A Serious Man!

Sort Of Really "Serious" Movie

film serius? bukan, film komedi? errr kayaknya bukan “komedi” yang anda bayangkan juga, lalu film apa? tunggu dulu penjelasan saya nanti, film terbaru coen brothers, yang selalu membuat film sederhana tapi berat dalam maknanya, oleh karena itu kebanyakan orang menyebut film film coen itu bertema dark comedy, black comedy atau sejenisnya. nah anda akan mengerti sendiri nantinya jika sudah menonton film ini, atau mungkin hanya bisa ternganga seperti saya ketika film ini sudah habis durasi waktunya.

bercerita tentang seorang pria bernama larry gopnik seorang profesor ilmu fisika ataupun matematika di salah satu universitasnya, seorang pria biasa yang mempunyai istri dan 2 orang anak, hingga pada suatu hari dia pulang kerumah istrinya tiba tiba meminta cerai, anaknya yang perempuan selalu mengeluh soal keberadaan pamannya yang menumpang di rumahnya terus dan selalu diam di toilet lama, sedangkan anak laki lakinya selalu menghisap ganja atau sejenisnya serta cuek dalam keluarga dan selalu bertengkar dengan saudara perempuannya, intinya adalah dalam satu waktu kehidupan larry menjadi rumit dan berantakan menurut pandangannya, hingga dia minta petunjuk kepada rabbi yang dia kenal untuk mencari jalan keluar dari kehidupannya yang nampak kacau balau.

seperti biasa coen brothers selalu mengangkat tema tema kehidupan yang sederhana menjadi acak acakan dalam setiap filmnya, mungkin a serious man ini adalah film yang mengusung tema tersebut tapi dengan level paling regular, tapi! betul, ada kata tapi disini, tapi film ini justru jadi salah satu film yang kurang bisa saya nikmati dikarenakan terlalu banyak istilah yahudi didalamnya karena cerita ini berlatar belakang kehidupan keluarga yahudi beserta lingkungan yahudinya, kemudian entah mengapa saya hanya bingung dan heran saja ketika sudah melihat endingnya (anda akan tahu jika sudah menontonnya nanti) intinya adalah, saya belum bisa mencerna film dark comedy terbaru arahan coen brothers yang satu ini, ada beberapa bilang ini hanya film untuk kalangan tertentu dan mempunyai banyak makna didalam filmnya yang digambarkan dengan simbol simbol di scene scene tertentu, well, tetap saya tidak bisa menangkap apa itu maknanya, dan simpel saja, a serious man ini bukan film untuk saya. tapi bukan berarti film ini jelek seperti yang saya tekankan, mungkin bukan untuk saya, tapi tidak menutup kemungkinan anda akan menyukainya, well, if you have a lot of time, you should try this movie, and decision is yours like always, enjoy!

Leave a Reply

