Twist Ending, How To Understand? Simple Movie Example : Identity (Spoiler Alert)

As I Was Going Up The Stair, I Met A Man Who Wasn't There...

now its movie time again, mengapa saya mengambil film identity sebagai example dari sebuah film yang berplot Twist, mungkin menurut anda banyak sekali film yang berplot twist lebih spektakuler, dimana ada SAW series, masih ada karya karya M.Night Shyamalan seperti THE SIXTH SENSE, dan mungkin ada karya Christopher Nolan yaitu THE PRESTIGE, mungkin itu tadi adalah beberapa film yang mempunyai plot twist gila di endingnya.

tapi disini saya hanya akan memaparkan secara sederhana apakah itu “twist ending”??? mungkin penjelasan dari mbah wikipedia bisa membantu : “A twist ending or surprise ending is an unexpected conclusion or climax to a work of fiction, and which often contains irony or causes the audience to reevaluate the narrative or characters. A twist ending is the conclusive form of plot twists.” mungkin dalam bahasa indonesianya adalah seperti ini : sebuah twist ending atau ending yang mempunyai kejutan adalah sebuah kesimpulan yang tak terduga atau sebuah klimaks untuk sebuah karya fiksi yang sering mengandung ironi atau menyebabkan penonton untuk mengevaluasi kembali cerita atau karakter. Sebuah twist ending adalah bentuk konklusif plot twists.

identity adalah sebuah cerita sederhana dimana dalam film itu dijelaskan bahwa gara gara suatu kecelakaan ada beberapa orang yang harus menunggu di motel daerah terpencil dikarenakan jalan menuju kota banyak terhalang dikarenakan suatu badai, tidak lama kemudian semua penghuni motel tersebut mati satu persatu oleh seseorang yang identitasnya tidak diketahui sama sekali, hingga pada akhirnya menuju suatu kesimpulan gila di ending film bahwa karakter karakter dalam insiden motel tersebut adalah suatu karakter rekaan seorang pembunuh yang mempunyai penyakit yang dinamakan multiple personality disorder, dan tujuan akhir film adalah mencari dimanakah karakter jahat yang si pembunuh ciptakan???

film yang dibintangi john cusack, ray liotta, alfred molina ini adalah suatu film yang mempunyai plot twist sederhana, haha, mengapa tidak mungkin anda sepanjang film akan bertanya tanya siapa pelaku dari pembunuhan gila yang terjadi di motel ini, tapi nampaknya tebakan anda akan salah, karena saya pun tidak menduganya di bagian akhir film ini, hahaha… itulah twist ending, sebuah plot yang mengajak kita untuk mengevaluasi lagi cerita dari awal, siapakah yang membunuh siapa yang terbunuh, siapa pelakunya, berdasarkan clue clue yang kita lihat, tapi in the end, si director membalikan semuanya hingga kita sangat tidak menduganya! briliant, dan mungkin jika anda belum menonton identity anda harus menontonnya walaupun tergolong sebuah film lama.

mungkin untuk sebuah referensi twist plot apalagi yang banyak kita temui di film film dan apakah jenisnya, mungkin anda bisa langsung menuju TKPnya disini, enjoy, thanks for reading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s