah pemerintahan soeharto pernah benar benar melakukan hal itu (membunuh 6 jurnalis australia secara kejam) tapi bisa saja hal tersebut dilebih-lebihkan, tapi saya jujur tidak bisa memberi pandangan terhadap masalah yang lumayan berat ini apalagi jika sudah membicarakan pemerintahan soeharto di masanya, so we back to the film.

film simpel yang menceritakan perjalanan seorang jurnalis bernama roger east (lapaglia) yang dibujuk oleh seorang anggota fretilin yaitu jose ramos horta untuk mengunjungi negaranya agar bisa menulis tentang negaranya dan memberitahukan kepada dunia luar, tapi east nampaknya masih penasaran dengan kemana perginya 5 jurnalis terdahulu yang meliput soal invasi indonesia terhadap timor timur tepatnya di balibo, perbatasan antara indonesia dan timor timur, maka east dan horta pun menyusuri timor timur menuju balibo untuk mencari kebenaran siapakah yang membunuh 5 jurnalis tersebut.

susunan cerita disajikan sangat menarik dengan berlapis lapis, dimana ada julianna seorang saksi yang menyaksikan roger east dibunuh, kemudian cerita pindah ke tahun 1975 dimana east berusaha mencari ke 5 jurnalis muda dari negaranya tersebut, dan kemudian loncat kembali ke 3 minggu sebelumnya dimana menceritakan tindak tanduk kelima jurnalis tersebut yang sedang meliputi saat saat sebelum invasi indonesia dimulai di balibo. overall film ini terbilang simpel dan informatif dalam menceritakan kejadian yang kelam di tahun 1975 tersebut tentu saja lepas dari kebenaran ceritanya tersebut, karena yang saya dengar 5 jurnalis australia tersebut tidak dibunuh dengan sengaja melainkan tertembak ketika invasi sudah dimulai, bahkan ada versi lain yang mengatakan bahwa bukan tentara indonesia yang membunuh kelima jurnalis tersebut, dan munculah versi pemerintah australia yang secara blak-blakan menggambarkan bahwa kelima jurnalis tersebut dibunuh dengan kejam dan sengaja oleh tentara indonesia. apapun itu saya tidak bisa memberi komentar, hehe, bagaimana mungkin membuka kembali lembaran sejarah yang sangat kelam, dijamin banyak versi dan banyak perdebatan. tapi yang lucu adalah ketika adegan tertangkapnya 5 jurnalis tersebut, diantara tentara indonesia ada sesosok pria yang saya asumsikan sebagai pak soeharto, bagaimana tidak, karena lumayan mirip, tapi saya tidak tahu itu siapa dan tidak ada penjelasan juga dalam film tersebut. kesimpulannya adalah balibo film yang dikemas secara apik didukung penampilan castnya yang lumayan, dan tentu saja saya tidak menilai sisi historisnya karena masih banyak perdebatan, saya hanya menilai filmnya saja, hehe, enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s